Jalur Pendaftaran Kuliah POLINES 2024/2025

www.polines.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLINES Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB POLINES, Pendaftaran Mahasiswa Baru Pendaftaran POLINES, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Semarang, Pendaftaran Maba POLINES, Pendaftaran D3/D4 POLINES, Jalur SNBP, SNBT, Bidikmisi, KIP Kuliah, Jalur Kerjasama, SPA, Mandiri, Politeknik Negeri Semarang. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah POLINES 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan tujuan bisa menjadi panduan untuk kalian yang ingin kuliah di Politeknik Negeri Semarang. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Politeknik Negeri Semarang atau yang dikenal juga dengan nama POLINES adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Prof. H. Soedarto, S.H., Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 50275.

Ada beberapa jurusan dan program studi yang ada di POLINES yang dapat dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru POLINES. Berikut informasinya.

Jurusan Teknik Sipil terdiri dari program studi :
  • D3 Konstruksi Gedung
  • D3 Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung
  • D4 Konstruksi Sipil
  • D4 Perancangan Jalan & Jembatan

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Mesin
  • D3 Teknik Konversi Energi
  • D4 Teknik Mesin Produksi dan Perawatan​
  • D4 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi​

Jurusan Teknik Elektro terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Listrik
  • D3 Teknik Elektronika
  • D3 Teknik Telekomunikasi
  • D3 Teknik Informatika
  • D3 Teknik Telekomunikasi
  • D4 Teknologi Rekayasa Instalasi Listrik
  • D4 Teknologi Rekayasa Komputer
  • D4 Teknologi Rekayasa Elektronika
  • S2 Teknik Telekomunikasi

Jurusan Akuntansi terdiri dari program studi :
  • D3 Akuntansi
  • D3 Keuangan dan Perbankan
  • D4 Komputerisasi Akuntansi
  • D4 Perbankan Syariah
  • D4 Analis Keuangan
  • D4 Akuntansi Manajerial

Jurusan Administrasi Bisnis terdiri dari program studi :
  • D3 Administrasi Bisnis
  • D3 Manajemen Bisnis Internasional
  • D4 Manajemen Pemasaran
  • D4 Administrasi Bisnis Terapan

Selanjutnya admin akan memberikan informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh POLINES. Mari disimak informasinya berikut ini.

1. Pendaftaran Maba POLINES Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi undangan nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Politeknik Negeri / PTN.

Jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Proses pendaftaran SNBP dimulai dari rekomendasi dari kepala sekolah dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu siswa dapat melakukan pendaftaran dengan terlebih dahulu membuat akun SNPMB hingga mencetak kartu peserta.

Untuk informasi pendaftaran lebih lanjut seperti pemberian rekomendasi, persyaratan, cara pendaftaran, jadwal, biaya, daftar Politeknik, pilihan program studi, dan keterangan penting lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Maba POLINES Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke Politeknik Negeri / PTN yang mana seleksinya dilakukan melalui tes UTBK.

Calon peserta SNBT adalah lulusan SMA / MA / SMK yang sehat jasmani dan rohani serta berkelakuan baik yang lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online melalui laman resminya dengan membuat akun SNPMB sampai dengan mencetak kartu peserta.

Informasi lebih lanjut seperti panduan pengisian data, persyaratan, jadwal, biaya, daftar perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada Pendaftaran Online SNBT atau Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran POLINES Jalur Mandiri

Jalur Mandiri POLINES merupakan jalur seleksi yang dikelola sepenuhnya oleh POLINES untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Calon peserta jalur mandiri adalah siswa kelas XII atau lulusan SMA / MA / SMK yang sehat jasmani dan rohani serta berkelakuan baik .

Ada 2 jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh POLINES :

a. Jalur Mandiri : Seleksi Polines Berdasarkan Prestasi (SPBP)

Jalur SPBP dapat diikuti oleh lulusan SMA / MA / SMK / MAK yang memiliki prestasi, nilai raport semester 1 s.d. 5, serta memiliki surat keterangan mengenai peringkat pararel dari sekolah.

Prestasi yang dimaksud adalah prestasi unggul di bidang akademik / non akademik pada kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir yang dibuktikan dengan sertifikat / piagam penghargaan dengan kategori prestasi keagamaan, seni, keolahragaan, atau organisasi.

Pendaftaran di laman pmb.polines.ac.id lalu pilih jalur SPBP.

b. Jalur Mandiri : Seleksi Polines Berdasarkan Tes (SPBT)

Jalur SPBT dapat diikuti oleh lulusan SMA / MA / SMK / MAK yang berprestasi unggul ataupun yang tidak berprestasi. Selskdi di jalur ini dilakukan melalui tes tertulis.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi laman pmb.polines.ac.id lalu pilih jalur SPBT.

4. Pendaftaran KIP Kuliah POLINES

POLINES merupakan salah satu Politeknik Negeri yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dimana bantuan tersebut dikenal dengan nama Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat menjadi KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan tentang syarat mendaftar KIP Kuliah, jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

5. Pendaftaran POLINES Jalur Kerjasama

Jalur Kerjasama ini diadakan berkat adanya kerja sama antara POLINES dengan perusahaan atau perguruan tinggi lainnya. 

Ada beberapa perguruan tinggi atau perusahaan yang bekerjasama dengan POLINES diantaranya : PT. PLN (Perusahaan Listrik Negara), PT MAJ (Mekar Armada Jaya), MSU (Management and Science University) Malaysia, dan lainnya.

Di setiap tahunnya akan diperbarui apakah jalur kerjasama akan dibuka atau tidaknya. Cek secara berkala di laman resmi Polines : pmb.polines.ac.id.

6. Pendaftaran POLINES Program Magister dan Program Alih Jenjang

POLINES membuka jalur seleksi masuk ke jenjang pascasarjana dan juga jalur seleksi alih jenjang.

Informasi pendaftaran dan lainnya :
  • Program Magister :  buka laman pmb.polines.ac.id lalu pilih jalur program magister
  • Program Alih Jenjang :  buka laman pmb.polines.ac.id lalu pilih jalur program alih jenjang

Penting!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi POLINES.

Baca juga : Pendaftaran POLIJE (Politeknik Negeri Jember)

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran POLINES (Politeknik Negeri Semarang) yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan

Admin turut mendoakan semoga bisa lulus ujian seleksi masuk ke POLINES dan nantinya bisa belajar disana. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses untuk semua. Ayo turut berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat lainnya. Sukai juga halaman web kami.