Jalur Pendaftaran Kuliah UI 2024/2025

penerimaan.ui.ac.id 2024 -- Pendaftaran UI Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, Pendaftaran SIMAK UI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UI, Pendaftaran Mahasiswa Baru UI, Registrasi Mahasiswa Baru UI, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UI, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Online UI, Penerimaan Online UI, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, SIMAK UI, Bidikmisi, Universitas Indonesia (UI), 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UI 2024/2025. Informasi ini diberikan dengan harapan dapat memandu anda dalam melakukan proses pendaftaran online.  Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Indonesia atau yang disingkat dengan nama UI adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Indonesia. Kampus Universitas Indonesia (UI) terletak di Kota Depok, Jawa Barat 16424, Indonesia.

Pada awalnya, Universitas Indonesia (UI) didirikan oleh kolonial Belanda tahun 1849 dengan nama Universiteit Indonesia (UI). Pada tahun 1955, Undang-Undang No.10 tentang pengubahan kata universiteit, universitet, dan universitit disyahkan, sehingga sejak tersebut, Universiteit Indonesia secara resmi namanya diubah menjadi Universitas Indonesia (UI).

Moto Universitas Indonesia (UI) dalam bahasa latin yaitu "Veritas, Probitas, Iustitia", sedangkan dalam bahasa Indonesia yaitu "Kebenaran, Kejujuran, Keadilan"

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Indonesia (UI), yaitu sebagai berikut :

Fakultas dan Program Studi di UI untuk Program Sarjana (S1)
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter (Kedokteran)
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (Kedokteran Gigi)
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Farmasi
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Gizi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
  • Fakultas Ilmu Keperawatan terdiri dari Program Studi Keperawatan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Geofisika, Geologi, dan Statistik
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Komputer, Teknik Kimia, Teknologi Bioproses, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, Teknik Elektro, Arsitektur, dan Arsitektur Interior.
  • Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari Program Studi Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi Ilmu Ekonomi, Ilmu Ekonomi Islam, Bisnis Islam, Akuntansi, dan Manajemen
  • Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya terdiri dari Program Studi Sastra Arab, Sastra Jepang, Sastra Cina, Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa, Bahasa dan Kebudayaan Korea, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Belanda, Sastra Perancis, Sastra Jerman, Sastra Rusia, Arkeologi, Ilmu Sejarah, Filsafat, dan Ilmu Perpustakaan.
  • Fakultas Psikologi terdiri dari Program Studi Psikologi
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Kriminologi, Sosiologi, Kesejahteraan Sosial, Antropologi Sosial, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, dan Ilmu Hubungan Internasional.
  • Fakultas Ilmu Administrasi terdiri dari Program Studi Administrasi Niaga (Bisnis), Administrasi Fiskal, dan Administrasi Negara

Fakultas dan Program Studi di UI untuk Program Magister (S2)
  • Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari Program Studi Magister Ilmu Komputer, dan Magister Teknologi Informasi.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM), Pascasarjana Ilmu Akuntansi (PPIA), Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik (MPKP), Magister Manajemen (MM), Magister Akuntansi - Pendidikan Profesi Akuntansi (MAKSI-PPAk),
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Magister Ilmu Farmasi, dan Magister Herbal.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Magister Ilmu Hukum, dan Magister Kenotariatan.
  • Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya terdiri dari Program Studi Magister Arkeologi, Magister Asia Tenggara, Magister Ilmu Filsafat, Magister Ilmu Perpustakaan & Informasi, Magister Ilmu Sejarah, Magister Ilmu Susastra, dan Magister Linguistik.
  • Fakultas Ilmu Keperawatan terdiri dari Program Studi Magister Manajemen dan Kepemimpinan Keperawatan, Magister Keperawatan Komunitas, Magister Keperawatan Maternitas, Magister Keperawatan Medikal Bedah, Magister Keperawatan Jiwa, dan Magister Keperawatan Anak.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Magister Ilmu Biomedik, Magister Ilmu Gizi, Magister Ilmu Kedokteran Kerja, dan Magister Ilmu Pendidikan Kedokteran
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Dasar, dan Magister Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas.
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Program Studi Magister Epidemiologi, Magister Kajian Administrasi Rumah Sakit, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Magister Matematika, Magister Ilmu Fisika, Magister Ilmu Bahan-Bahan/Material, Magister Ilmu Kimia, Magister Biologi, Magister Ilmu Kelautan, Magister Ilmu Geografi,
  • Fakultas Psikologi terdiri dari Program Studi Magister Sains terdiri dari Program Studi, Magister Terapan
  • Fakulats Teknik terdiri dari Program Studi Magister Ilmu Teknik Mesin, Magister Ilmu Teknik Metalurgi dan Material, Magister Ilmu Teknik Elektro, Magister Ilmu Teknik Sipil, Magister Ilmu Teknik Industri, Magister Ilmu Teknik Kimia, dan Magister Arsitektur

Fakultas dan Program Studi di UI untuk Program Doktoral (S3)
  • FASILKOM terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Komputer
  • FE terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Ekonomi (PPIE), Doktoral Ilmu Manajemen (PPIM), dan Doktoral Ilmu Akuntansi (PPIA).
  • FF terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Farmasi
  • FH terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Hukum
  • FIB terdiri dari Program Studi Doktoral Arkeologi, Doktoral Ilmu Filsafat, Doktoral Ilmu Sejarah, Doktoral Ilmu Susastra, Doktoral Linguistik.
  • FIK terdiri dari Program Studi Doktoral Keperawatan.
  • FK terdiri dari Program Studi Doktoral Kedokteran, Doktoral Gizi, Doktoral Biomedik.
  • FKG terdiri dari Program Studi Doktoral Kedokteran Gigi
  • FKM terdiri dari Program Studi Doktoral Epidemiologi, Doktoral Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • FMIPA terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Bahan-Bahan/Material, Doktoral Ilmu Kimia, dan Doktoral Ilmu Biologi.
  • FPsi terdiri dari Program Studi Doktoral Psikologi
  • FT terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Teknik Mesin, Doktoral Ilmu Teknik Elektro, Doktoral Ilmu Teknik Metalurgi dan Material, Doktoral Ilmu Teknik Sipil, Doktoral Ilmu Teknik Kimia, Doktoral Ilmu Teknik Industri, dan Doktoral Arsitektur.

Program Vokasi/DIII di UI
  • Terdiri dari Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Administrasi Keuangan dan Perbankan, Administrasi Perpajakan, Administrasi Perkantoran dan Sekretari, Akuntansi, Komunikasi, Manajemen Perumahsakitan, Fisioterapi, Okupasi Terapi, Manajemen Informasi dan Dokumen, dan Pariwisata.

Dari sekian banyaknya daftar Program Studi yang ada di Universitas Indonesia (UI), mungkin ada salah satu yang anda minat. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI).

Pada tahun ini, Universitas Indonesia (UI) membuka beberapa jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan SIMAK UI yang terbagi lagi menjadi beberapa jalur. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran UI Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan pola seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi terbaik dari masing-masing sekolah. Seleksi SNBP ini didasarkan pada prestasi siswa pada tiap semester yang dilihat dari nilai rapor dan portofolio akademik.

Untuk siswa-siswi yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP ini maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBT atau jalur SIMAK UI.

Calon peserta yang ingin mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Calon peserta yang telah direkomendasikan harus melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Penjelasan lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UI Jalur SNBT

Jalur seleksi nasional berikutnya yang dibuka setelah SNBP adalah jalur SNBT. Jalur SNBT juga merupakan jalur favorit selain dari SNBT.

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes merupakan pola seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Berbeda dengan jalur SNBP yang hanya dibuka bagi siswa berprestasi, pada jalur SNBT tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SNBT, maka harus memahami persyaratan dan ketentuan pendaftarannya.

Keterangan lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan SNBT, jadwal pendaftaran dan pengumuman SNBT, biaya, dan lain sebagainya.

C. Pendaftaran KIP Kuliah UI

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya kuliah yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik yang baik.

UI adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah tersebut.

Sebelumnya, KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi. Namun karena adanya kebijakan baru, maka nama Bidikmisi pun ikuti diubah dan kini menjadi KIP Kuliah.

Untuk mendaftar KIP Kuliah, maka dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk penjelasan lainnya mengenai KIP Kuliah seperti persyaratan KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab KIP Kuliah, dan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

D. Pendaftaran SIMAK UI

SIMAK UI merupakan jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh Universitas Indonesia (UI). Jalur ini bisa dijadikan sebagai jalur alternatif bagi anda yang mungkin sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP atau SNBT tetapi tidak lulus, atau yang belum sama sekali mengikuti seleksi, maka bisa mengikuti seleksi jalur SIMAK UI.

Cara Pendaftaran Jalur SIMAK UI
  1. Membuat Account disitus remi penerimaan UI. 
  2. Mengunggah foto berwarna ukuran 4 x 6 cm saat melakukan pendaftaran online
  3. Login menggunakan username dan password Anda, lalu pilih menu Buat Pendaftaran untuk membuat pendaftaran baru.
  4. Melakukan verifikasi pendaftaran untuk mengetahui biaya pendidikan untuk program studi yang dipilih.
  5. Mengupload berkas persyaratan pendaftaran (khusus untuk pendaftar Program Pascasarjana (S2, S3), Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi dan yang memilih S1 Kelas Internasional)
  6. Membayar biaya pendaftaran
  7. Mendownload kartu ujian masuk dan mencetaknya.
  8. Mengikuti ujian seleksi masuk sesuai jadwal pelaksanaan.
  9. Melihat pengumuman kelulusan.

Ada beberapa macam jalur SIMAK UI yang dibuka sebagai jalur penerimaan mahasiswa baru UI. Jalur-jalur tersebut diantaranya adalah Program Profesi, Spesialis, Magister (S2), Doktor (S3), Vokasi (D3), S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Internasional, S1 Ekstensi (jenjang lanjutan D3 ke S1). Berikut rincian informasinya.

1. Pendaftaran PPKB

PPKB merupakan jalur undangan untuk program pendidikan Vokasi dan S1 paralel di UI. Hanya sekolah yang mendapat undangan dari UI, yang bisa mendaftarkan siswa-siswinya di program PPKB ini. Pendaftar hanya boleh memilih satu program studi Vokasi atau satu program S1 Paralel yang ada di UI.

Siswa-siswi yang tidak lulus atau tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur undangan PPKB ini, maka nanti bisa mengikuti seleksi jalur S1 Paralel melalui ujian tulis SIMAK UI.

2. Pendaftaran Talentscouting

Talentscouting adalah jalur undangan untuk program pendidikan S1 Kelas Internasional. Hanya Sekolah yang mendapatkan undangan dari UI yang dapat mendaftarkan para siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti seleksi jalur Talentscouting. Untuk sekolah yang tidak mendapatkan undangan dari UI, maka tidak bisa mendaftarkan siswanya. Pendaftar hanya dapat memilih satu program studi S1 Kelas Internasional yang ada di UI

3. Pendaftaran SIMAK

SIMAK adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada ujian tulis yang diselenggarakan oleh UI. Jalur SIMAK ini diperuntukkan bagi peserta yang memilih program pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi.

Batasan tahun lulus berlaku untuk pendaftar S1 Reguler. Sedangkan untuk S1 Paralel dan Vokasi tidak ada batasan tahun lulus. Pendaftar dapat memilih beberapa program studi / jurusan yang ada pada program pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi sekaligus hanya dengan satu kali ujian.

4. Pendaftaran SIMAK - Kelas Internasional

SIMAK - Kelas Internasional adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang disebut juga sebagai jalur tulis yang diselenggarakan oleh UI untuk program pendidikan S1 Kelas Internasional. Tidak ada batasan tahun lulus untuk mendaftar program ini. Materi ujian seleksi disajikan dalam bahasa inggris.

Info !!! Informasi pendaftaran jalur SIMAK UI, baik untuk jenjang Diploma, Sarjana, Pascasarjana, atau Program Spesialis, dapat dilakukan melalui alamat penerimaan.ui.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UI. 

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UI. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UI. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kita bisa menjadi orang-orang yang sukses sejak muda. Aamiin. Mari turut berbagi informasi ini pada teman-teman lainnya.