Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal Dikdin BKN (dikdin.bkn.go.id) 2024/2025

Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal Dikdin BKN (dikdin.bkn.go.id) 2024 -- Pendaftaran Online Portal Dikdin BKN (dikdin.bkn.go.id), Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas di Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id), Portal SSCASN BKN Pendidikan Ikatan Dinas di sscasn.bkn.go.id, Kementerian PAN RB Panitia Seleksi Pendidikan Ikatan Dinas di Portal Dikdin BKN (dikdin.bkn.go.id). 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal Dikdin BKN (dikdin.bkn.go.id) 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi calon peserta yang ingin mendaftar di Sekolah Ikatan Dinas pada tahun ini. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Informasi yang akan admin sampaikan berikut merupakan kelanjutan dari infomasi sebelumnya yaitu Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan (Ikatan Dinas dan Non Ikatan Dinas) dan kelanjutan dari artikel-artikel lainnya.

Pendidikan ikatan Dinas adalah pendidikan yang diselenggarakan di suatu Sekolah Tinggi Ikatan Dinas yang bernaung di bawah Kementerian RI atau Lembaga Pemerintah Non Kementerian.

Ada 8 (delapan) Sekolah Ikatan Dinas yaitu PKN STAN, IPDN, STIS, Poltek SSN, STIN, POLTEKIP dan POLTEKIM, STMKG, dan sekolah ikatan dinas di bawah kementerian perhubungan (11 sekolah tinggi, poltek, dan akademi).

Anda tentu telah membaca informasi dari masing-masing Sekolah Tinggi Ikatan Dinas tersebut pada artikel sebelumnya. Apabila anda belum membacanya, silahkan baca terlebih dahulu karena artikel ini merupakan pelengkap dari masing-masing artikel di atas.

Pendaftaran sekolah ikatan dinas dilakukan secara online melalui Portal Dikdin BKN di alamat dikdin.bkn.go.id. Website tersebut telah dirancang oleh Pemerintah untuk calon peserta yang ingin mendaftar Sekolah Ikatan Dinas. Calon peserta hanya diijikan memilih 1 (satu) Sekolah Ikatan Dinas yang tersedia.

Anda harus membaca dengan teliti ketentuan yang telah ditetapkan berkaitan dengan proses pendaftaran sekolah ikatan dinas. Apabila anda melakukan kesalahan dalam proses pendaftaran, maka anda bisa dinyatakan gugur lebih awal.

Untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, silahkan simak selengkapnya berikut ini.

Persiapan Pendaftaran Secara Online :

Sebelum melakukan pendaftaran secara online, calon pelamar Sekolah Kedinasan wajib mempersiapkan dokumen - dokumen berikut :
  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Rapor SMA / Sederajat
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan secara singkat :
  1. Akses Portal
    • Pelamar mengakses portal sekolah kedinasan di dikdin.bkn.go.id
  2. Buat Akun
    • Buat akun SSCASN sekolah kedinasan dengan NIK yang terverifikasi oleh DUKCAPIL, kemudian cetak Kartu Informasi Akun
  3. Login
    • Login ke laman SSCASN sekolah kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Pendaftaran
    • Unggah swafoto, pilih sekolah, lengkapi nilai, upload berkas, dan lengkapi biodata
  5. Cek Resume
    • Cek resume dan cetak kartu pendaftaran
  6. Verifikasi
    • Verifikator instansi memverifikasi data dan berkas pelamar
  7. Cek Status Kelulusan 
    • Login ke laman SSCASN sekolah kedinasan lalu cek status kelulusan administrasi
  8. Pembayaran
    • Pelamar yang lulus akan mendapatkan kode billing, cek informasi pembayaran di masing-masing sekolah kedinasan
  9. Cek Kartu Ujian
    • Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem
  10. Ujian Seleksi
    • Pelamar mengikuti ujian seleksi sesuai ketentuan masing-masing instansi
  11. Pengumuman Hasil Seleksi
    • Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Sekolah Kedinasan di SSCASN

Berikut ini rincian tata cara pendaftaran sekolah ikatan dinas secara lengkap :

1. Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan : 

Berikut tata caranya :

1. Buka laman https://dikdin.bkn.go.id

2. Klik "Registrasi" atau "Daftar" akan tampil halaman registrasi :

3. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

4. Masukan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum pada Kartu Keluarga. Apabila pelamar tidak bisa mendaftar terkait data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar bukan ke instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)

4. Nama lengkap sesuai KTP

5. Tanggal lahir sesuai KTP

6. Kabupaten/Kota sesuai KTP

7. Masukan kode captcha yang terlampir

8. Setelah data di atas dimasukan, klik "Lanjutkan". Bila data sesuai maka akan tampil form Pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan

9. Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari :
  1. Alamat
    • Isi alamat sesuai dengan KTP
  2. Tempat Lahir
    • Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota),sesuai dengan ijazah
  3. Tanggal Lahir
    • Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah
  4. Jenis kelamin
    • Pilih jenis kelamin yang sesuai
  5. E-mail
    • Masukan e-mail aktif dan valid
  6. Password
    • Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login
  7. Konfirmasi Password
    • Masukkan kembali password telah Anda masukan
  8. Pertanyaan Pengaman 1
    • Pilih pertanyaan pengaman Anda
  9. Jawaban Pengaman
    • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih
  10. Pertanyaan Pengaman 2
    • Pilih pertanyaan pengaman Anda
  11. Jawaban Pengaman
    • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih
  12. Captcha
    • Masukan kode captcha yang tampil di layar

10. Upload pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb maksimal 200 kb

11. Pastikan Anda mengisi semua data dengan benar dan lengkap

12. Selanjutnya klik "Lanjutkan"

13. Halaman Pendaftaran Akun SSCASN, cek kembali Data cek kembali data Anda jika ada yang perlu diperbaiki klik "Perbaiki" dan jika sudah benar klik "Proses Pendaftaran Akun"

Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan berhasil, klik "Informasi Pendaftaran" untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik.

Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.


2. Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata

Setelah pelamar berhasil daftar, silahkan login ke https://daftardikdin.bkn.go.id/login dengan klik tombol "Log in" yang tertera di sudut kanan atas

Pada saat mengakses halaman https://daftar-dikdin.bkn.go.id/login maka akan muncul notifikasi, pastikan kamera pada device anda aktif dan browser yang direkomendasi menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox versi terbaru.

Masukan NIK dan password yang telah Anda daftarkan lalu akan tampil halaman Form Biodata Peserta. Isilah data-data seperti di bawah ini

1. Upload Swafoto

Upload foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Klik tombol "Choose File" cari dokumen swafoto berwarna dengan ketentuan format JPEG ukuran minimal 100 kb dan maksimal 200kb.

2. Pengisian Biodata

Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan benar. Pelamar juga dapat memperbaiki Nama Sesuai Ijazah, Tempat Lahir sesuai Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai Ijazah, E-mail pada form ini.

# Data Diri Pelamar :
Alamat Domisili, Provinsi, Kab/Kota Domisili, Akun Media Sosial, Catatan Prestasi, Jumlah Saudara Kandung (termasuk pelamar), Suku Bangsa, Tinggi Badan dalam centimeter, Berat Badan dalam kilogram, Golongan Darah, Status Perkawinan, Agama, Nomor Telepon, Nomor Ponsel, Nomor Kontak Orang Tua/Wali.

# Data Diri Orang Tua :
NIK Ayah, Nama Ayah, Tempat Lahir Ayah, Tanggal Lahir Ayah, Pekerjaan Ayah, Gaji Ayah, Alamat Domisili Ayah, Status Hidup Ayah, NIK Ibu, Nama Ibu, Tempat Lahir Ibu, Tanggal Lahir Ibu, Pekerjaan Ibu, Gaji Ibu, Alamat Domisili Ibu, Status Hidup Ibu.

Jika telah melengkapi kolom-kolom yang tersedia. Klik "Selajutnya" untuk ke halaman selanjutnya

3. Mendaftar Formasi
  1. Pilih Sekolah dan Jenis Formasi sesuai dengan peminatan
  2. Klik tombol "Pilih"
  3. Pilih Provinsi / Negara / SMA / SMK Anda berada
  4. Isi nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah (SMA/SMK/Sederajat)
  5. Isi Tahun Lulus
  6. Isi nomorijazah pendidikan terakhir Anda
  7. Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
  8. Isi tahun lulus pendidikan terakhir Anda
  9. Isi kode captcha yang tampil
  10. Bila data sudah terisi dengan lengkap dan benar, klik tombol "Selanjutnya". Bila ada data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi 

4. Pengisian Nilai

Pelamar memasukkan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk mengisi menu ini, harap diperhatikan dan dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, karena setiap Sekolah Kedinasan memiliki aturan yang berbeda-beda

5. Unggah Dokumen

Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum pada setiap jenis dokumen yang diperlukan.

Untuk mengunggah dokumen, klik tombol "Unggah", cari dokumen yang diupload sesuai dengan jenis dokumen. Pelamar dapat mengecek dokumen yang telah diunggah dengan klik tombol "Lihat". Bila dokumen yang diunggah belum sesuai, klik tombol  "Unggah" untuk mengganti dokumen tersebut. Kolom status akan menampilkan status. Dokumen telah diunggah atau belum. Klik "Selanjutnya" untuk ke halaman selanjutnya

6. Resume

Setelah pelamar melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data telah sesuai dan benar dengan mencentang setiap isian yang telah dilengkapi oleh Pelamar.

Centang pernyataan yang tampil pada kotak merah muda, kemudian klik "Akhiri Proses Pendaftaran". Setelah tombol tersebut di klik, pelamar tidak dapat merubah data yang telah dikirim ke sistem dengan alasan apapun.

Selanjutnya klik tombol "Ya", dan tombol "Cetak Kartu Informasi Akun" dan "Cetak kartu Pendaftaran DIKDIN" akan tampil. Bila pelamar klik tombol "Cetak kartu Pendaftaran DIKDIN"  akan tampil Kartu Pendaftaran.

Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan telah menggunakan tanda tangan digital dan disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).


Yang Harus Dilakukan Selanjutnya (Setelah Pendaftaran di Portal SSCASN BKN)

Setelah anda melakukan pendaftaran di Portal Dikdin BKN di alamat dikdin.bkn.go.id , maka yang harus anda lakukan selanjutnya adalah melakukan pendaftaran di portal instansi Sekolah Ikatan Dinas yang diminati, yaitu di laman resmi PKN STAN, Polstat STIS, IPDN, Poltek SSN, STIN, POLTEKIP dan POLTEKIM, STMKG, atau di beberapa sekolah kedinasan di bawah kementerian perhubungan ( seperti PTDI STTD dan lain-lain)

Pilih salah satu salah satu Sekolah Ikatan Dinas sesuai ketentuan di atas.

Berikut ini informasi Alur Pendaftaran Setelah Mendaftar di Portal SSCASN BKN / Dikdin BKN

1. Pendaftaran PKN STAN

Bagi calon peserta yang ingin mendaftar PKN STAN, maka setelah mendaftar di Portal Dikdin BKN (dikdin.bkn.go.id), maka selanjutnya mendaftar di portal PKN STAN di alamat spmb.pknstan.ac.id


2. Pendaftaran IPDN

Seperti pada PKN STAN, calon peserta yang ingin mendaftar IPDN juga harus mendaftar online di dikdin.bkn.go.id dan kemudian melanjutkan pendaftaran ke portal IPDN di alamat spcp.ipdn.ac.id

Informasi selengkapnya baca di : Pendaftaran IPDN (Institut Pemerintah Dalam Negeri)

3. Pendaftaran STIS

Bagi calon peserta yang ingin mendaftar STIS, juga harus melakukan pendaftaran online di portal Dikdin BKN di alamat dikdin.bkn.go.id , kemudian melanjutkan pendaftaran di Portal SPMB STIS di alamat stis.ac.id/spmb/

Informasi lanjutan dapat di baca pada artikel : Pendaftaran Polstat STIS (Politeknik Statistika STIS)

4. Pendaftaran POLTEKIP dan POLTEKIM

Sama seperti yang lainnya, salon peserta yang ingin mendaftar di POLTEKIP dan POLTEKIM juga harus mendaftar terlebih dahulu di dikdin.bkn.go.id , kemudian melanjutkan pendaftaran di Portal POLTEKIP dan POLTEKIM di alamat catar.kemenkumham.go.id

Baca artikel selanjutnya : Pendaftaran POLTEKIP dan POLTEKIM

5. Pendaftaran PTDI STTD

Calon peserta yang berkeinginan untuk mendaftar di sekolah ikatan dinas PTDI STTD (dulunya bernama STTD) juga harus mendaftar secara online di Portal Dikdin BKN di alamat dikdin.bkn.go.id kemudian melanjutkan pendaftaran online di portal PTDI di alamat sipencatar.dephub.go.id

Selain PTDI STTD, ada pula sekolah tinggi ikatan dinas lainnya di bawah kementerian perhubungan.

Silahkan Baca Informasi selengkapnya : Pendaftaran PTDI - STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

6. Pendaftaran STMKG

Begitu juga dengan pendaftaran STMKG, calon peserta yang ingin mendaftar di STMKG, maka harus mendaftar online di dikdin.bkn.go.id kemudian melanjutkan pendaftaran online di Portal PTB STMKG di alamat ptb.stmkg.ac.id


7. Pendaftaran Politeknik SSN

Seperti sekolah ikatan dinas lainnya, pendaftaran Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)  juga di awali dengan mendaftar di Portal Diksin BKN di alamat dikdin.bkn.go.id , dan kemudian dilanjutkan dengan mendaftar di Portal STSN di alamat poltekssn.ac.id/pendaftaran/


8. Pendaftaran STIN

Sama seperti yang dijelaskan di atas, pendaftaran STIN juga dilakukan secara online melalui portal Dikdin BKN di alamat dikdin.bkn.go.id dan kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran online di portal STIN di alamat stin.ac.id


Itulah informasi tentang Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal Dikdin BKN (dikdin.bkn.go.id). Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda semua.

Sekali lagi admin ingatkan bacalah dengan teliti semua ketentuan pendaftaran sekolah ikatan dinas, baik sebelum, saat, dan setelah pendaftaran.


Terima kasih telah membaca artikel ini. Admin turut mendoakan semoga anda bisa diterima di Sekolah Ikatan Dinas yang anda minati. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, silahkan lihat di web resmi. Mari berbagi informasi ini.