Jalur Pendaftaran Kuliah UNJA 2024/2025

pmb.unja.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNJA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNJA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNJA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJA, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNJA, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNJA, SLM UNJA, Pendaftaran Online UNJA, Penerimaan Online UNJA, Jalur SNBP, SNBT, SPMB, Jalur Mandiri SLM UNJA, Bidikmisi, Universitas Jambi (UNJA), 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNJA 2024/2025. Informasi ini diberikan dengan harapan dapat memandu anda dalam melakukan proses pendaftaran. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Jambi atau yang disingkat UNJA adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Jambi, Indonesia. Universitas Jambi (UNJA) didirikan pada 23 Maret 1963 yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 25 Tahun 1963 tanggal 23 Maret 1963. 

Jenjang pendidikan yang dapat diselenggarakan di Universitas Jambi terdiri dari Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Jambi (UNJA), yaitu :

Program Diploma
  • Diploma III, dan Diploma IV

Fakultas dan Program Studi yang telah ada di Universitas Jambi (UNJA), yaitu :
  • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter, Keperawatan, Psikologi, Ilmu Kesehatan Masyarakat.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi IESP, Manajemen, Akuntansi, Ekomoni Islam
  • Fakultas Pertanian terdiri program studi Agribisnis, Agroekoteknologi, dan Agrobisnis
  • Fakultas Peternakan terdiri dari program studi  Ilmu Peternakan, Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Peternakan, Kesehatan Hewan, dan Teknologi Hasil Perikanan
  • Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Administrasi Pendidikan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Guru Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Unggulan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Ekonomi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendididkan Biologi, Pendidikan Kimia , Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Matematika
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Ilmu Pemerintah, Manajeman, Pemerintah (D-IV), Ilmu Politik
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari program studi Arkeologi, Bahasa Arab, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, dan Seni Drama Tari dan Musik
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari program studi Biologi, Farmasi, Fisika, Kimia, Matematika, Sistem Informasi, Teknik Geofisika, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Analis Kimia, dan Kimia Industri
  • Fakultas Teknologi Pertanian dari program studi Teknik Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian, dan Teknologi Industri Pertanian
  • Fakultas Teknik terdiri dari Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari Program Studi Analisis Kimia, Biologi, Farmasi, Fisika, Kimia, Kimia Industtri, Matematika, Sistem Informasi, Teknik Geofisika, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan.

Program Pascasarjana UNJA
  • Doktor Ilmu Hukum, Doktor Ilmu Ekonomi, Doktor Kependidikan, Doktor Pendidikan MIPA, Magister Managemen, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Ilmu Akutansi, Magister Ilmu Hukum, Magister Agribisnis, Magister Ilmu Peternakan, Magister Teknologi Pendidikan, Magister Pendidikan IPA, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Ilmu Lingkungan, Magister Ilmu Kenotariatan, Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan Kimia, Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan Ekonomi, Magister Agroekoteknologi, Magister Kependudukan dan Ketenagakerjaan

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNJA.

Pada tahun ini UNJA membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNJA Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa - siswi lulusan tahun ini untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya masuk ke UNJA.

Seleksi SNBP didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor serta prestasi lainnya yang relevan.

Hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP.

Untuk siswa-siswa lain yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP ini maka bisa mengikuti seleksi jalur seleksi lainnya seperti SNBT atau jalur mandiri.

Untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Setelah drekomendasikan barulah bisa mendaftar SNBP.

Untuk informasi lainnya mengenai SNBP dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP yang mana kalian dapat menemukan informasi berupa persyaratan mendaftar, jadwal pendaftaran, cara mendaftar, biaya pendaftaran, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNJA Jalur SNBT

Selain SNBP, UNJA juga membuka jalur seleksi nasional lainnya yaitu jalur SNBT.

Seperti yang kita ketahui bahwa jalur SNBT merupakan jalur seleksi nasional yang seleksinya didasarkan pada hasil tes, serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Pendaftarannya dilakukan sendiri dengan mengakses laman resminya untuk mengisi data online.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / SMK / sederajat dapat mendaftar di jalur ini.

Untuk keterangan lebih rinci mengenai SNBT telah dijelaskan tersendiri pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran, link pendaftaran,  jadwal pendaftaran dan pengumuman, biaya pendaftaran, cara mendaftar, dan keterangan lainnya seputar SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNJA

KIP Kuliah adalah program pemberian bantuan berupa biaya pendidikan dan biaya hidup untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi dan calon mahasiswa tersebut memiliki prestasi akademik yang baik.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah,  jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran SLM UNJA

SLM UNJA atau Seleksi Lokal Masuk Universitas Jambi adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarkan oleh panitia seleksi dari UNJA. Seleksi lokal ini diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke UNJA. 

Penerimaan calon mahasiswa baru jalur SLM UNJA ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Program S3, S2, S1 Reguler, S1 Reguler Mandiri dan Program Vokasi (D4, D3).

Peserta yang dapat mendaftar program ini adalah lulusan S2, S1 dan lulusan SMA / SMK / MA / Sederajat untuk 5 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. Informasi selengkapnya dapat dilihat di http://slm.unja.ac.id/slm.php

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNJA. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNJA.

Baca juga : 

Demikianlah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNJA yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNJA dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNJA. Mari bantu berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini.