Pendaftaran Poltekkes Jakarta 3 2024/2025

sipenmaru.poltekkesjakarta3.ac.id 2024 -- Sipenmaru Poltekkes Jakarta 3, Pendaftaran Online Poltekkes Jakarta III, Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Jakarta III, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Jakarta 3, Jalur PMDP, Jalur Umum, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta 3. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Poltekkes Jakarta 3 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Poltekkes Jakarta 3. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Poltekkes Jakarta 3 adalah salah satu Politeknik Kesehatan Negeri yang ada di Jakarta. Politekkes lainnya di Jakarta yaitu Poltekkes Jakarta 1 dan Poltekkes Jakarta 2.

Poltekkes Jakarta 3 menyelenggarakan pendidikan bidang kesehatan untuk jenjang Vokasi / Diploma. 

Pada saat ini, Poltekkes Jakarta 3 telah memiliki jurusan dan program studi seperti berikut ini:

Jurusan Keperawatan
  • Program Studi DIII Keperawatan, alamat : Jl. Arteri JORR Jatiwarna Pondok Melati - Bekasi, Telp. 021 84978693 Fax. 021 84970206
Jurusan Kebidanan
  • Program Studi DIII Kebidanan, alamat : Jl. Arteri JORR Jatiwarna Pondok Melati - Bekasi, Telp. 021 84978693 Fax. 021 84970206
  • Program Studi DIV Kebidanan, alamat Jl. Pulomas Barat VI Jakarta Timur, Telp. 021 4893912 Fax. 021 4891606
Jurusan Analis Kesehatan
  • Program Studi DIII dan DIV Analis Kesehatan, alamat : Jl. Arteri JORR Jatiwarna Pondok Melati Bekasi, Telp. 021 8467254 Fax. 021 84970206
Jurusan Fisioterapi
  • Program Studi DIV Fisioterapi, alamat : Jl. Arteri JORR Jatiwarna Pondok Melati Bekasi, Telp. 021 84978693 Fax. 021 84970206

Dari sejumlah program studi yang ada di Poltekkes Jakarta 3 tersebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu silahkan anda daftarkan diri and menjadi calon mahasiswa baru Poltekkes Jakarta 3.

Ketika anda ingin mendafarkan diri menjadi calon mahasiswa baru Poltekkes Jakarta 3, maka anda harus mengetahui informasi penting yaitu mengenai jalur seleksi masuk ke Poltekkes Jakarta 3. Berikut informasinya untuk anda.

1. Pendaftaran Poltekkes Jakarta 3 Jalur PMDP

PMDP atau Penelusuran Minat dan Prestasi merupakan jalur seleksi tanpa ujian tertulis masuk ke Poltekkes Jakarta 3 yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi, namun seleksi dilakukan dengan didasarkan pada prestasi-prestasi yang dimiliki siswa selama masa Sekolah.

Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran Jalur PMDP
  1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 115.000 melalui BANK BTN Nomor Rekening 00583-01-30-000010-0 a.n RPL 182 Poltekkes JKT  III
  2. Tercatat saat ini sebagai siswa/i aktif pada SMA/MAN atau sederajat, memiliki nilai minimal 7 (tujuh) untuk setiap mata ajar dari semester I s/d semester V (B.Inggris, B.Indonesia, Matematika, IPA Terpadu)
  3. Jurusan/kualifikasi pendidikan yaitu : SMA/MAN jurusan IPA, SMK Keperawatan, SMK Analis Kesehatan, dan SMK Farmasi.
  4. Tinggi badan minimal : Laki-laki 155 cm, Perempuan 150 cm (akan diukur kembali pada saat uji kesehatan setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi)
  5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan buta warna (akan dilakukan uji kesehatan)
  6. WNI (Warga Negara Indonesia)
  7. Jurusan kebidanan khusus untuk perempuan
  8. Berkelakuan Baik ditandai dengan surat keterangan kelakukan baik yang dikeluarkan oleh Sekolah Asal
  9. Peserta yang lulus administrasi, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan (uji kesehatan) oleh tim pemeriksa kesehatan yang telah ditunjuk oleh Panitia Sipenmaru Poltekkes Kemenkes Jakarta III, meliputi :
    • Pemeriksaan Fisik (tinggi badan, tidak cacat fisik dan buta warna)
    • Pemeriksaan penyakit menular (TBC, Hepatitis, dll)
    • Pemeriksaan Scoliosis dengan derajat kemiringan > 20 derajat
    • Pemeriksaan Mata, Visus tidak boleh lebih dari 5
  10. Kelengkapan berkas yang harus dipenuhi :
    • Fotocopy rapor dari semester I s/d semester V yang sudah dilegalisir
    • Formulir konversi nilai dari system penilaian 1.0 – 4.0 ke 0 – 100 bagi sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 yang disahkan oleh kepala sekolah.
    • Pas foto bewarna terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 2 lembar dengan latar belakang merah untuk perempuan tanpa menggunakan kacamata, kedua telinga terlihat (kecuali yang memakai jilbab)
    • Bukti pembayaran bank Asli
    • Fotocopy Sertifikat/Penghargaan prestasi dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Olah raga, Seni dan Budaya yang dilegalisir kepala sekolah
    • Surat Keterangan Berkelakuan Baik
    • Fotocopy Sertifikat Akreditasi Sekolah
    • Form Registrasi Online yang sudah ditandatangani oleh Kepala Sekolah
    • Berkas dikirimkan melalui pos ke :
PANITIA SIPENMARU
POLTEKKES KEMENKES JAKARTA III
Jl. Arteri Jorr Jatiwarna Kec. Pondok Melati
Bekasi 17415
2. Pendaftaran Poltekkes Jakarta 3 Jalur Uji Tulis

Bagi yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur PMDP atau telah mengikuti jalur PMDP tetapi telah dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti jalur Uji Tulis.

Jalur Uji tulis merupakan jalur seleksi masuk ke Poltekkes Jakarta 3 yang didasarkan pada hasil ujian tertulis dan juga hasil tes kesehatan.

Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran Jalur Uji Tulis
  1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000 melalui BANK BTN Nomor Rekening 00583-01-30-000010-0 a.n RPL 182 Poltekkes JKT III
  2. Usia maksimal 25 tahun
  3. Lulusan pendidikan sebagai berikut : SMA/MAN jurusan IPA/IPS, SMK Keperawatan, SMK Analis Kesehatan, dan SMK Farmasi, Paket C
  4. Tinggi badan minimal: Laki-laki 155 cm, Perempuan 150 cm (akan diukur kembali pada saat uji kesehatan setelah dinyatakan lulus uji tulis)
  5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan buta warna (akan dilakukan uji kesehatan)
  6. Bersedia membayar biaya pendidikan selama mengikuti pendidikan secara mandiri (dengan surat pernyataan)
  7. WNI (Warga Negara Indonesia)
  8. Jurusan kebidanan khusus Perempuan
  9. Kelengkapan berkas yang harus dipenuhi sewaktu melakukan verifikasi/daftar ulang setelah dinyatakan lulus uji tulis :
    • Fotocopy ijazah/surat keterangan lulus (bagi ijazah yang belum ada) yang sudah dilegalisir
    • Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar dengan latar belakang merah tanpa menggunakan kacamata, kedua telinga terlihat (kecuali yang memakai jilbab)
    • Fotocopy nilai UN/NEM yang dilegalisir
    • Surat pernyataan bersedia membiayai pendidikan selama mengikuti pendidikan secara mandiri yang sudah ditanda tangani orang tua/wali mahasiswa
    • Surat pernyataan mematuhi peraturan pendidikan yang sudah ditanda tangani oleh calon mahasiswa
    • Tanda peserta uji tulis
  10. Peserta yang lulus uji tulis dan verifikasi, harus mengikuti uji kesehatan yang dilakukan oleh tim pemeriksa kesehatan

Pendaftaran Jalur Uji Tulis dilakukan secara online dengan tata cara sebagai berikut :
  1. Silahkan buka alamat : http://euis.poltekkesjakarta3.ac.id
  2. Kemudian pilih menu Pendaftaran Uji Tulis
  3. Lalu baca persyaratan pendaftaran, lalu klik setuju
  4. Selanjutnya isi form pendaftaran dengan lengkap dan benar.
  5. Jika telah selesai, lalu klik "daftar"
  6. Silahkan tunggu konfirmasi atau perintah selanjutnya dari panitia

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Poltekkes Jakarta 3. Untuk informasi lainnya yang belum dimuat disini maka dapat dilihat langsung di website resmi Poltekkes Jakarta 3.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca Juga : Pendaftaran Sipenmaru Poltekkes

Dari informasi yang telah admin sampaikan tersebut mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca informasi ini, semoga harapan anda untuk diterima di Poltekkes Jakarta 3 dapat terkabulkan. Aamiin.