Jalur Pendaftaran Kuliah UTM 2024/2025

pmb.trunojoyo.ac.id 2024 -- Pendaftaran UTM Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UTM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UTM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UTM, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UTM, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UTM, Pendaftaran Online UTM, Penerimaan Online UTM, SMMUTM, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Trunojoyo Madura. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin berikan kali ini berjudul Jalur Pendaftaran Kuliah UTM 2024/20254. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan untuk kalian dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UTM. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Trunojoyo atau disingkat Unijoyo atau UTM adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri beralamatkan di l. Raya Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura 16912, Jawa Timur, Indonesia. Universitas Trunojoyo Madura telah diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada 23 Juli 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid.

Fakultas dan program studi di Universitas Trunojoyo (Unijoyo), yaitu :
  • Fakultas Hukum : Prodi Ilmu Hukum (S1)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Prodi Manajemen (S2), Prodi Akuntansi Forensik (S2), Prodi Manajemen (S1), Prodi Akuntansi (S1), Prodi Ekonomi Pembangunan (S1),  Prodi Akuntansi Sektor Publik (D3), dan Prodi Enterpreneurship (D3), 
  • Fakultas Pertanian : Prodi Teknologi Industri Pertanian (S1), Prodi Agribisnis (S1), Prodi Agroekoteknologi (S1), dan Prodi Ilmu Kelautan (S1).
  • Fakultas Teknik :  Prodi Teknik Industri (S1), Prodi Teknik Informatika (S1), Prodi Teknik Elektro (S1), Prodi Manajemen Informatika (D3),  Prodi Mekatronika (D3), Prodi Teknik Multimedia dan Jaringan (D3)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) : Prodi Sosiologi (S1), Prodi Sastra Inggris (S1), Prodi Ilmu Komunikasi (S1), dan Prodi Psikologi (S1).
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) : Prodi PGSD (S1), Prodi Pendidikan Informatika (S1), Prodi Pendidikan IPA, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, serta Prodi Pendidikan bahasa dan sastra indonesia.
  • Fakultas Ilmu-Ilmu Keislaman (FIK) : Prodi Hukum Bisnis Syariah (S1) dan Prodi Ekonomi Syariah (S1)

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Trunojoyo Madura yang bisa dipilih saat melakukan pendaftaran mahasiswa baru Universitas Trunojoyo Madura.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya kalian dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UTM dengan mengikuti jalur seleksi masuk Universitas Trunojoyo Madura, yaitu jalur SNBP, SNBT, SMMUTM, KIP Kuliah, serta PPs UTM. Langsung saja kita bahas masing-masing jalur tersebut.

1. Pendaftaran UTM Jalur SNBP

Universitas Trunojoyo Madura adalah salah satu Universitas Negeri yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan tanpa tes tulis, namun didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan.

Hanya siswa-siswa yang konsisten selalu menunjukkan prestasinya di setiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP ini.

Untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapat rekomendasi kepala sekolah. Calon peserta yang telah direkomendasikan dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.

Adapun alur pendaftaran SNBP dari awal hingga akhir yang dimaksudkan yaitu registrasi akun SNPMB, pengisian data PDSS, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNBP.

Penjelasan mengenai registrasi akun LTMPT selengkapnya dapat dibaca pada artikel Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT

Sedangkan penjelasan mengenai pengisian data PDSS dapat dibaca pada artikel berikut : Cara Mendaftar SNBP

Untuk informasi lainnya mengenai SNBP dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP yang mana kalian dapat menemukan informasi berupa persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UTM Jalur SNBT

Selain SNBP, Universitas Trunojoyo Madura juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional lainnya, yaitu jalur SNBT.

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Secara keseluruhan alur pendaftaran SNBT dari awal hingga akhir yaitu registrasi akun SNPMB, pendaftaran UTBK SNBT, seleksi UTBK, dan pengumuman UTBK SNBT.

Infomasi mengenai registrasi akun SNPMB telah dijelaskan pada bagian atas (di bagian SNBP).

Untuk informasi lengkap mengenai SNBT silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci mengenai biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UTM

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah,  jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran SMMUTM

Selain melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, Universitas Trunojoyo Madura juga melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri yang disebut dengan SMMUTM.

SMMUTM atau Seleksi Mandiri Masuk Universitas Trunojoyo Madura adalah jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh Universitas Trunojoyo Madura untuk menyelesi calon mahasiswa baru.

Calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi melalui jalur nasional tetapi tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur mandiri Universitas Trunojoyo Madura.

Jalur SMMUTM terbagi menjadi 2, yaitu SMMUTM D3 dan SMMUTM Umum. Berikut penjelasannya.

a. SMMUTM D3

SMMUTM D3 merupakan jalur seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru khusus program studi D3 yang berdasar pada hasil seleksi rapor dan/atau wawancara yang diselenggarakan oleh Universitas Trunojoyo Madura.

Ketentuan Pendaftaran
  • Calon peserta telah lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA / MA / SMK / MAK atau yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  • Biaya pendaftaran di BRI di seluruh Indonesia (akan mendapat user name dan password untuk membuka portal SMMUTM)

b. SMMUTM Umum

SMMUTM D3 merupakan jalur seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru yang berdasar pada hasil ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas Trunojoyo Madura.

Ketentuan Pendaftaran
  • Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA / MA / SMK / MAK atau yang setara yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  • Membayar biaya pendaftaran di kantor cabang BRI di seluruh Indonesia (akan mendapat user name dan password untuk membuka portal SMMUTM)

Keterangan lengkap lanjut mengenai jalur mandiri Universitas Trunojoyo Madura dapat dilihat di alamat berikut : pmb.trunojoyo.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana UTM

Bagi kalian yang berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana Universitas Trunojoyo Madura, silahkan daftarkan diri selama masa pendaftaran dibuka. Informasi pendaftaran selengkapnya dapat dibaca di www.trunojoyo.ac.id


Itulah jalur-jalur seleksi masuk UTM. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UTM

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UTM. Silahkan bagikan juga informasi ini pada teman atau kerabat yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus seleksi masuk ke Universitas Trunojoyo Madura dan nantinya bisa belajar dan mengikuti pendidikan ke sana. Terima kasih atas kesempatan yang diluangkan untuk membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin ya Robbal 'Alamin.