Jalur Pendaftaran Kuliah UPN Veteran Jakarta 2024/2025

penmaru.upnvj.ac.id 2024 -- Pendaftaran UPN Veteran Jakarta Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UPN Veteran Jakarta, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UPN Veteran Jakarta, Registrasi Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta, Pendaftaran Online UPN Veteran Jakarta, Penerimaan Online UPN Veteran Jakarta, Penmaru UPN Veteran Jakarta, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UPN Veteran Jakarta 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta atau yang disingkat dengan UPNVJ atau UPN Veteran Jakarta adalah salah satu Universitas Negeri yang berada di Jakarta, Indonesia, tepatnya di Jl. RS. Fatmawati, Pondok Labu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

UPN Veteran Jakarta didirikan pada 21 Februari 1967 sebagai universitas kedinasan milik Dephankam RI, kemudian pada tahun 1994 statusnya berubah menjadi swasta, dan pada 6 Oktober 2014 UPN "Veteran" Jakarta menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan Peraturan Presiden Nomor 120.

Beberapa Fakultas dan Program studi yang ada di UPN Veteran Jakarta adalah sebagai berikut :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Keuangan Perbankan D-III, Akuntansi D-III, Akuntansi S-1, dan Manajemen S-1.
  • Fakultas Teknik, terdiri dari program studi Teknik Industri S-1, Teknik Perkapalan S-1, dan Teknik Mesin S-1
  • Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari program studi Sistem Informasi D-III, Sistem Informasi S-1, dan dan Teknik Informatika S-1
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari program studi Ilmu Komunikasi S-1, dan Hubungan Internasional S-1,
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum S-1
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi Kedokteran Umum S-1, dan Profesi Dokter
  • Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan terdiri dari program studi Keperawatan D-III, Fisioterapi D-III, Keperawatan S-1, Kesehatan Masyarakat S-1, Ilmu Gizi S-1, dan Profesi Ners

Program Pasca Sarjana terdiri dari :
  • Program studi Magister Manajemen S-2 dengan konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sistem Informasi, Manajemen Operasi/Produksi, Manajemen Akuntansi / Keuangan
  • Magister Ilmu Hukum S-2 dengan konsentrasi Hukum Bisnis dan Hukum Pidana

    Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang menjadi minat anda. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UPN Veteran Jakarta.

    Pada tahun ini UPN Veteran Jakarta membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional yang dibuka yaitu SNBP dan SNBT, sedangkan jalur mandiri yang dibuka yaitu SMMPTN dan SMPTN. Berikut informasi selengkapnya.

    1. Pendaftaran UPN Veteran Jakarta Jalur SNBP

    SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah salah satu jalur seleksi masuk ke UPN Veteran Jakarta yang mana pada jalur ini seleksinya dilakukan melalui hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

    Dengan kata lain bahwa jalur SNBP adalah jalur seleksi masuk ke PTN tanpa tes tertulis.

    Dapat dikatakan bahwa hanya siswa yang berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya yang bisa mendaftar dan mengikuti jalur SNBP.

    Untuk bisa mendaftar dan mengikuti SNBP, maka harus memahami alur pendaftaran SNBP sejak awal hingga akhir dan menngikuti semua ketentuan dan persyaratannya.

    Rekomendasi kepala sekolah menjadi titik awal dari serangkaian proses pendaftaran SNBP.

    Keterangan lengkap mengenai SNBP dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP. Pada artikel tersebut telah diuraikan penjelasan mengenai persyaratan, link, jadwal, biaya, cara mendaftar, dan lain sebagainya.

    2. Pendaftaran UPN Veteran Jakarta Jalur SNBT

    SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil tes UTBK, dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

    Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat bisa mendatar di jalur SNBT ini tentunya dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran.

    Pendaftarannya dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi untuk mengisi formulir secara online.

    Ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendaftar di jalur SNBT.

    Untuk keterangan lebih rinci mengenai SNBT telah dijelaskan tersendiri pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

    Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN,, dan keterangan lainnya seputar SNBT.

    3. Pendaftaran SMMPTN UPN Veteran Jakarta

    SMMPTN atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh UPN Veteran Jakarta untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

    Persyaratan Perdaftaran
    • Siswa lulusan SMA / MA / SMK / MAK atau sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini
    • Calon peserta ujian masuk yang baru akan menempuh ujian paket C pada tahun ini tidak bisa mendaftar pada tahun ini.
    • Calon peserta ujian masuk dari lulusan luar negeri harus melampirkan foto copy surat penyetaraan dari Dikdasmen yang telah dilegalisir (cap basah).
    • Calon peserta ujian masuk dari sekolah internasional harus mengikuti ujian Nasional (UN) dan mendapat Ijazah pada tahun ini
    • Pada saat ujian, harus membawa foto copy Ijazah yang dilegalisir atau surat keterangan kelulusan asli dan foto copy.

    Tata Cara Pendaftaran
    • Mengisi Pendaftaran secara online melalui laman https://penmaru.upnvj.ac.id 
    • Klik menu "daftar disini"
    • Peserta mempersiapkan identitas KTP/SIM/Kartu Pelajar dan Kartu Keluarga.
    • Menginput biodata lengkap sesuai yang diminta oleh sistem,
    • Memilih Program Studi
    • Peserta mendapat Nomor Formulir Pendaftaran dan Password (harap dicatat)
    • Membayar pendaftaran ke Bank BNI, dengan cara menunjukkan nomor Formulir Pendaftaran yang didapat pada saat mendaftar.
    • Setelah membayar, kemudian Login melalui https://penmaru.upnvj.ac.id menggunakan Nomor Pendaftaran dan Password.
    • Lakukan upload Foto ukuran 4 x 6 berwarna dan mencetak kartu ujian

    Untuk informasi lainnya yang anda butuhkan silahkan baca di alamat web yang telah disebutkan di atas.

    4. Pendaftaran KIP Kuliah UPN Veteran Jakarta

    Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah. Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

    Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

    Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

    Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

    Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

    Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

    5. Pendaftaran Pascasarjana UPN Veteran Jakarta

    Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UPN Veteran Jakarta juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin mendaftar, silahkan baca informasinya lebih lanjut di alamat web berikut : http://pasca.upnvj.ac.id dan juga membaca panduan di web ini.


    Itulah jalur-jalur seleksi masuk UPN Veteran Jakarta. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UPN Veteran Jakarta. 

    Baca juga :

    Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UPN Veteran Jakarta. Semoga informasi tersebut bisa memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran calon mahasiswa baru. 

    Mari bantu berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkah. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses untuk kita semua.