Jalur Pendaftaran Kuliah UNSOED 2024/2025

spmb.unsoed.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSOED Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNSOED, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSOED, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSOED, Registrasi Mahasiswa Baru UNSOED, Pendaftaran D3 / S1 / S2 / S3 UNSOED, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Online UNSOED, Penerimaan Online UNSOED, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Jenderal Soedirman, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNSOED 2024/2025. Informasi ini diberikan dengan harapan bisa memandu anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Jenderal Seodirman atau yang dikenal dengan singkatan UNSOED adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. 

Pendirian Universitas Jenderal Seodirman (UNSOED) dilakukan pada 23 September 1963. Moto dari Universitas Jenderal Seodirman (UNSOED) adalah Maju Terus Pantang Menyerah.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Jenderal Seodirman (UNSOED), yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Kedokteran (FK) terdiri dari Program Studi S1 Kedokteran dan Profesi Dokter, S1 Kedokteran Gigi.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) terdiri dari Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Keperawatan, S1 Farmasi, S1 Ilmu Gizi, S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi.
  • Fakultas MIPA terdiri dari Program Studi S1 Kimia, S1 Matematika, S1 Fisika.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Geologi, S1 Teknik Informatika, D3 Teknik Industri.
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) terdiri dari Program Studi S1 Manajemen SumberDaya Perairan/MSP, S1 Budidaya Perairan/BDP, S1 Ilmu Kelautan/KLT.
  • Fakultas Biologi (Fabio) terdiri dari Program Studi S1 Biologi, D3 Pengelolaan Sumber Daya Perikanan.
  • Fakultas Peternakan (Fapet) terdiri dari Program Studi S1 Peternakan, D3 Produksi Ternak.
  • Fakultas Pertanian (Faperta) terdiri dari Program Studi S1 Agroteknologi, S1 Agrobisnis, S1 Teknik Pertanian, S1 Teknologi Hasil Pertanian / Ilmu dan Teknologi Pangan, D3 Agrobisnis, D3 Perencanaan Sumber Daya Lahan.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terdiri dari Program Studi S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan/IESP, D3 Akuntansi, D3 Kesekretariatan, D3 Administrasi Keuangan, D3 Bisnis Internasional / Manajemen Perdagangan, S1 Pendidikan Ekonomi.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari Program Studi S1 Sosiologi, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Politik, S1 Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), S1 Sastra Indonesia, S1 Sastra Inggris, D3 Bahasa Inggris, D3 Bahasa Mandarin, S1 Sastra Jepang, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris.
  • Fakultas Hukum (FH) terdiri dari Program Studi S1 Ilmu Hukum.
  • Program Pascasarjana (Magister) terdiri dari Program Studi Akuntansi, Manajemen, Administrasi Publik, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Hukum, Biologi, Sains dan Ilmu Lingkungan, Agronomi, Ilmu Peternakan.
  • Program Pascasarjana (Doktor) terdiri dari Program Studi Ilmu Manajemen dan Biologi.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang menjadi minat anda. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNSOED.

Pada tahun ini UNSOED membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan SPMB Mandiri. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNSOED Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa serta prestasi lain yang mendukung.

Jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa - siswi yang akan lulus pada tahun in dan berprestasi.

Calon peserta yang ingin mendaftar SNBP harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Calon peserta yang telah direkomendasikan harus melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Untuk informasi lainnya mengenai SNBP dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP yang mana kalian dapat menemukan informasi berupa persyaratan mendaftar, link, jadwal pendaftaran, cara mendaftar, biaya pendaftaran, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNSOED Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Bagi kalian yang sebelumnya telah mengikuti SNBP tetapi dinyatakan tidak lulus seleksi, atau bagi kalian yang memang belum mengikuti jalur seleksi manapun, maka bisa mencoba mengikuti seleksi jalur SNBT.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / SMK / sederajat dapat mendaftar di jalur ini.

Ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendaftar di jalur SNBT.

Pendaftarannya dilakukan sendiri dengan mengakses laman resminya untuk mengisi data online.

Keterangan penting lainnya mengenai SNBT seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran dan pengumuman, biaya pendaftaran, cara mendaftar, dan lain lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

3. Pendaftaran SPMB Mandiri UNSOED

SPMB Mandiri UNSOED merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang sebelumnya telah tidak lulus seleksi dari kedua jalur di atas. 

Pada SPMB Mandiri UNSOED, seleksinya dilakukan dengan menggunakan hasil ujian tertulis atau paduan hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA / MA / SMK / MAK atau yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini, dengan ketentuan :
    • Lulusan 2 tahun sebelum tahun ini memiliki ijazah SMA / MA / SMK / MAK atau yang setara.
    • Lulusan tahun ini sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah. Untuk program studi yang membuka program paralel tidak dibatasi tahun lulus.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya
  3. Peserta bidikmisi wajib mendaftar kembali ke laman bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. untuk mendapatkan PIN bidikmisi.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui alamat website http://spmb.unsoed.ac.id/. Ikuti proses pendaftaran sampai selesai.

4. Pendaftaran KIP Kuliah UNSOED

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah,  jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

5. Pendaftaran Pascasarjana UNSOED

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UNSOED juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran, silahkan isi formulir pendaftaran yang bisa didapatkan melalui alamat pasca.unsoed.ac.id. Informasinya lebih lanjut dapat anda baca dengan mengujungi alamat web tersebut.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNSOED. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSOED.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNSOED yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi UNSOED dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNSOED. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.