Jalur Pendaftaran Kuliah UNSAM 2024/2025

pmb.unsam.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSAM Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNSAM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSAM, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSAM, Registrasi Mahasiswa Baru UNSAM, Pendaftaran Online UNSAM, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Penerimaan Online UNSAM, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, KIP Kuliah, Universitas Samudra (UNSAM), 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNSAM 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan semoga bisa menjadi arahan untuk kalian dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.


Universitas Samudra atau Universitas Samudra Langsa yang disingkat dengan UNSAM adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Langsa, Aceh, Indonesia.

Universitas Samudra (UNSAM) didirikan pada tanggal 1 Mei 1972 yang pada saat itu merupakan Perguruan Tinggi Swasta. Setelah sekian lama menjadi Perguruan Tinggi Swasta, pada bulan Mei 2013 berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Samudra (UNSAM), yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Budidaya Perairan, Agroteknologi, Agribisnis.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Olah Raga, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, PGSD.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Informatika, MIPA Matematika, MIPA Fisika, MIPA Kimia, MIPA Biologi.

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di UNSAM yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UNSAM.

Sekarang anda harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UNSAM untuk melaksanakan penyeleksian calon mahasiswa baru. Berikut informasinya.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIMAL dengan mengikuti jalur seleksi masuk UNSAM, yaitu jalur nasional, jalur Mandiri, KIP Kuliah.

A. Pendaftaran UNSAM Jalur SNBP 

Jalur SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ini seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

UNSAM adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jalur seleksi SNBP. Bagi mahasiswa yang ingin kuliah di UNSAM, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBP dan melakukan pendaftaran dengan mengikuti alur dari awal hingga akhir sesuai ketentuan.

Adapun alur pendaftaran SNBP yaitu registrasi akun SNPMB, pengisian data, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNBP oleh siswa.

Penjelasan mengenai registrasi akun SNPMB dapat dibaca selengkapnya pada artikel Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT

Sedangkan informasi pengisian data dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut : Cara Mendaftar SNBP

Selanjutnya lengkapi informasi SNBP ini dengan mengunjungi artikel Pendaftaran SNBP yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai syarat pendaftaran SNBP, mekanisme mengikuti SNBP, biaya SNBP, jadwal SNBP, ketentuan seleksi, dan penjelasan lainnya.

B. Pendaftaran UNSAM Jalur SNBT 

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Nilai UTBK diperoleh dari hasil mengikuti tes UTBK. Jadi, kalian harus mengikuti tes UTBK.

Secara keseluruhan alur pendaftaran SNBT dari awal hingga akhir yaitu registrasi akun SNPMB, pendaftaran UTBK, dan diakhiri dengan pendaftaran SNBT.

Infomasi mengenai registrasi akun SNPMB telah dijelaskan pada bagian atas (di bagian SNBP).

Untuk informasi lengkap mengenai SNBT silahkan baca pada artikel  Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci mengenai biaya pendaftaran SNBT dan cara membayarnya, syarat mendaftar SNBT, jadwal pendaftaran dan pengumuman SNBT, dan keterangan penting lainnya.

C. Pendaftaran KIP Kuliah UNSAM

Seperti pada Universitas Tinggi lainnya, UNSAM juga merupakan salah satu Universitas Negeri yang menyalurkan program Bantuan kepada calon mahasiswa yang disebut dengan program Bidikmisi.

Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah. Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

D. Pendaftaran UNSAM Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diselenggarakan secara lokal oleh Universitas Samudra (UNSAM) untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke UNSAM. Jalur mandiri UNSAM disebut dengan UM-UNSAM.

Pelaksanaan ujian UM-UNSAM dilaksanakan di kampus UNSAM, untuk lokassi ruangan atau jam ujian dapat dilihat pada jadwal yang telah ditentukan. Biasanya tertera di kartu tanda peserta.

Untuk dapat mengikuti UM-UNSAM ini, maka anda harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran seperti yang disebutkan berikut ini.

Persyaratan Pembayaran
  1. Membayar Uang Pendaftaran pada Bank ACEH
  2. Calon Mahasiswa dapat melakukan pendaftaran secara online melalui pmb.unsam.ac.id
  3. Calon Peserta lulusan SLTA sederajat lulusan tahun lalu harus sudah memiliki ijazah.
  4. Calon Peserta lulusan SLTA sederajat tahun ini telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  5. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Alur Pendaftaran UM-UNSAM
  1. Akses alamat pendaftaran online UM-UNSAM : seleksi.unsam.ac.id
  2. Isi biodata anda kemudian akan mendapatkan KAP dan PIN
  3. Melakukan pembayaran biaya seleksi di Bank Aceh
  4. Melakukan verifikasi slip / bukti pembayaran pada petugas helpdesk UM-UNSAM dibagian TIK Gedung Rektorat Univesitas Samudra.
  5. Menyiapkan file foto dengan ukuran 400 x 600 piksel dengan besar tidak melebihi 1 MB
  6. Peserta login kembali ke alamat seleksi.unsam.ac.id menggunakan KAP dan PIN yang sudah diverifikasi, mengisi biodata dan pilihan program studi serta mencetak kartu tanda peserta UM-UNSAM.

Untuk informasi lain mengenai jalur UM-UNSAM yang belum dimuat disini maka dapat langsung anda baca pada alamat pmb.unsam.ac.id
Demikianlah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNSAM yang dapat anda bagikan kepada anda pada kesempatan kali ini. Semoga informasi tersebut dapat dapat memberikan pencerahan untuk anda. Jika ada perbedaan atau perubahan silahkan lihat diwebsite resmi.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi masuk Universitas Samudra (UNSAM) melalui jalur yang anda ikuti. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini,  mari sama-sama mendoakan semoga kita semua selalu mendapatkan kesuksesan sepanjang hidup. Aamiin.