Jalur Pendaftaran Kuliah UNPATTI 2024/2025

www.unpatti.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNPATTI Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNPATTI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNPATTI, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNPATTI, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNPATTI, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNPATTI, Pendaftaran Online UNPATTI, Penerimaan Online UNPATTI, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Pattimura, 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan berjudul Jalur Pendaftaran Kuliah UNPATTI 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran UNPATTI. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Pattimura atau yang disingkat UNPATTI merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang ada di kota Ambon, Maluku, Indonesia, tepatnya terletak di Jl. Ir. M. Putuhena, Kampus Poka, Ambon 97116.

Universitas Pattimura (UNPATTI) telah didirikan pada tanggal 8 Agustus 1962. Pada mulanya, Universitas Pattimura (UNPATTI) merupakan sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat yang sekarang telah menjadi Universitas.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Pattimura (UNPATTI), yaitu :

Fakultas Teknik
  • Program Sarjana : Program Studi Ilmu Hukum
  • Program Magister : Program Studi Ilmu Hukum
  • Program Doktor : Program Studi Ilmu Hukum
Fakultas Pertanian
  • Program Sarjana : Program Studi Agroekoteknologi, Program Studi Agribisnis, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Program Studi Kehutanan, Program Studi Peternakan.
  • Program Magister : Program Studi Pengolahan Lahan, Program Studi Manajemen Hutan
Fakultas Teknik
  • Program Sarjana : Program Studi Ilmu Hukum
  • Program Magister : 
  • Program Doktor
Fakultas Ekonomi
  • Program Sarjana : Program Studi Ekonomi Pembangunan, Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi
  • Program Magister : Program Studi Ilmu Ekonomi, Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Program Sarjana : Program Studi Pendidikan Fisika, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Pendidikan Kimia, Program Studi Pendidikan Geografi, Program Studi pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Studi PKN, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling, Program Studi PENJASKESREK, Program Studi PGSD
  • Program Magister : Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Bahasa Inggris, Program Studi Bahasa Jerman
Fakultas Teknik
  • Program Sarjana : Program Studi Teknik Mesin, Program Studi Teknik Industri, Program Studi Teknik Perkapalan, Program Studi Teknik Sistem Perkapalan, Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota
Fakultas Perikanan dan Kelautan
  • Program Sarjana : Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Program Studi Manajemen Ilmu Kelautan, Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Program Studi Budidaya Perairan, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Program Studi Agrobisnis Perikanan
  • Program Magister : Program Studi Ilmu Kelautan, Program Studi Manajemen Sumber Daya Kelautan dan Pulau-Pulau Kecil, Program Studi Ilmu Kelautan
  • Program Doktor : Program Studi Ilmu Kelautan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Program Sarjana : Program Studi Administrasi Negara, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Program Studi Sosiologi
  • Program Magister : Program Studi Administrasi Publik, Program Studi Sosiologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Program Sarjana : Program Studi Matematika, Program Studi Fisika, Program Studi Kimia, Program Studi Biologi
Fakultas Kedokteran
  • Program Sarjana : Program Studi Pendidikan Dokter

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNPATTI.

Pada tahun ini UNPATTI membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan jalur Mandiri. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNPATTI Jalur SNBP

UNPATTI adalah salah satu Perguruan Tinggi yang tergabung dalam SNBP untuk menerima calon mahasiswa baru.

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa-siswa yang memiliki prestasi disetiap semester dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut.

Bagi yang berminat mengikuti SNBP, maka dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti alur dari awal hingga akhir sesuai ketentuan.

Rekomendasi kepala sekolah menjadi langkah awal dari rangkaian proses pendaftaran SNBP ini. Siswa yang telah direkomendasikan dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.

Selanjutnya lengkapi informasi SNBP ini dengan mengunjungi artikel Pendaftaran SNBP yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai syarat pendaftaran, mekanisme mengikuti SNBP, biaya, jadwal, ketentuan seleksi, dan penjelasan lainnya.

2. Pendaftaran UNPATTI Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat bisa mendaftar di jalur SNBT ini tentunya dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran.

Pendaftarannya secara online dengan mengisi formulir di laman resminya sampai dengan mencetak kartu peserta.

Untuk informasi lengkap mengenai biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya. silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNPATTI

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

UNPATTI merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah, jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran UNPATTI Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh panitia dari UNPATTI untuk menerima calon mahasiswa baru. Bagi peserta yang sebelumnya telah dinyatakan tidak lulus mengikuti seleksi jalur SNBP atau SNBT, maka bisa mengikuti jalur mandiri. Atau bagi anda yang belum pernah mengikuti jalur seleksi masuk UNPATTI, maka bisa mengikuti jalur mandiri ini.

Pendaftaran jalur mandiri UNPATTI dilakukan secara langsung di Gedung Registrasi dan Statistik Universitas Pattimura. Waktu Pendaftaran dimulai pukul 09.00 s/d 15.00 WIT.

Ketentuan Pendaftaran
  1. Calon Peserta yang memilih program sarjana reguler, merupakan lulusan SMA / MA / SMK / MAK untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Calon Peserta yang memilih program sarjana reguler II, merupakan lulusan SMA / MA / SMK / MAK yang merupakan lulusan sebelum tahun di atas; dan atau lulusan D1, D2, D3 Untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), tidak menerima lulusan SMA / MA / SMK / MAK. Hanya menerima lulusan D1, D2, D3 dan Guru.
  3. Calon Peserta program sarjana reguler II, yang sudah bekerja, namun merupakan lulusan SMA / MA / SMK / MAK untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini, wajib menunjukan surat ijin kuliah dari pimpinan instansi/ unit tempat bekerja.

    Tata Cara Pendaftaran
    1. Calon Peserta yang memilih program sarjana reguler, menunjukkan ijasah (asli) SMA / MA /  MAK / SMK, dan menyerahkan 1 lembar fotocopy yang telah dilegalisir kepada petugas Registrasi Unpatti. Bagi Calon peserta yang lulus pada tahun ini, dapat menggunakan Surat Keterangan Kelulusan Ujian Nasional.
    2. Calon Peserta yang memilih program sarjana reguler II, menunjukkan ijasah (asli) SMA atau ijasah dan transkrip nilai (asli) D1, D2 atau D3 dan menyerahkan 1 lembar fotocopy yang telah dilegalisir kepada petugas Registrasi UNPATTI.
    3. Calon peserta akan menerima tanda bukti daftar dari petugas Registrasi UNPATTI, untuk melakukan pembayaran uang pendaftaran di bank BNI
    4. Calon peserta akan menerima Formulir Pendaftaran dari petugas Registrasi UNPATTI.
    5. Calon Peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran ujian masuk UNPATTI jalur seleksi mandiri.
    6. Calon peserta akan mengambil tanda peserta tes di Gedung Registrasi dan melihat ruang tes pada waktu yang akan ditentukan.
    7. Calon Peserta diwajibkan memantau segala informasi melalui laman www.unpatti.ac.id

      5. Pendaftaran Pascasarjana UNPATTI

      Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor UNPATTI, silahkan daftarkan diri anda selama masa pendaftaran dibuka. Informasi mengenai jalur pendaftaran Pascasarjana UNPATTI dapat anda baca pada www.unpatti.ac.id

      Baca juga :

      Itulah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNPATTI. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. 

      Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNPATTI. Mari bantu berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan informasi ini.

      Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa baru di UNPATTI. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini, semoga kesuksesan dan harapan kita dapat terwujudkan. Aamiin.