Jalur Pendaftaran Kuliah UNMUS 2024/2025

www.unmus.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNMUS Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri PMB UNMUS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNMUS, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUS, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNMUS, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNMUS, Pendaftaran Online UNMUS, Penerimaan Online UNMUS, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, KIP Kuliah, Universitas Musamus Merauke, 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNMUS 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Musamus Merauke (UNMUS) adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Merauke, Provinsi Papua, Indonesia. Alamat UNMUS : Jl. Kamizaun Mopah Lama, Kec. Merauke, Papua 99611. Moto UNMUS yaitu "Jangan tanya kerjaku, tetapi lihatlah hasil karyaku"

Universitas Musamus (UNMUS) awal berdirinya bernama Sekolah Tinggi Teknologi Merauke (STTM) yang diselenggarakan berdasarkan pendidirian Yayasan Pendidikan Anim Ha Merauke dengan Akta Notaris Nomor 12 tahun 2001 tanggal 26 Januari 2001.

Pada tanggal 19 November 2010, Presiden RI menandatangani Peraturan Presiden Nomor: 65 Tahun 2010 tentang Pendirian Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Borneo Tarakan (UBT), dan Universitas Musamus (UNMUS) sebagai Universitas Negeri.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Musamus (UNMUS), yaitu :
  • Fakultas Pertanian Universitas Musamus mengembangkan beberapa program studi yang meliputi: Program Studi Agroteknologi, Program Studi Agribisnis, Program studi Peternakan, Program studi Keteknik Pertanian serta Program studi Manajemen Sumberdaya Perairan
  • Fakultas Teknik terdiri dari Prodi. Teknik Sipil, Prodi. Teknik Arsitektur, Prodi. Teknik Mesin, Prodi. Teknik Informatika, Prodi. Teknik Elektro, dan Prodi. Sistem Informasi
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi, Program Studi Ekonomi Pembangunan.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Bahasa Inggris, Program Studi Bahasa Indonesia, Program Studi Matematika, Program Studi Penjaskesrek, Program Studi PGSD, dan Program Studi PGTK – PAUD
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Administrasi Negara

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di UNMUS yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UNMUS.

Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Musamus (UNMUS). Berikut jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNMUS.

1. Pendaftaran UNMUS Jalur SNBP

SNBP adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Musamus (UNMUS).

SNBP merupakan jalur seleksi nasional tanpa tes yang ditujukan bagi siswa SMA / SMK / MA sederajat yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya.

Dengan demikian, hanya siswa-siswa yang secara konsisten terus menunjukkan prestasinya di setiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Adapun tahapan pendaftaran SNBP yaitu dimulai dari registrasi akun SNPMB, pengisian data, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNBP oleh siswa.

Informasi rinci dapat dibaca pada artikel berikut : Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNMUS Jalur SNBT

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBT, UNMUS juga membuka jalur SNBT.

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes disebut juga jalur alternatif, mengapa? Karena peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP tetapi dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBT.

Selain itu juga, bagi peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNBP, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBT. Dengan demikian, maka SNBT bisa disebut sebagai jalur alternatif masuk Perguruan Tinggi Negeri, dalam hal ini adalah masuk ke Universitas Musamus (UNMUS).

SNBT adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Secara keseluruhan alur pendaftaran SNBT dari awal hingga akhir yaitu registrasi akun SNPMB, pendaftaran UTBK, dan diakhiri dengan pendaftaran SNBT.

Infomasi mengenai registrasi akun SNPMB telah dijelaskan pada bagian atas (di bagian SNBP). 

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SLTA sederajat bisa mendaftar di jalur ini jika memenuhi persyaratan.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SNBT, maka dapat melakukannya sendiri dengan membuka laman resmi  SNBT untuk mengisi formulir pendaftaran online yang tersedia.

Untuk informasi lengkap mengenai SNBT silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci mengenai biaya pendaftaran SNBT dan cara membayarnya, syarat mendaftar SNBT, jadwal pendaftaran dan pengumuman SNBT, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNMUS

KIP Kuliah atau yang memiliki kepanjangan nama Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah pengganti dari Bidikmisi yang merupakan pemberian bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki potensi akademik baik.

Calon mahasiswa yang demikian berpeluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah dengan catatan dapat memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara online melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci informasi berupa cara mendaftar KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain-lain.

4. Pendaftaran UNMUS Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh Universitas Musamus (UNMUS) dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa baru.

Biasanya jalur ini dibuka setelah pelaksanaan SNBP dan SNBT. Jadi, untuk calon mahasiswa yang tidak lulus SNBP atau SNBT, maka dapat kembali mendaftarkan diri ke UNMUS dengan mengikuti jalur mandiri ini.

Agar bisa lulus, maka anda harus mempersipakan diri sebaik mungkin dengan mempelajari berbagai materi. Biasanya materi yang diujikan adalah materi-materi SMA. Untuk itu, silahkan anda mempelajari materi-materi tersebut.

Informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri UNMUS dapat anda lihat langsung di website resmi UNMUS, yaitu www.unmus.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

Baca juga :

Demikianlah infomasi yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNMUS yang telah dibahas dapat membantu anda dalam persiapan pendaftaran sebagai mahasiswa baru.

Admin turut mendoakan agar anda dapat lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa baru UNMUS, terima kasih atas kesempatan yang anda berikan untuk membaca artikel ini dan salam sukses untuk kita semua.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan.