Jalur Pendaftaran Kuliah UNMUL 2024/2025

www.unmul.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNMUL Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNMUL, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNMUL, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUL, Registrasi Maba UNMUL, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNMUL, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UNMUL, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri (SMMPTN), Bidikmisi, Universitas Mulawarman (UNMUL), 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNMUL 2024/2025. Informasi ini disampaikan untuk lulusan SMA sederajat yang ingin mendaftar kuliah UNMUL. Dengan adanya infomasi ini semoga dapat memberikan panduan untuk kalian dalam melakukan proses pendaftaran UNMUL. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Mulawarman atau disingkat UNMUL adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia.Universitas Mulawarman (UNMUL) merupakan Universitas tertua di Kalimantan Timur.

Universitas Mulawarman (UNMUL) telah didirikan pada 27 September 1962. Kampus utama Universitas Mulawarman (UNMUL) terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya terletak di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris dan Jalan Flores.

Moto dari Universitas Mulawarman (UNMUL) adalah "The First State University in East Kalimantan".

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Mulawarman (UNMUL), yaitu :

Fakultas Ekonomi
  • S1 dan D3 Akuntansi, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Manajemen Keuangan dan Pemasaran, S1 Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, Pendidikan Profesi Akuntansi.
Fakultas Farmasi
  • S1 Farmasi, D3 Farmasi, Program Profesi Apoteker
Fakultas Hukum
  • S1 Hukum: Konsentrasi Hukum Agraria, Hukum Bisnis, Hukum Lingkungan
Fakultas Ilmu Budaya
  • S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Indonesia, S1 Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, D3 Administrasi Perkantoran, D3 Pariwisata, D3 Sekretari, S1 dan D3 Ilmu Administrasi Niaga/ Bisnis, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Pemerintahan Integratif, S1 Ilmu Sosiatri, S1 Psikologi, S1 Sosiologi
Fakultas Kedokteran
  • S1 Pendidikan Dokter, S1 Pendidikan Dokter Gigi, Pendidikan Profesi Dokter, Pendidikan Spesialis Bedah Umum
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • S1 Bimbingan dan Konseling, S1 Pendidikan Akuntansi (Konsentrasi), S1 Pendidikan Anak Usia Dini, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Geografi (Konsentrasi), S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Pendidikan Ilmu Komputer (Konsentrasi), S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Luar Sekolah, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Sejarah (Konsentrasi), Pendidikan Profesi Guru 
Fakultas Kehutanan
  • S1 Kehutanan
Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • S1 Kesehatan Masyarakat
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Ilmu Komputer, S1 Kimia, S1 Statistika
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • S1 Budidaya Perairan: Teknologi Hasil Perikanan (Konsentrasi), S1 Manajemen Sumberdaya Perairan: Ilmu dan Teknologi Kelautan (Konsentrasi), S1 Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Pertanian, D3 Budidaya Tanaman Perkebunan, S1 Agrobisnis (Sosial Ekonomi Pertanian), S1 Agroteknologi, S1 Peternakan, dan S1 Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Teknik
  • S1 dan D3 Teknik Pertambangan, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Sipil
Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • S1 Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Pascasarjana
  • S2 Administrasi Pendidikan, S2 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Lingkungan, S2 Pendidikan Bahasa Inggris, S2 Pendidikan Luar Sekolah, S2 Pertanian Tropika Basah, S2 Teknologi Pendidikan, S2 dan S3 Ilmu Administrasi, S2 dan S3 Ilmu Ekonomi, S2 dan S3 Ilmu Kehutanan, S2 dan S3 Manajemen, S3 Manajemen Pendidikan

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang diminati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNMUL.

UNMUL membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri . Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran UNMUL Jalur SNBP

UNMUL adalah salah satu Perguruan Tinggi yang tergabung dalam SNBP. Calon mahasiswa yang ingin kuliah ke UNMUL bisa mengikuti seleksi jalur SNBP sebagai jalur seleksi nasional masuk UNMUL.

Jalur SNBP merupakan jalur seleksi nasional tanpa tes yang ditujukan bagi siswa SMA / SMK / MA sederajat yang akan lulus di tahun ini dan berprestasi tinggi yang ditunjukkan secara konsisten.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Informasi selanjutnya seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UNMUL Jalur SNBT

SNBT merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

UNMUL adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut membuka jalur SNBT.

Bagi kalian yang sebelumnya telah mengikuti SNBP tetapi dinyatakan tidak lulus seleksi, atau bagi kalian yang memang belum mengikuti jalur seleksi manapun, maka bisa mencoba mengikuti seleksi jalur SNBT.

Jalur ini terbuka untuk lulusan 3 tahun terakhir jenjang Sekolah Menengah Atas dan Sederajat.

Pendaftaran SNBT secara online di laman resminya dengan mengisi formulir secara lengkap dan benar sampai dengan mencetak kartu peserta.

Keterangan penting lainnya mengenai SNBT seperti biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

C. Pendaftaran KIP Kuliah UNMUL

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi. Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

UNMUL merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah, jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

D. Pendaftaran SMMPTN UNMUL

SMMPTN memiliki kepanjangan Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri. SMMPTN UNMUL merupakan seleksi jalur mandiri yang diselenggarakan oleh panitia lokal oleh UNMUL.

Seleksi jalur SMMPTN ini diselenggarakan dengan salah satu tujuannya yaitu memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional tetapi tidak lulus, atau untuk calon mahasiswa yang belum sama sekali mengikuti seleksi, maka bisa mengikuti seleksi SMMPTN UNMUL.

Pendaftaran jalur SMMPTN UNMUL biasanya dibuka sampai 3 gelombang. Silahkan anda daftarkan diri anda pada gelombang mana saja.

Informasi lain mengenai pendaftaran SMMPTN UNMUL dapat anda baca pada di alamat http://smmptn.unmul.ac.id/. Pada alamat tersebut teleh dimuat informasi mengenai pendaftaran SMMPTN UNMUL.

E. Pendaftaran Pascasarjana UNMUL

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor UNMUL, silahkan melakukan pendaftaran sesuai jadwal pendaftaran yang dibuka. Peserta harus bisa memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan agar bisa mendaftar.

Setelah mendaftar peserta harus mengikuti ujian seleksi masuk UNMUL yang diberikan oleh panitia. Jika hasil dari ujian seleksi yang anda peroleh sesuai dengan kriteria penerimaan, maka anda bisa dinyatakan lulus seleksi masuk UNMUL. Informasi lain mengenai pendaftaran Pascasarjana UNMUL silahkan baca di http://pasca.unmul.ac.id/

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNMUL. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNMUL

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNMUL. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Jika informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan dengan teman anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNMUL dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNMUL. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.