Jalur Pendaftaran Kuliah UNIPA 2024/2025

www.unipa.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNIPA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNIPA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIPA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIPA, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNIPA, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNIPA, Pendaftaran Online UNIPA, Penerimaan Online UNIPA, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, KIP Kuliah, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Papua, 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNIPA 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Papua atau yang disingkat UNIPA adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Manokwari, Indonesia. Moto UNIPA : Ilmu Untuk Kemanusiaan.

Sejarah singkat Universitas Papua (UNIPA), pada tanggal 10 November 1962 berdiri sebagai FPPK UNICEN, 7 September 1982 sebagai FAPERTA UNICEN, pada 3 November 2000 diresmikan sebagai Universitas Negeri Papua, kemudian pada tanggal 17 Oktober 2014 resmi berganti nama menjadi Universitas Papua berdasarkan Peraturan Presiden (PERPRES) Republik Indonesia Nomor 155/Tahun 2014.

Program Studi yang ada di Universitas Papua (UNIPA), yaitu :

Program Studi Bidang IPA
  • Teknologi Hasil Pertanian, Manajemen Sumberdaya Perairan, Ilmu Kelautan, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia,Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan, Kehutanan, Teknik Informatika, Teknik Pertambangan, Teknik Elektro, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Teknik Geologi, Pendidikan Fisika

Program Studi Bidang IPS
  • Ekonomi Pembangunan, Sastra Inggris, Antropologi, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris

Itulah beberapa Fakultas yang ada di UNIPA yang nantinya anda dapat memilih program studi yang ada pada fakultas tersebut sebagai pilihan saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UNIPA.

Pada tahun ini, Universitas Papua (UNIPA) kembali membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional yang dibuka yaitu jalur SNBP dan SNBT. Langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran UNIPA Jalur  SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis. Seleksi SNBP didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Dari hal di atas, maka dapat diketahui bahwa hanya siswa-siswi terbaik dari masing-masing sekolah yang akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi SNBP ini. Siswa-siswi tersebut tentunya yang selalu berprestasi di setiap semesternya.

UNIPA adalah salah satu Perguruan Tinggi yang tergabung dalam SNBP untuk menerima calon mahasiswa baru.

Bagi yang berminat mengikuti SNBP, maka dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti alur dari awal hingga akhir sesuai ketentuan.

Adapun alur pendaftaran SNBP yaitu registrasi akun SNPMB, pengisian data, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNBP oleh siswa.

Penjelasan mengenai registrasi akun SNPMB dapat dibaca selengkapnya pada artikel Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT

Selanjutnya lengkapi informasi SNBP ini dengan mengunjungi artikel Pendaftaran SNBP yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai syarat pendaftaran SNBP, mekanisme mengikuti SNBP, biaya SNBP, jadwal SNBP, ketentuan seleksi, dan penjelasan lainnya.

B. Pendaftaran UNIPA Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Nilai UTBK menjadi salah satu syarat penting untuk mendaftar SNBT. Jadi, kalian harus mendapatkan nilai UTBK dengan mengikuti tes UTBK.

Tahapan pendaftaran SNBT dari awal hingga akhir yaitu registrasi akun SNPMB, pendaftaran UTBK SNBT, dan diakhiri dengan pengumuman kelulusan.

Infomasi mengenai registrasi akun SNPMB telah dijelaskan pada bagian atas (di bagian SNBP).

Untuk informasi lengkap mengenai SNBT silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijabarkan secara rinci tentang biaya pendaftaran SNBT dan cara membayarnya, syarat mendaftar SNBT, jadwal pendaftaran dan pengumuman SNBT, dan keterangan penting lainnya.

C. Pendaftaran KIP Kuliah UNIPA

KIP Kuliah atau yang memiliki kepanjangan nama Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah pengganti dari Bidikmisi.

Calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki potensi akademik baik, maka berpeluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah dengan catatan dapat memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara online melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci informasi berupa cara mendaftar KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain-lain.

D. Pendaftaran UNIPA Jalur Mandiri

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa melalui jalur nasional, UNIPA juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri ini diselenggarakan secara lokal oleh UNIPA untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur ini memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SNBP atau SNBT tetapi tidak lulus, maka dapat mengikuti jalur mandiri.

Informasi mengenai jalur mandiri dapat anda baca langsung di website resmi UNIPA, yaitu www.unipa.ac.id 

E. Pendaftaran Program Pascasarjana UNIPA

Bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa baru Pascasarjana UNIPA, silahkan baca informasinya di alamat web www.unipa.ac.id

Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNIPA.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNIPA. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan kepada anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi melalui jalur yang anda ikuti dan nantinya bisa menjadi mahasiswa baru Universitas Papua (UNIPA). Terima kasih atas kesempatan yang anda berikan untuk membaca artikel ini dan salam sukses untuk kita semua.