Jalur Pendaftaran Kuliah UNIB 2024/2025

www.unib.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNIB Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNIB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIB, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIB, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNIB, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNIB, Pendaftaran Online UNIB, Penerimaan Online UNIB, Jalur SNBP, SNBT, SPMU, PPs UNIB, Bidikmisi, Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Bengkulu, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNIB 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Bengkulu atau disingkat dengan UNIB adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Bengkulu, Indonesia. Universitas Bengkulu (UNIB) telah didirikan pada tanggal 24 April 1982.

Universitas Bengkulu (UNIB) memiliki 3 lokasi kampus yaitu yang terletak di Rawa Makmur (Kompleks Kampus Utama), Cimanuk, dan Air Sebakul. Program pendidikan yang diselenggarakan di Universitas Bengkulu (UNIB) terdiri dari Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Bengkulu (UNIB), yaitu :

Program Diploma
  • Program D-2 terdiri dari Pendidikan Guru TK, dan Pendidikan Guru SD
  • Program D-3 terdiri dari Bahasa Inggris, Akuntansi, Perpustakaan, Manajemen Perkebunan, dan Laboratorium Sains

Program Sarjana (S-1)
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Jurusan Budidaya Pertanian (Program Studi Agroekoteknologi) Minat (Agronomi, Ilmu Tanah, Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman), Jurusan Kehutanan, Jurusan Peternakan, Jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian), Jurusan Perlindungan Tanaman (Agroekoteknologi), Jurusan Ilmu Kelautan, dan Jurusan Teknologi Industri Pertanian.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  terdiri dari Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Sosiologi, Jurusan Ilmu Perpustakaan, Jurusan Jurnalistik, D3 Jurnalistik, D3 Perpustakaan, D3 sekretaris, AN Ekstensi
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Jurusan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa Inggris, Jurusan Fisika, Jurusan Matematika, Jurusan Biologi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Jurusan Pendidikan Jasmani dan kesehatan
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Jurusan Studi Pembangunan, Jurusan Manajemen, dan Jurusan Akuntansi.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Matematika, Jurusan Kimia, Jurusan Biologi, dan Jurusan Fisika.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Jurusan Informatika, Jurusan Elektro, Jurusan Sipil, dan Jurusan Mesin.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD)

Pasca sarjana (S-2)
  • Magister Administrasi Publik, Magister Ilmu Hukum, Magister Manajemen, Magister Perencanaan Pembangunan, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Teknologi Pendidikan, Magister Pengelolaan dan Pemberdayaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Magister Pendidikan IPA, Magister Akuntansi, dan Magister Administrasi Publik.

Pasca sarjana (S-3)
  • Program Doktor Ilmu Manajemen.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNIB.

Pada tahun ini UNIB membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri (SPMU). Langsung saja kita bahas selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNIB Jalur SNBP 

UNIB adalah salah satu Perguruan Tinggi yang tergabung dalam SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Calon mahasiswa yang ingin kuliah ke UNIB bisa mengikuti seleksi jalur SNBP sebagai jalur seleksi masuk UNIB.

SNBP adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang dilakukan tanpa tes. Jalur ini seleksinya dilakukan dengan didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Dengan kata lain bahwa jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa - siswi berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya tersebut.

Untuk mendaftar SNBP, maka harus mengetahui persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Untuk informasi lainnya mengenai SNBP dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP yang mana kalian dapat menemukan informasi berupa persyaratan mendaftar SNBP, jadwal pendaftaran SNBP, cara mendaftar SNBP, biaya pendaftaran SNBP, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNIB Jalur SNBT

Selain SNBP, UNIB juga tergabung dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

Jalur SNBT merupakan jalur seleksi nasional yang seleksinya dilakukan melalui tes, serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat dapat mendaftar di jalur ini.

Untuk keterangan lebih rinci mengenai SNBT telah dijelaskan tersendiri pada artikel Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran SNBT, jadwal pendaftaran dan pengumuman SNBT, biaya pendaftaran SNBT, cara mendaftar SNBT, dan keterangan lainnya seputar SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNIB

UNIB adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Sebelumnya, KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi. Namun karena adanya kebijakan baru, maka nama Bidikmisi pun ikuti diubah dan kini menjadi KIP Kuliah.

Bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi namun juga calon mahasiswa tersebut memiliki potensi akademik baik selama menempuh pendidikan di jenjang SLTA.

Untuk mendaftar KIP Kuliah, maka dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Apabila mengalami kesulitan, maka bisa meminta bantuan dan arahan pada pihak sekolah untuk mendaftarkan kalian.

Untuk penjelasan lainnya mengenai KIP Kuliah seperti persyaratan KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab KIP Kuliah, dan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran UNIB Jalur Mandiri

Selain jalur SNBP dan SNBT, UNIB juga membuka jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri yang disebut dengan SPMU / UM UNIB. 

Persyaratan Pendaftaran Jalur SPMU

Persyaratan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Universitas Bengkulu (SPMU) Program S1 Reguler dan Diploma yaitu :
  1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA / MA / SMK / MAK atau yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Lulusan 2 tahun belum tahun ini sudah harus memiliki ijazah SMA / MA / SMK / MAK atau yang setara. 
  3. Lulusan tahun ini sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya. 

Admin memberi saran kepada anda agar belajar dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi ujian seleksi. Ujian seleksi dilakukan melalui tes tertulis, ujian keterampian, dan psikotes sesuai dengan program studi pilihan anda.

Bagi yang ingin mendaftar, silahkan akses alamat pendaftaran https://spmu.unib.ac.id. Sedangkan untuk informasi lain mengenai jalur SPMU bisa ada baca pada di http://admisi.unib.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana UNIB

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UNIB, baik program Magister ataupun Doktor, silahkan daftarkan diri anda sesuai jadwal pelaksanaan yang dibuka. 

Calon peserta terlebih dahulu membaca informasi pendaftaran di alamat alamat www.unib.ac.id atau admisi.unib.ac.id. Lakukan pendaftaran secara online sesuai dengan petunjukan yang diberikan di web tersebut. Isi biodata diri secara lengkap dan benar hingga mencetak kartu tanda peserta ujian. Informasi lain yang anda perlukan bisa anda lihat di website UNIB.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNIB. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNIB.
Demikianlah informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNIB yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi UNIB dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNIB. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan silahkan baca artikel lainnya.