Jalur Pendaftaran Kuliah UMRAH 2024/2025

www.umrah.ac.id 2024 -- Pendaftaran UMRAH Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UMRAH, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMRAH, Pendaftaran Mahasiswa Baru UMRAH, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UMRAH, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UMRAH, Pendaftaran Online UMRAH, Penerimaan Online UMRAH, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UMRAH 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Langsung saja kita bahas informasi selengkapnya berikut ini.


Universitas Maritim Raja Ali Haji  atau yang disingkat UMRAH adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) didirikan pada 1 Agustus 2007. 

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang dan Politeknik Batam.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Akuntansi, Manajemen
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Teknik Elektro, Teknik Informatika
  • Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan, Ilmu Kelautan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan
  • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi
  • Fakultas Ilmu Sosial Politik terdiri dari program studi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Sosiologi, Ilmu Hukum

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang anda di UMRAH yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UMRAH.

Sekarang anda harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UMRAH untuk melaksanakan penyeleksian calon mahasiswa baru.

Pada tahun ini, UMRAH kembali membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional yang terdiri dari SNBP dan SNBT, serta jalur mandiri yang diadakah secara lokal oleh UMRAH. Berikut penjelasannya.

A. Pendaftaran UMRAH Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes yang ditujukan bagi siswa SMA / SMK / MA sederajat yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester.

Jadi jalur ini diperuntukkan khusus untuk siswa-siswi pintar dari masing-masing sekolah yang memenuhi persyaratan pendaftaran.

Untuk siswa-siswi lain yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP, maka dapat mengikuti jalur seleksi lainnya berupa jalur SNBT atau jalur mandiri UMRAH.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UMRAH Jalur SNBT

SNBT disebut juga jalur alternatif, mengapa? Karena peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP tetapi dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBT.

Selain itu juga, bagi peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNBP, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBT. Dengan demikian, maka SNBT bisa disebut sebagai jalur alternative masuk Perguruan Tinggi Negeri.

UMRAH adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut membuka jalur SNBT. Seperti yang dijelaskan di website resminya bahwa SNBT adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Keterangan penting lainnya mengenai SNBT seperti biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

C Pendaftaran KIP Kuliah UMRAH

KIP Kuliah atau yang memiliki kepanjangan nama Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah pengganti dari Bidikmisi yang merupakan pemberian bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki potensi akademik baik.

Calon mahasiswa yang demikian berpeluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah dengan catatan dapat memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara online melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci informasi berupa cara mendaftar KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain-lain.

D. Pendaftaran UMRAH Jalur Mandiri 

Jalur mandiri adalah jalur seleksi mandiri yang diadakan secara lokal oleh Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa baru. Pelaksanaan Ujian Mandiri ini diselenggarakan setelah SNBP dan SNBT.

Jalur seleksi mandiri UMRAH dilaksanakan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Kelulusan ditentukan dari nilai akhir yang diperoleh peserta. Jika nilai tersebut tinggi, maka memiliki kemungkinan untuk dinyatakan lulus seleksi.

Prosedur Pendaftaram Online untuk Jalur Mandiri
  1. Mengisi form pendaftaran online dilaman pendaftaran.umrah.ac.id
  2. Peserta yang boleh Mendaftar adalah Lulusan SMA / MA / SMK untuk lulusan tiga tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  3. Login dengan menggunakan KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PIN yang diperoleh dari pendaftaran online
  4. Unggah pasfoto berwarna ukuran 400 x 600 pixel
  5. Mengisi pilihan jurusan dan kelompok ujian berupa SOSHUM atau SAINTEK
  6. Peserta ujian dapat memilih 2 (dua) pilihan jurusan dengan dengan ketentuan kelompok ujian adalah SAINTEK / SOSHUM / CAMPURAN.
    • Kelompok ujian SAINTEK adalah peserta yang memilih Pilihan 1 dan Pilihan 2 dari Kelompok SAINTEK.
    • Kelompok ujian SOSHUM adalah peserta yang memilih Pilihan 1 dan Pilihan 2 dari Kelompok SOSHUM.
    • Kelompok ujian CAMPURAN adalah peserta yang memilih Pilihan 1 dari Kelompok SAINTEK dan Pilihan 2 dari Kelompok SOSHUM atau sebaliknya
  7. Melakukan pembayaran di BANK atau ATM
  8. Mencetak Kartu Peserta Ujian

Untuk informasi jalur mandiri yang belum dimuat disini, dapat anda lihat langsung di website resmi UMRAH, di http://umrah.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UMRAH.

Itulah informasi yang dapat anda bagikan tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UMRAH. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki. 

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa UMRAH dapat terwujudkan, terima kasih juga telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin Ya Robbal 'Alamin.