Jalur Pendaftaran Kuliah UBT 2024/2025

www.ubt.ac.id 2024 -- Pendaftaran UBT Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UBT / Borneo, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UBT, Pendaftaran Mahasiswa Baru UBT, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / D4 / S1 / S2 / S3 UBT, Registrasi Mahasiswa Baru UBT, Pendaftaran Online UBT, Penerimaan Online UBT, Jalur SNBP, SNBT, PPs UBT, Bidikmisi, KIP Kuliah, Mandiri, Universitas Borneo Tarakan, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UBT 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Borneo Tarakan atau disingkat UBT adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia tepatnya di Jl. Amal Lama No.1 Tarakan.

Universitas Borneo Tarakan (UBT) didirikan pada 9 Oktober 1999. Universitas Borneo Tarakan berubah status menjadi Universitas Negeri pada 19 November 2010 sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 65 Tahun 2010.

Peresmian Universitas Borneo Tarakan (UBT) pada tanggal tersebut dilakukan secara bersamaan dengan 2 kampus lainnya yaitu Universitas Bangka Belitung (UBB), dan Universitas Musamus (UNMUS).

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Borneo Tarakan (UBT), yaitu :

Fakultas Teknik, terdiri dari prodi : 
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Komputer

Fakultas Ekonomi, terdiri dari prodi :
  • S1 Ekonomi Pembangunan
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi

Fakultas Hukum terdiri prodi :
  • S1 Ilmu Hukum.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, terdiri dari prodi :
  • S1 Bimbingan Konseling Sekolah
  • S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Biologi
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Pertanian terdiri dari prodi :
  • S1 Agribisnis
  • S1 Agroteknologi

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, terdiri dari :
  • S1 Aquakultur
  • S1 Manajemen Sumberdaya Perairan
  • S1 Teknologi Hasil Perikanan

Fakultas Ilmu Kesehatan, terdiri dari prodi : 
  • D3 Ilmu Keperawatan
  • D3 Ilmu Kebidanan

Pascasarjana terdiri dari :
  • S2 Hukum
  • S2 Ilmu Pertanian

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UBT

Pada tahun ini, UBT kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan mandiri. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UBT Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya masuk ke Universitas Borneo Tarakan (UBT). Seleksi SNBP didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor serta prestasi lainnnya yang relevan.

Dari pernyataan di atas, maka dapat kita ketahui bahwa hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP. 

Untuk bisa mendaftar SNBP harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Setelah itu barulah bisa melanjutkan proses pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UBT Jalur SNBT

Jalur seleksi nasional berikutnya yang dibuka setelah SNBP adalah jalur SNBT. Jalur SNBT juga merupakan jalur favorit selain dari SNBP.

SNBT merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Perlu kalian ketahui bahwa jalur SNBT ini berbeda dengan SNBP. Pada jalur SNBP hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SNBT tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SNBT, maka dapat melakukannya sendiri dengan membuka laman resmi  SNBT untuk mengisi formulir pendaftaran online yang tersedia.

Keterangan lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UBT

Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah. Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

KIP Kuliah adalah sebuah program bantuan biaya pendidikan dan biya hidup yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu serta memiliki prestasi akademik yang baik.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran UBT Jalur Mandiri

Selain jalur SNBP dan SNBT, Universitas Borneo Tarakan juga membuka jalur seleksi mandiri yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa progam Sarjana dan Diploma. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi web mandiri.ubt.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana UBT

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke Program Pascasarjana Universitas Borneo Tarakan (UBT), silahkan daftarkan diri anda sesuai jadwal pendaftaran. Peserta harus mengikut seleksi untuk bisa masuk ke Program Pascasarjana UBT. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat mandiri.ubt.ac.id

Itulah informasi jalur-jalur seleksi masuk ke UBT. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UBT.

Demikianlah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UBT yang dapat admin sampaikan. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi UBT dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UBT. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya.