Jalur Pendaftaran Kuliah UBB 2024/2025

www.ubb.ac.id 2024 -- Pendaftaran UBB Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UBB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UBB, Pendaftaran Mahasiswa Baru UBB, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru UBB, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UBB, Panduan Pendaftaran Mahasiswa Baru UBB, Pendaftaran Online UBB, Penerimaan Online UBB, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Bangka Belitung, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UBB 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan untuk kalian dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Bangka Belitung yang disingkat UBB adalah sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) yang terletak di kota Bangka Belitung, Indonesia.

Lokasi Universitas Bangka Belitung (UBB) tepatnya di Kampus Terpadu Balun Ijuk Merawang Kabupaten Bangka, Bangka Belitung, Indonesia.

Universitas Bangka Belitung (UBB) resmi didirikan pada 12 April 2006 dan diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada 21 November 2010 bersamaan dengan 2 kampus lainnya yaitu Universitas Borneo Tarakan (UBT), dan Universitas Musamus (UNMUS).

Universitas Bangka Belitung (UBB) resmi berdiri pada tanggal 12 April 2006. Pendirian ini didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 52/ /O/ 2006 tertanggal 12 April 2006.

Pendirian Universitas Bangka Belitung (UBB) merupakan hasil "penyatuan" dari Politeknik Manufaktur Timah (Polman Timah), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER Bangka), dan Sekolah Tinggi Teknik Pahlawan 12 (STTP 12).

Pada tanggal 21 November 2010, Universitas Bangka Belitung (UBB) resmi berunag stastus dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Fakultas dan Program Studi di Universitas Bangka Belitung (UBB), yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Jurusan Akuntansi, dan Jurusan Manajemen
  • Fakultas Teknik terdiri dari Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Pertambangan
  • Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi terdiri dari Jurusan Agribisnis, Jurusan Agroteknologi, Jurusan Biologi, Jurusan Budidaya Perairan, Jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Jurusan Ilmu Hukum
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Jurusan Ilmu Sosiologi

Dari beberapa Fakultas dan Jurusan yang telah ada di Universitas Bangka Belitung (UBB), mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di Universitas Bangka Belitung (UBB).

Anda perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Bangka Belitung (UBB). Dengan begitu, maka anda dapat memilih jalur mana yang akan anda ikuti.

Pada tahun ini. Universitas Bangka Belitung (UBB) membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Seperti kita ketahui bahwa jalur nasional PTN terdiri dati jalut SNBP dan SNBT.

Baiklah, langsung saja kita akan membahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Bangka Belitung (UBB). Perhatikan dengan baik penjelasannya berikut ini.

1. Pendaftaran UBB Jalur SNBP

Universitas Bangka Belitung (UBB) adalah salah satu Perguruan Tinggi yang melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP.

Jalur SNBP merupakan jalur seleksi nasional tanpa tes yang ditujukan bagi siswa SMA / SMK / MA sederajat yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UBB Jalur SNBT

Selain membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, Universitas Bangka Belitung (UBB) juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBT. Jalur SNBT juga merupakan jalur favorit selain dari SNBP.

Perlu kalian ketahui bahwa jalur SNBT ini berbeda dengan SNBP. Pada jalur SNBP hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SNBT tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online dengan mengisi formulir di laman resminya sampai dengan mencetak kartu peserta.

Keterangan lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UBB

Seperti kebanyakan pada Perguruan Tinggi lainnya, UBB juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang menyalurkan program bantuan kepada calon mahasiswa yang disebut dengan program KIP Kuliah.

KIP Kuliah atau yang memiliki kepanjangan nama Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah pengganti dari Bidikmisi yang merupakan pemberian bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki potensi akademik baik.

Calon mahasiswa yang demikian berpeluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah dengan catatan dapat memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara online melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci informasi berupa cara mendaftar KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain-lain.

4. Pendaftaran UBB Jalur Mandiri 

Jalur mandiri UBB adalah jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh Universitas Bangka Belitung untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Jalur mandiri ini dapat juga disebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang ingin kuliah di UBB, mengapa disebut sebagai jalur alternatif? karena jalur ini dilaksanakan setelah jalur SNBP dan SNBT.

Jika anda sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP atau SNBT tetapi dinyatakan tidak lulus, maka anda masih memiliki kesempatan untuk mengikuti selksi masuk melalui jalur mandiri UBB.

Alur Pendaftaran Jalur Mandiri UBB
  1. Calon mahasiswa melakukan pendaftaran di alamat : http://si.ubb.ac.id/siak/app.pmb
  2. Kemudian pilih jalur seleksi mandiri
  3. Kemudian dapat memilih jalur mandiri Bidikmisi atau jalur mandiri saja.
    • Jika memilih jalur mandiri saja, maka isi formulir pendaftaran yang tersedia kemudian membayar biaya seleksi di Bank. Setelah membayar kemudian akan mendapatkan nomor bukti transakti.
    • Jika memilih jalur mandiri Bidikmisi, maka calon mahasiswa harus melakukan klarifikasi pendaftaran ke panitia PMB UBB untuk mendapatkan username dan password dengan syarat NISN dan Nomor Bukti Transaksi.
  4. Jika telah memiliki nomor bukti transakti, selanjutnya calon mahasiswa login kembali ke situs PMB UBB untuk melengkapi data pendaftaran
  5. Setelah melengkapi data pendaftaran, cetaklah kartu tanda peserta ujian mandiri UBB
  6. Bawa kartu tersebut saat ujian berlangsung.

Informasi lain mengenai jalur mandiri UBB yang belum disampaikan pada artikel ini dapat anda baca langsung diwebsite resmi UBB, yaitu www.ubb.ac.id

Info : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UBB.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UBB (Universitas Bangka Belitung) yang dapat admin bagikan pada kesempatan ini. Semoga dapat menambah informasi yang telah anda miliki sebelumnya.

Ayo turut bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga ada bisa lulus seleksi masuk Universitas Bangka Belitung (UBB) melalui jalur yang anda ikuti. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini, semoga kita semua selalu mendapatkan kesuksesan sepanjang hidup. Aamiin.