Jalur Pendaftaran Kuliah IPB 2024/2025

admisi.ipb.ac.id 2024 -- Pendaftaran IPB Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB IPB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru IPB, Pendaftaran Mahasiswa Baru IPB, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru IPB, Registrasi Mahasiswa Baru IPB, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 IPB, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Online IPB, Penerimaan Online IPB, CAMABA IPB, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Institut Pertanian Bogor. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah IPB 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk kalian lulusan SLTA sederajat dalam melakukan proses pendaftaran kuliah IPB. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak informasinya.

http://www.infoonline.web.id/

Institut Pertanian Bogor atau yang disingkat dengan IPB adalah Perguruan Tinggi Pertanian Negeri yang terletak di Bogor tepatnya di jln. Raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Institut Pertanian Bogor (IPB) didirikan pada 1 September 1963. Moto Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah "Searching and Serving the Best" atau dalam bahasa Indonesia yaitu "mencari dan memberi yang terbaik". Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki 5 Kampus yaitu : Kampus IPB Baranang Siang, Kampus IPB Dramaga, Kampus IPB Gunung Gede, Kampus IPB Cilibende, dan Kampus IPB Taman Kencana.

Beberapa Fakultas dan Program Studi yang telah diselenggarakan di IPB, baik untuk jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana yaitu :

Fakultas dan Program Studi Program Diploma IPB
  • Terdiri dari Program Keahlian : Komunikasi, Ekowisata, Manajemen, Teknik Komputer, SJMP, Gizi, Teknik Industri Benih, Perikanan Budidaya, Manajemen Ternak, Manajemen Agribisnis, Program Diploma Manifaktur / Jasa, Analisis Kimia, Teknik Lingkungan, Akuntansi, Teknik Perkebunan, Produksi Pertanian, Perkebunan Kelapa Sawit.

Fakultas dan Program Studi Program Sarjana IPB
  • Fakultas Pertanian (FAPERTA) terdiri dari program studi Manajemen Sumberdaya Lahan, Agronomi Dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, dan Arsitektur Lansekap.
  • Fakultas Kedokteran Hewan (Fkh) terdiri dari program studi Kedokteran Hewan.
  • Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan (FPIK) terdiri dari program studi Teknologi & Manajemen Perikanan Budidaya, Manajemen Sumberdaya Perairan, Teknologi Hasil Perairan, Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap, dan Ilmu Dan Teknologi Kelautan.
  • Fakultas Peternakan (FAPET) terdiri dari program studi Teknologi Produksi Ternak, dan Nutrisi Dan Teknologi Pakan.
  • Fakultas Kehutanan (FAHUTAN) terdiri dari program studi Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan& Ekowisata, dan Silvikultur.
  • Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) terdiri dari program studi Teknik Mesin Dan Biosistem, Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, dan Teknik Sipil Dan Lingkungan.
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari program studi Statistika, Meteorologi Terapan, Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Komputer, Fisika, dan Biokimia.
  • Fakultas Ekonomi Dan Manajemen (FEM) terdiri dari program studi Ekonomi Dan Studi Pembangunan, Manajemen, Agribisnis, Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, dan Ekonomi Syariah.
  • Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) terdiri dari program studi Ilmu Gizi, Ilmu Keluarga dan Konsumen, Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.
  • Sekolah Bisnis terdiri dari program studi Bisnis.

Fakultas dan Program Studi Program Pascasarjana IPB
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi Ilmu Tanah (TNH), Agroteknologi Tanah (ATT), Mitigasi Bencana Kerusakan Lahan (MBK), Bioteknologi Tanah dan Lingkungan (BTL), Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), Ilmu Perencanaan Wilayah (PWL), Ilmu dan Teknologi Benih, Agronomi dan Hortikultura, Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman (PBT), Entomologi (ENT), Fitopatologi (FIT), dan Arsitektur Lanskap (ARL).
  • Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari program studi Anatomi dan perkembangan Hewan (APH) / Biologi Perkembangan (BPK), Ilmu-Ilmu Faal dan Khasiat Obat (IFO), Kesehatan Masyarakat Verteriner (KMV), Mikrobiologi Medik (MKM), Parasitologi dan Entomologi Kesehatan (PEK), Biologi Reproduksi (BRP), dan Ilmu Biomedis Hewan (IBH),
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan terdiri dari program studi Ilmu Akuakultur (AKU), Ilmu Kelautan (IKL), Teknologi Kelautan (TEK), Pengelolaan Sumberdaya Perairan (SDP), Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Lautan (SPL), Sistem dan Pemodelan Perikanan Tangkap (SPT), Teknologi Perikanan Tangkap (TPT), dan Teknologi Hasil Perairan (THP).
  • Fakultas Peternakan terdiri dari program studi Ilmu Nutrisi dan Pakan (INP), dan Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (ITP).
  • Fakultas Kehutanan terdiri dari program studi Ilmu dan Teknologi Hasil Hutan (THH), Rekayasa dan Peningkatan Mutu Hasil Hutan (RPM), Teknologi Serat dan Komposit (TSK), Konservasi Biodiversitas Tropika (KVT), Manajemen Ekowisata dan Jasa Lingkungan (MEJ), Ilmu Pengelolaan Hutan (IPH), dan Silvikultur Tropika (SVK).
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari program studi Ilmu Pangan (IPN), Ilmu Keteknikan Pertanian (TEP), Teknik Mesin Pertanian dan Pangan (TMP), Teknologi Pascapanen (TPP), Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), dan Teknologi Industri Pertanian (TIP)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari program studi Biokimia (BIK), Biologi Tumbuhan (BOT), Biosains Hewan (BSH), Mikrobiologi (MIK), Biofisika (FIS), Klimatologi Terapan (KLI), Ilmu Komputer (KOM), Kimia (KIM), Matematika Terapan (MAT), Statistika (STK), dan Statistika Terapan (STT)
  • Fakultas Ekonomi dan Manajemen terdiri dari program studi Ilmu Ekonomi (EKO), Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan (PWD), Ilmu Manajemen (MAN), Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), Ekonomi Sumberdaya Kelautan Tropika (ESK), Ilmu Ekonomi Pertanian (EPN), dan Magister Sains Agribisnis (AGB)
  • Fakultas Ekologi Manusia terdiri dari program studi Ilmu Gizi Manusia (GMA), Ilmu Gizi Masyarakat (GMS), Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak (IKA), Ilmu Konsumen (IKO), Ilmu Penyuluhan Pembangunan (PPN), Komunikasi Pembangunan Pertanian Pedesaan (KMP), Sosial Pedesaan (SPD).
  • Program Multidisiplin terdiri dari program studi Bioteknologi (BTK), Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL), dan Primatologi (PRM).
  • Program Profesional terdiri dari program studi Magister Profesional Hortikultura, Magister Profesional Perbenihan, Magister Profesional Perkebunan, Magister Profesi Konservasi Keanekaragaman Hayati, Magister Profesional Industri Kecil dan Menengah, Magister Profesional Teknologi Pangan, Magister Teknologi dan Informasi untuk Perpustakaan, Magister Manajemen Pembangunan Daerah, Magister Profesional Pengembangan Masyarakat, Magister Manajemen Ketahanan Pangan, Program Manajemen dan Bisnis, dan Master of Science in Information Technology for Natural Resources Management.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang diminati. Untuk itu silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru di IPB.

Pada tahun ini IPB membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, Beasiswa Utusan Daerah (BUD), Ujian Talenta Masuk (UTMI), Prestasi Internasional-Nasional (PIN), Program Alih Jenis, Program Diploma dan Sekolah Pascasarjana. Simak pembahasan selengkapnya sebagai berikut.

1. Pendaftaran IPB Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional yang merupakan jalur undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, salah satunya adalah masuk ke IPB.

Jalur SNBP ini diperuntukkan bagi siswa-siswi terbaik dari masing-masing sekolah. Seleksi SNBP didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Bagi siswa-siswi lain yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP ini, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBT atau jalur seleksi lainnya yang ada di IPB.

Rekomendasi kepala sekolah menjadi titik awal proses pendaftaran SNBP. Calon peserta yang telah direkomendasikan harus melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Selanjutnya lengkapi informasi SNBP ini dengan mengunjungi artikel Pendaftaran SNBP yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai syarat pendaftaran, laman pendaftaran, mekanisme mengikuti SNBP, biaya, jadwal, ketentuan seleksi, dan penjelasan lainnya.

2. Pendaftaran IPB Jalur SNBT

Selain SNBP, IPB  juga membuka jalur seleksi nasional lainnya yaitu jalur SNBT.

SNBT juga merupakan jalur seleksi nasional yaitu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SLTA sederajat dapat mendaftar di jalur ini.

Ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendaftar di jalur SNBT.

Untuk keterangan lebih rinci mengenai SNBT telah dijelaskan tersendiri pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa biaya pendaftaran dan cara membayarnya, laman pendaftaran, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah IPB

IPB adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Sebelumnya, KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi. Namun karena adanya kebijakan baru, maka nama Bidikmisi pun ikuti diubah dan kini menjadi KIP Kuliah.

Bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi namun juga calon mahasiswa tersebut memiliki potensi akademik baik selama menempuh pendidikan di jenjang SLTA.

Untuk mendaftar KIP Kuliah, maka dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Apabila mengalami kesulitan, maka bisa meminta bantuan dan arahan pada pihak sekolah untuk mendaftarkan kalian.

Untuk penjelasan lainnya mengenai KIP Kuliah seperti persyaratan KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab KIP Kuliah, dan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran Beasiswa Utusan Daerah (BUD) IPB

Beasiswa Utusan Daerah (BUD) adalah salah satu jalur penerimaan calon mahasiswa baru IPB untuk Program Sarjana dan Pascasarjana.

Peserta yang masuk ke IPB melali jalur BUD, maka kuliahnya dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta yang telah bekerja sama dengan IPB. Setelah lulus kuliah, mahasiswa diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerahnya.

5. Pendaftaran Ujian Talenta Masuk (UTMI) IPB

Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI) adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru IPB untuk program sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian. Seleksi dilakukan melalui ujian tulis

Penyelenggaraan jalur UTM IPB bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan serta pertanian untuk ditempa menjadi sarjana-sarjana yang tangguh dan menjadi calon-calon pemimpin bangsa yang berwawasan pembangunan pertanian yang kuat.

Persyaratan Pendaftaran
  • Calon Peserta adalah lulusan SMA / MA IPA untuk lulusan 3 tahun terakhir
  • Memiliki kesehatan jasmani dan rohani

6. Pendaftaran Prestasi Internasional-Nasional (PIN) IPB

Jalur Prestasi Internasional-Nasional (PIN) IPB diselenggarakan dengan tujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa lulusan SLTA yang memiliki prestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler.

Ketentuan Calon Peserta :
  • Lulusan terbaru
  • Selama di SLTA pernah menjadi finalis dalam lomba di tingkat internasional, nasional, atau IPB antara lain dalam kegiatan : (1) Lomba Karya Ilmiah, Matematika Ria (2) Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika.
  • Mengirim berkas lamaran ditujukan ke Rektor IPB

Calon Peserta :
  • Diundang oleh Rektor IPB
  • Tidak memalsukan dokumen dalam berkas lamaran
  • Membayar biaya pendidikan
  • Menyerahkan fotokopi Ijazah, NUN, dan rapor, serta Daftar Riwayat Hidup
  • Menyerahkan pasfoto terbaru untuk KTM/ATM
  • Melengkapi formulir registrasi

7. Pendaftaran Program Alih Jenis IPB

Program Alih Jenis adalah program seleksi untuk calon mahasiswa  lulusan program D3 (program vokasi) untuk beralih bidang pendidikan ke program pendidikan sarjana (program akademik).

Persyaratan Pendaftaran
  • Lulusan program D3 dari program studi/program keahlian yang relevan dan sudah terakreditasi minimal B.
  • IPK yang tercantum pada transkrip akhir Program Diploma  >= 3,00.  Khusus untuk Pelamar Program Studi Ilmu Gizi, IPK Minimal 3,00 untuk calon mahasiswa tugas belajar atau sudah bekerja di bidang yang relevan dengan bidang gizi dan IPK minimal 3,50 untuk pelamar fresh graduate (lulus maksimal 2 tahun terakhir)

Persyaratan Registrasi

Pelamar  yang dinyatakan lulus ujian tertulis dan diterima oleh IPB wajib melakukan registrasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan dengan membawa persyaratan yang mencakup:
  • Sebanyak 2 (dua) rangkap copy ijazah dan transkrip program D3 yang dilegalisir dan menunjukkan dokumen aslinya
  • Bukti Lunas biaya pendaftaran, seleksi dan Uang Kuliah Semester Pertama
  • Surat keterangan sehat dari RS Pemerintah
  • Surat kesanggupan membayar biaya pendidikan/pernyataan beasiswa dari institusi yang berwenang
  • Surat izin pimpinan bila sudah bekerja
  • Surat kesediaan mengikuti perkuliahan (kuliah, praktikum dan kegiatan akademik lainnya) secara penuh
  • Pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.

8. Pendaftaran Program Diploma IPB

Jalur seleksi calon mahasiswa baru untuk Program Diploma IPB terdiri dari dua jalur yaitu jalur Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) dan Pendaftaran Langsung (jalur Reguler).

Jalur Undangan (Seleksi melalui nilai rapor tanpa tes tulis)
  • IPB mengundang sekolah setingkat SMU untuk mengirim siswa/siswinya menjadi calon mahasiswa baru Program Diploma.
  • Seleksi didasarkan pada prestasi akademik calon mahasiswa, tanpa tes tertulis.

Jalur Reguler (Seleksi melalui tes tertulis)
  • Calon mahasiswa melamar pada loket pendaftaran yang dibuka oleh Direktorat Program Diploma IPB.
  • Seleksi didasarkan pada hasil tes tertulis/lisan dan prestasi akademik calon mahasiswa.

Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan Umum
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan Surat dari Dokter
  • Tidak dalam kasus pidana yang mempunyai putusan tetap dari pengadilan
  • Tidak memalsukan dokumen pendaftaran seperti memalsukan nilai rapor dan tindak pemalsuan lainnya
Syarat Administrasi
  • Membayar Biaya Pendaftaran
  • Mengisi Formulir Pendaftaran Secara Online di Halaman Pendaftaran
  • Melengkapi berkas pendaftaran (jika dinyatakan lulus):
    • Fotokopi Rapor Semester 1-6 dilegalisir kepala sekolah.
    • Fotokopi Ijazah dilegalisir kepala sekolah
    • Fotokopi Akte Kelahiran atau Surat Kenal Lahir
    • Surat Keterangan Kelakukan Baik dari Kepolisian.
    • Pas Foto terbaru berwarna 2x3 dan 3x4 masing-masing 2 lembar.
    • Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter.
    • Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter.
    • Fotocopy Identitas Diri yang Sah.
    • Penghasilan Orang Tua

9. Pendaftaran Sekolah Pascasarjana IPB

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke Program Pascasarjana IPB, silahkan daftarkan diri anda sesuai jadwal pendaftaran yang dibuka. Seleksi penerimaan dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Penerimaan calon mahasiswa baru Program Pascasarjana dilakukan secara online melalui alamat http://pmbpasca.ipb.ac.id/id/

Informasi penting lainnya mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri IPB jenjang Diploma, Sarjana, atau Pascasarjana bisa dilihat di admisi.ipb.ac.id 

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi IPB

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Jalur Pendaftaran Kuliah IPB.  Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kalian.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus ujian seleksi IPB dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru IPB. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk membaca artikel ini, sekian dari admin dan salam sukses. Mari turut berbagi informasi ini pada teman lainnya.