Pendaftaran Bidikmisi 2022/2023

Pendaftaran Bidikmisi 2022 -- bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline, Pendaftaran Bidikmisi Login Sekolah dan Siswa, Cara Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline, Syarat dan Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi, Jadwal Pendaftaran Bidikmisi. 2024. 2025.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Bidikmisi 2022/2023. Informasi ini ditujukan bagi sekolah ataupun siswa yang akan mengikuti Bidikmisi tahun ini. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

http://www.umptn.web.id/

Informasi Update :
Bidikmisi kini telah berganti menjadi KIP Kuliah. Baca informasi selengkapnya pada artikel berikut : Daftar KIP Kuliah Online -- Daftar Akun dan Login KIP Kuliah

Kekurangan dari segi ekonomi bisa menjadikan seorang siswa mengurungkan niat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Siswa tersebut sadar mungkin keluarganya tidak mampu untuk membiayai kuliahnya.

Untuk mengatasi masalah yang demikian itu, Pemerintah melalui Kemenristek Dikti berupaya untuk membantu siswa yang mengalami kendala tersebut. Dalam hal ini, Pemerintah memberikan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan Bidikmisi.

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Program Bidikmisi merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang pelaksanaannya sudah dimulai sejak tahun 2010. Jumlah peminat Program Bidikmisi menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun, untuk tahun 2016 tercatat sebanyak 416.428 pelamar tetapi hanya sekitar 75.000 saja yang bisa diakomodir karena keterbatasan anggaran pemerintah.

Hingga pertengahan tahun 2016, lebih dari 200 alumni Bidikmisi berhasil mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dengan dukungan penuh beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenristekdikti).

Perlu diketahui bahwa Bidikmisi berbeda dengan beasiswa. Beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, sedangkan Bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada Bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. (Dikutip dari laman Bidikmisi)

Dengan adanya Bidikmisi ini, maka bisa memberikan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Selain itu, diharapkan pula bisa meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstra kurikuler.

Bagi siswa-siswi yang keluarganya tidak mampu secara ekonomi, silahkan ajukan diri untuk mengikuti program Bidikmisi. Konsultasikan hal tersebut pada kepala sekolah agar kalian bisa direkomendasikan untuk mengikuti program Bidikmisi.

Nah, berikut ini admin berikan informasi lengkap seputar Bidikmisi yang diperuntukkan bagi Pihak Sekolah ataupun siswa-siswi yang ingin mendaftar Bidikmisi pada tahun ini. Silahkan disimak.

1. Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi

Untuk bisa mendaftar Bidikmisi, maka calon peserta harus bisa memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia seleksi. Apabila calon peserta dapat memenuhi persyaratan, maka bisa melakukan pendaftaran Bidikmisi.

Calon peserta juga harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah sebagai salah satu syarat untuk mendaftar Bidikmisi. Untuk mengetahui secara lengkap apa saja persyaratan pendaftaran Bidikmisi, maka silahkan baca pada artikel berikut : Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi

2. Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline

Bagi calon peserta yang bisa memenuhi persyaratan Bidikmisi, maka selanjutnya dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi. Pendaftaran Bidikmisi dapat dilakukan secara online ataupun offline.

Pendaftaran diutamakan dilakukan secara online. Namun apabila terkendala banyak hal, maka pendaftaran boleh dilakukan secara offline atau langsung dengan mengirimkan berkas pendaftaran.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan baca informasinya pada artikel berikut : Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline

3. Cara Pendaftaran Bidikmisi

Pendaftaran Bidikmisi dimulai oleh Pihak sekolah yang memberikan rekomendasinya dengan mengisi data-data siswa pada website Bidikmisi di alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian pilih menu Sekolah. Kepala Sekolah mengisikan data-data siswa dan kemudian akan mendapatkan kode akses pendaftaran untuk masing-masing siswa.

Bagi siswa yang telah mendapatkan kode akses dari Kepala Sekolah, maka yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran dengan login ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian pilih menu siswa.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, maka kamu bisa membaca artikel berikut : Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi

Untuk informasi pendaftaran Bidikmisi login sekolah dan login siswa dapat ditemukan dengan membaca artikel berikut ini :

4. Jadwal Pendaftaran Bidikmisi

Untuk mengontrol kegiatan Bidikmisi, maka kamu perlu untuk mengetahui jadwal pendaftaran Bidikmisi. Dengan mengetahui jadwal Bidikmisi, maka kamu tidak akan terlambat dalam melakukan pendaftaran.

Jadwal pendaftaran Bidikmisi selengkapnya dapat dilihat pada artikel : Jadwal Pendaftaran Bidikmisi

5. Jenis Seleksi dan Metode Verifikasi Bidikmisi

Jenis seleksi yang diadakan oleh panitia seleksi terdiri dari seleksi nasional, lokal, dan mandiri. Seleksi nasional terdiri dari SNMPTN dan SBMPTN untuk PTN, SNMPN dan SBMPN untuk Politeknik Negeri, serta jalur mandiri PTN dan PTS, dan jalur seleksi masuk ISI atau ISBI, dan UT.

Metode verifikasi yang digunakan oleh panitia untuk menyeleksi peserta Bidikmisi berbeda antara jenis seleksi yang satu dengan lainnya. Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTN dan PTS dengan berpedoman pada ketentuan yang telah ditetapkan.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silahkan kunjungi artikel berikut ini : Jenis Seleksi dan Metode Verifikasi Bidikmisi

6. Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara Bidikmisi

Untuk melengkapi informasi yang telah diperoleh sebelumnya, maka kamu perlu untuk mengetahui pula daftar perguruan tinggi yang menyelenggarakan Bidikmisi karena untuk memastikan apakah perguruan tinggi yang kamu tuju menyelenggarakan Bidikmisi atau tidak.

Informasi yang kamu btuhkan tersebut dapat ditemukan pada artikel berikut : Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara Bidikmisi

Baca juga : Pendaftaran Bidikmisi PTN, PTS, PTKIN, dan Politeknik Negeri

7. Tanya Jawab Seputar Bidikmisi

Apabila kamu menemui kendala dalam proses pendaftaran Bidikmisi atau kamu ingin mengetahui informasi tambahan seputar Bidikmisi, maka kamu bisa membaca artikel berikut untuk menemukan solusi dari permasalahanmu. Silahkan baca Tanya Jawab Seputar Bidikmisi

8. Fitur-fitur di Laman Bidikmisi

Pada laman Bidikmisi, terdapat beberapa fitur yang harus dipahami. Pada saat ini ada 4 fitur yang ada di laman Bidikmisi, fitur-fitur tersebut adalah fitur untuk sekolah, fitur untuk siswa, fitur untuk masyarakat, dan fitur untuk mahasiswa.

Fitur-fitur tersebut memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu harus memahami kegunakan dari fitur-fitur tersebut agar tidak salah menggunakannya.

Untuk mengetahui apa saja kegunakan dari masing-masing fitur pada laman Bidikmisi, silahkan kunjungi artikel berikut : Fitur-fitur di Laman Bidikmisi

9. Pengumuman Bidikmisi

Setelah melalui pendaftaran dan proses seleksi, maka hal yang paling ditunggu-tunggu adalah pengumuman Bidikmisi. Pengumuman Bidikmisi adalah penentuan kelulusan peserta.

Pada saat pengumuman, semua peserta akan tahu apakah dirinya dinyatakan lulus seleksi Bidikmisi atau tidak. Untuk megetahui cara melihat pengumuman Bidikmisi, maka silahkan kunjungi artikel berikut : Pengumuman Bidikmisi

Itulah infomasi mengenai Bidikmisi. Silahkan kamu pahami informasi tersebut. Untuk melengkapi informasi yang telah kamu baca pada artikel ini, silahkan kunjungi artikel-artikel lanjutan yang telah diberikan masing-masing.

Informasi Bidikmisi Juga Bisa Dibaca Pada Artikel Berikut : Pendaftaran Online Bidikmisi

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan untuk anda tentang Pendaftaran Bidikmisi. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan dan manfaat untuk anda.

Cukup sekian informasi dari admin. Semoga apa yang kamu inginkan bisa diraih. Please share this information to your friends. Thank you.

Kata mutiara "Janganlah berputus asa hanya karena kamu tidak mampu secara ekonomi, teruslah belajar untuk meraih cita-citamu" - Tarsudin