Pendaftaran Online SIPSS 2022-2023

penerimaan.polri.go.id 2022 - Pendaftaran SIPSS Polri / Polisi, Pembukaan Pendaftaran SIPSS Polri, Penerimaan SIPSS Polri, Rekrutmen SIPSS Polri, Panduan Pendaftaran Online SIPSS, Informasi Pendaftaran Online SIPSS, Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran SIPSS, Tahapan Seleksi SIPSS, Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana. 2024. 2025.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Online SIPSS 2022-2023. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Sebuah kabar gembira yaitu Kepolisian Negara Republik Indonesia membuka kesempatan untuk putra putri terbaik Indonesia untuk mengikuti untuk menjadi Perwira Polri dengan mengikuti seleksi masuk SIPSS atau Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana.

Penerimaan SIPSS dibuka untuk lulusan D4, S1, Dokter Spesialis, dan ada beberapa daerah yang membuka untuk lulusan S2.  Bagi anda yang memiliki kualifikasi tersebut, silahkan daftarkan diri anda jika berminat.

Calon peserta yang akan mendaftar harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia, baik persyaratan umum maupun persyaratan lainnya. 

A. Persyaratan Pendaftaran SIPSS

1. Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  4. Berumur paling rendah 18 (delapan belas) tahun
  5. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba (surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang);
  6. Tidak sedang terlibat kasus pidana atau pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat;
  7. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan bersedia ditugaskan pada Satker sesuai keahlian atau latar belakang program studinya.

2. Persyaratan Khusus :
  1. pria dan wanita belum pernah menjadi anggota Polri;
  2. berijazah:
    • Dokter Spesialis:
      • Spesialis Mikrobiologi Klinik;
      • Spesialis Patologi Anatomi.
    • S-2:
      • S2 Psikologi (Profesi);
      • S2 Ilmu Tafsir/Hadist.
    • S-1:
      • S1 Kedokteran Umum (Profesi);
      • S1 Kedokteran Gigi (Profesi);
      • S1 Farmasi (profesi Apoteker);
      • S1 Ilmu Gizi;
      • S1 Biologi (Murni);
      • S1 Teknik Informatika (Programming);
      • S1 Teknik Informatika (Jaringan);
      • S1 Teknik Informatika (Database);
      • S1 Ilmu Komunikasi (Jurnalistik);
      • S1 Ilmu Komunikasi (Public Relation);
      • S1 Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat;
      • S1 Desain Komunikasi Visual;
      • S1 Teknik Elektro Arus Lemah;
      • S1 Teknik Metalurgi;
      • S1 Teknik Industri (Manajemen Industri);
      • S1 Kimia (murni);
      • S1 Hubungan Internasional;
      • S1 Sastra Jepang;
      • S1 Sastra China;
      • S1 Pendidikan Olahraga;
      • S1 Teknologi Pendidikan;
      • S1 Ilmu Sejarah;
      • S1 Ekonomi Manajemen;
      • S1 Akuntansi;
      • S1 Semua Prodi + Sertifikat CPL IR Fyling School (Pilot).
    • D-IV
      • Ahli Nautika Tk. III; (wajib memiliki ijazah Ahli Nautika Tk. III dari Ditjen Perhubungan Laut
      • Kementerian Perhubungan Republik Indonesia);
      • Ahli Teknika Tk. III; (wajib memiliki ijazah Ahli Teknika Tk. III dari Ditjen Perhubungan Laut
      • Kementerian Perhubungan Republik Indonesia);
      • Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Pelabuhan.
    • khusus untuk Prodi Kedokteran, Dokter Umum dan Dokter Gigi wajib mempunyai Surat Tanda Selesai Internsip (STSI) atau Surat Tanda Registrasi (STR) definitif
  3. bagi lulusan yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan program studi yang terakreditasi A dan B serta terdaftar di BAN-PT dengan IPK minimal 2,75 wajib melampirkan tanda lulus/ijazah yang dilegalisir/diketahui oleh Pembantu Dekan bidang Akademik;
  4. bagi lulusan Perguruan Tinggi di Luar Negeri wajib melampirkan surat keputusan penyetaraan yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud;
  5. umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun Anggaran 2022:
    • maksimal 40 (empat puluh) tahun untuk Dokter Spesialis;
    • maksimal 33 (tiga puluh tiga) tahun untuk S-2 , S-2 Profesi dan Pilot;
    • maksimal 29 (dua puluh sembilan) tahun untuk S-1 Profesi;
    • maksimal 26 (dua puluh enam) tahun untuk S-1 dan D-IV.
  6. tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku):
    • pria : 158 (seratus lima puluh delapan) cm;
    • wanita : 155 (seratus lima puluh lima) cm.
  7. belum pernah menikah secara hukum positif/agama/adat (belum pernah hamil/melahirkan) dan sanggup untuk tidak menikah selama pendidikan pembentukan;
  8. Khusus Dokter Spesialis diperbolehkan sudah menikah, namun bagi wanita sanggup tidak mempunyai anak/hamil selama pendidikan pembentukan;
  9. bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Perwira Polri;
  10. bersedia ditugaskan pada satker sesuai keahlian atau latar belakang program studinya;
  11. tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain;
  12. mendapat persetujuan dari instansi yang bersangkutan bagi yang sudah bekerja dan pernyataan berhenti dengan hormat bila lulus seleksi dan terpilih masuk pendidikan pembentukan Polri;
  13. mengikuti dan lulus pemeriksaan serta pengujian dengan materi:
    • tingkat Panda dengan sistem gugur dan/atau sistem rangking meliputi:
      • pemeriksaan administrasi dengan penilaian kualitatif;
      • pemeriksaan kesehatan tahap I dengan penilaian kualitatif (MS/TMS);
      • Tes Kompetensi (Pengetahuan) dengan penilaian kuantitatif;
      • Tes Psikologi (CAT) dengan penilaian kualitatif (MS/TMS) dan kuantitatif;
      • pemeriksaan kesehatan tahap II dengan penilaian kualitatif (MS/TMS);
      • Penelusuran Mental Kepribadian (PMK) dengan penilaian kualitatif (MS/TMS);
      • Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) dengan penilaian kuantitatif;
      • pemeriksaan administrasi akhir dengan penilaian kualitatif (MS/TMS);
      • sidang kelulusan akhir dengan penilaian kualitatif (MS/TMS).
    • tingkat pusat dengan sistem gugur dan/atau sistem rangking meliputi:
      • pemeriksaan administrasi dengan penilaian kualitatif (MS/TMS);
      • pemeriksaan kesehatan I dan II (termasuk Keswa) dengan penilaian kualitatif (MS/TMS);
      • Tes Kompetensi (keterampilan dan perilaku sesuai Profesi/ Prodi) dengan penilaian kuantitatif;
      • Tes Psikologi/wawancara dengan penilaian kualitatif (MS/TMS);
      • Penelusuran Mental Kepribadian (PMK) dengan penilaian kualitatif (MS/TMS);
      • sidang kelulusan akhir dengan sistem perankingan (MS/TMS).

                                                                              Itulah persyaratan pendaftaran yang harus anda penuhi sebagai calon SIPSS. Setelah memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran di atas, maka selanjutnya anda bisa melakukan proses pendaftaran dengan langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut ini.

                                                                              B. Cara Pendaftaran Online SIPSS
                                                                              • Buka alamat website : penerimaan.polri.go.id
                                                                              • Pilih jenis seleksi SIPSS kemudian klik "daftar"
                                                                              • Kemudian isilah formulir pendaftaran online sampai selesai.
                                                                              • Jika telah selesai mengisi formulir pendaftaran online, anda akan mendapatkan nomor registrasi dan password.
                                                                              • Selanjutnya login ke penerimaan.polri.go.id menggunakan nomor registrasi dan password. Tombol login terletak dibagian atas sebelah kanan.
                                                                              • Lengkapi biodata pendaftaran anda
                                                                              • Ikuti proses pendaftaran hingga selesai.

                                                                              C. Tata Verifikasi di Polda Setempat

                                                                              Pendaftar harus datang sendiri (tidak boleh diwakilkan) dengan membawa dan menyerahkan hasil cetak form registrasi online serta berkas administrasi sebagai berikut:
                                                                              • pendaftar membawa berkas administrasi asli dan fotokopi rangkap 2 (dua):
                                                                                1. asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan fotokopi dilegalisir oleh Disdukcapil setempat;
                                                                                2. asli Kartu Keluarga (KK) dan fotokopi yang dilegalisir oleh Disdukcapil setempat;
                                                                                3. asli akte kelahiran dan fotokopi yang dilegalisir oleh Disdukcapil setempat;
                                                                                4. asli ijazah: SD, SMP, SMA/SMK/MA/sederajat, D-IV/S-1/S-2 dan transkrip nilai serta fotokopi
                                                                                5. yang dilegalisir oleh Sekolah/Perguruan Tinggi yang menerbitkan;
                                                                                6. copy sertifikat akreditasi dari BAN-PT yang dilegalisir;
                                                                                7. asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Polres setempat dan fotokopi yang dilegalisir oleh Polres yang menerbitkan;
                                                                                8. pas foto berwarna ukuran 4 x 6 dengan latar belakang warna merah sebanyak 10 lembar;
                                                                                9. surat persetujuan orang tua/wali (formdapat diunduh di website: penerimaan.polri.go.id) dan fotokopi;
                                                                                10. surat permohonan menjadi anggota Polri ditulis tangan (contoh form dapat diunduh di website: penerimaan.polri.go.id) dan fotokopi;
                                                                                11. surat pernyataan belum pernah menikah secara hukum positif atau hukum agama atau hukum adat (form dapat diunduh di website: penerimaan.polri.go.id) dan fotokopi;
                                                                                12. daftar riwayat hidup (hasil cetak form registrasi pada saat pendaftaraan online) dan fotokopi;
                                                                                13. surat perjanjian ikatan dinas pertama anggota Polri (form dapat diunduh di website: penerimaan.polri.go.id) dan fotokopi;
                                                                                14. surat pernyataan tidak terikat perjanjian dengan instansi lain (form dapat diunduh di website: penerimaan.polri.go.id) dan fotokopi;
                                                                                15. surat pernyataan orang tua/wali untuk memberikan keterangan dan dokumen yang sebenarnya (form dapat diunduh di website: penerimaan.polri.go.id) dan fotokopi;
                                                                                16. surat penyataan peserta dan ortu/wali untuk tidak melakukan KKN dan gunakan sponsorship atau ketebelece (form dapat diunduh di website: penerimaan.polri.go.id) dan fotokopi;
                                                                              • pendaftar melaksanakan pengukuran tinggi dan berat badan dengan alat ukur yang sudah ditera;
                                                                              • bagi peserta yang dinyatakan lengkap menyerahkan administrasi pendaftaran (poin 6 huruf b) dan telah melakukan pengukuran tinggi badan, selanjutnya diberikan nomor ujian oleh panitia daerah yang akan digunakan untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi;

                                                                              D. Jadwal Pendaftaran SIPSS

                                                                              Seleksi dilakukan ditingkat daerah dan tingkat pusat. Jika anda telah lulus seleksi tingkat daerah, maka selanjutnya akan mengikuti seleksi tingkat pusat.

                                                                              Mengenai biaya selama seleksi bahwa panitia tidak meminta biaya apapun pada saat pelaksanaan seleksi. Jadi, biaya seleksi SIPSS gratis.

                                                                              Penting!!!
                                                                              • Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Penerimaan Polri.
                                                                              • Informasi yang belum jelas dapat anda tanyakan langsung di Polda / Polres di daerah anda.

                                                                              Mari Baca Juga :

                                                                              Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Online SIPSS yang dapat admin berikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

                                                                              Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi SIPSS POLRI. Terima kasih telah membaca artikel ini, sekian dari admin dan salam sukses.