Pendaftaran Poltekkes Semarang 2024/2025

sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id 2024 -- Sipenmaru Poltekkes Semarang, PMB Poltekkes Semarang, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Semarang, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Semarang, Jalur PMDP, Jalur Uji Tulis, Jalur Mandiri, Politeknik Kemenkes Semarang. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Poltekkes Semarang 2024/2025. Dengan adanya informasi pada artikel ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam persiapan pendaftaran mahasiswa baru Poltekkes Semarang. Silahkan pahami informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Semarang adalah sebuah Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Negeri yang menyelenggarakan pendidikan untuk menciptakan tenaga profesional di bidang kesehatan.

Lokasi utama Poltekkes Semarang terletak di jalan Tirto Agung Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Indonesia. Sedangkan lokasi lainnya tersebar di berbagai tempat seperti di Jl. Adipati Mercy Purwokerto, Jl. Perintis Kemerdekaan Pekalongan 51116, Jl. Ahmad Yani Po Box 2 Blora, Jl. Baturaden Km 12 Purwokerto, Jl. Wolter Monginsidi 115 Semarang, dan Jl. Perintis Kemerdekaan, Magelang. Lokasi tersebut menunjukkan lokasi kampus program studi di Poltekkes Semarang.

Falsafah, Moto, Janji Layanan yang dimiliki oleh Poltekkes Semarang adalah sebagai berikut :
  • Falsafah : Tenaga Kesehatan yang bermutu dihasilkan oleh institusi pendidikan yang bermutu.
  • Moto : Student’s Success
  • Janji Layanan : Cepat, Tepat dan Ramah.
Beberapa jurusan dan program studi yang ada di Poltekkes Semarang terdiri dari sebagai berikut :

Jurusan Keperawatan terdiri dari : 
  • Prodi D3 dan D4 Keperawatan Semarang
  • Prodi D3 Keperawatan Purwokerto
  • Prodi D3 Keperawatan Pekalongan
  • Prodi D3 Keperawatan Blora
  • Prodi D3 dan D4 Keperawatan Magelang
Jurusan Kebidanan terdiri dari :
  • Prodi D3 dan D4 Kebidanan Semarang
  • Prodi D3 dan D4 Kebidanan Magelang
  • Prodi D3 Kebidanan Purwokerto
  • Prodi D3 Kebidanan Blora
Jurusan Gizi terdiri dari :
  • Prodi D3 Gizi Semarang, dan Prodi D4 Gizi Semarang
Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi terdiri dari :
  • Prodi D3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Semarang
  • Prodi D3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Purwokerto
  • Prodi D4 Teknik Radiologi Semarang.
Jurusan Keperawatan Gigi terdiri dari :
  • Prodi D3 dan D4 Keperawatan Gigi Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan terdiri dari :
  • Prodi D3 dan D4 Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Jurusan Analis Kesehatan terdiri dari :
  • Prodi D3 Analis Kesehatan Semarang
Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan terdiri dari :
  • Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Dari beberapa jurusan dan program studi yang ada di Poltekkes Semarang, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka oleh Poltekkes Semarang.

Pada tahun ini, Poltekkes Semarang kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDP, Uji Tulis, Jalur Mandiri, dan Jalur untuk Pascasarjana.

Melalui jalur-jalur yang telah disebutkan di atas, anda dapat masuk ke Poltekkes Semarang, tentunya setelah dinyatakan lulus ujian seleksi.

Untuk bisa lulus ujian seleksi, maka anda perlu melakukan persiapan diri dengan sebaik mungkin. Persiapan yang dapat anda lakukan misalnya mempelarai materi-materi SMA terutama bidang IPA karena yang banyak diujikan adalah materi IPA.

Sebelum membahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru Poltekkes Semarang, berikut akan diberikan tata cara pendaftaran yang berlaku untuk semua jalur.

Cara Pendaftaran Poltekkes Semarang
  1. Buka website resmi pendaftaran online Poltekkes Semarang, yaitu : sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id
  2. Isi formulir pendaftaran online secara lengkap dan benar
  3. Setelah mengisi data, maka akan mendapatkan nomor booking dan nomor pembayaran
  4. Membayar biaya pendaftaran di Bank BNI dengan menunjukkan nomor booking dan nomor pembayaran.
  5. Setelah membayar di Bank, maka mendapatkan nomor PIN
  6. Gunakan PIN tersebut untuk melakukan Aktivasi pendaftaran
  7. Setelah melakukan aktivasi, selanjutnya akan mendapatkan nomor pendaftaran.
  8. Gunakan nomor pendaftaran login calon mahasiswa baru
  9. Setelah login, cetaklah berkas pendaftaran anda
  10. Selanjutnya mengirimkan berkas pendaftaran melalui pos.
  11. Alamat yang dituju yaitu alamat sesuai yang tercantum di Kartu Pendaftaran (Untuk Jalur Umum dan Mandiri), sedangkan untuk Jalur PMDP berkas pendaftaran dikirm ke Direktorat Poltekkes Semarang (Kampus I)
Itulah tata cara pendaftaran calon mahasiswa baru Poltekkes Semarang. Sekarang, langsung saja kita akan membahas jalur-jalur masuk Poltekkes Semarang.

1. Pendaftaran PMDP Poltekkes Semarang

PMDP atau Penelusuran Minat dan Prestasi adalah jalur seleksi bagi siswa-siswi berprestasi dari suatu sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan ke Poltekkes Semarang.

Jalur PMDP ini bukan hanya dibuka oleh Poltekkes Semarang, tetapi Poltekkes Negeri lainnya juga membuka jalur ini.

Dari pengertian PMDP di atas diketahui bahwa PMDP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi. Untuk siswa-siswi yang tidak berprestasi maka dapat mengikuti seleksi jalur umum atau jalur mandiri.

Informasi lain berkaitan dengan jalur PMDP dapat anda baca langsung di website resmi Poltekkes Semarang di alamat sipenmaru.poltekkes-smg.ac.id

2. Pendaftaran Jalur Umum Poltekkes Semarang

Jalur Uji Tulis (UTUL) di Poltekkes Semarang disebut juga dengan jalur umum. Jalur umum adalah jalur seleksi masuk ke Poltekkes Semarang yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis dan setelah lulus ujian tertulis kemudian mengikuti ujian kesehatan.

Jika lulus ujian tertulis dan ujian kesehatan maka dapat dinyatakan lulus seleksi masuk ke Poltekkes Semarang melalui jalur umum.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri Poltekkes Semarang

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur PMDP dan jalur Umum, Poltekkes Semarang juga menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri dibuka dengan salah satu tujuannya yaitu memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang berminat kuliah di Poltekkes Semarang. Mungkin sebelumnya calon mahasiswa tersebut telah mengikuti seleksi jalur sebelumnya tetapi tidak lulus, maka dapat mendaftar jalur mandiri ini.

4. Pendaftaran Pascasarjana Poltekkes Semarang

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Poltekkes Semarang juga menerima mahasiswa baru untuk jenjang Passcasarjana.

Poltekkes Semarang merupakan Poltekkes Negeri pertama yang menyelenggarakan pendidikan jenjang pascasarjana. Ini adalah suatu kelebihan yang dimiliki oleh Poltekkes Semarang.

Maka dari itu, jika anda ingin kuliah jenjang Pascasarjana di Poltekkes, silahkan anda masuk ke Poltekkes Semarang. Informasi pendaftaran dapat anda baca di www.poltekkes-smg.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Ayo Silahkan Baca Juga : Pendaftaran Sipenmaru Poltekkes

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Poltekkes Semarang. Semoga informasi tersebut bisa menjadi panduan bagi anda dalam mendaftar Poltekkes Semarang.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung.