Jalur Pendaftaran Kuliah PENS 2024/2025

pmb.pens.ac.id 2024 -- Pendaftaran PENS Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB PENS, Pendaftaran Maba PENS, Pendaftaran Mahasiswa Baru PENS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PENS, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana PENS, SNBP, SNBT, SIMANDIRIPENS, D4 Kerjasama, Pascasarjana, Politeknik Negeri Elekteronika Surabaya, PENS. 2026. 2027.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini yaitu tentang Jalur Pendaftaran Kuliah PENS 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi lulusan SLTA sederajat yang ingin kuliah di PENS. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau yang disingkat dengan PENS adalah Politeknik Negeri yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah didirikan pada 2 Juni 1988.

Pada saat ini, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) adalah satu-satunya Politeknik yang menerapkan program pembelajaran dengan mengkhususkan pada bidang teknik elektro. Jadi, untuk kalian yang ingin ahli dibidang elektro, maka dapat menimba ilmu di PENS.

Berikut ini daftar Program Studi yang diselenggarakan oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) :

Program Studi Jenjang Diploma 3 (D3) :
  • Teknik Elektronika
  • Teknik Telekomunikasi
  • Teknik Elektro Industri
  • Teknik Informatika
  • Teknologi Multimedia Broadcasting
  • Teknik Informatika Kampus Lamongan
  • Teknologi Multimedia Broadcasting Kampus Lamongan
  • Teknik Informatika Kampus Sumenep
  • Teknologi Multimedia Broadcasting Kampus Sumenep

Program Studi Jenjang Sarjana Terapan (D4) :
  • Teknik Elektronika
  • Teknik Telekomunikasi
  • Teknik Elektro Industri
  • Teknik Informatika
  • Teknik Komputer
  • Teknik Mekatronika
  • Sistem Pembangkit Energi
  • Teknologi Game
  • Teknologi Rekayasa Internet
  • Teknologi Rekayasa Multimedia
  • Sains Data Terapan

Program Studi Jenjang Pasca Sarjana :
  • Magister Terapan Teknik Elektro
  • Magister Terapan Teknik Informatika dan Komputer

Pendidikan Jarak Jauh :
  • PJJ Teknik Informatika
  • PJJ Teknik Telekomunikasi

Dari beberapa program studi yang diselenggarakan oleh PENS terseebut, mungkin salah satunya ada yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka oleh PENS.

Pada tahun ini, PENS kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPN, SBMPN, SIMANDIRIPENS, D4 Kerjasama PENS Akatal, LJ, dan seleksi Pascasarjana.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh PENS tersebut, maka anda dapat menyimaknya berikut ini.

A. Pendaftaran Maba PENS Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri / PTN di Indonesia.

Seleksi jalur SNBP ini didasarkan pada prestasi akademik siswa terutama yang dilihat dari nilai raport dan prestasi lain yang relevan.

Peserta yang ingin mendaftar jalur SNBP ini harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah yang mana pihak sekolah mengisi data sekolah dan data siswa yang Akan direkomendasikan di laman PDSS.

Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya siswa dapat melakukan pendaftaran SNBP dengan terlebih dahulu membuat akun SNPMB.

Untuk informasi lainnya seperti tata cara pendaftaran, laman pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan jalur SNBP, daftar Politeknik Negeri / PTN se-Indonesia , dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran Online SNBP.

B. Pendaftaran Maba PENS Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke politeknik negeri / PTN yang seleksinya dilakukan melalui tes UTBK.

SNBT dilaksanakan setelah SNBP. Jika kalian sebelumnya telah mengikuti jalur SNBP tetapi pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus, atau untuk kalian yang sebelumnya belum mengikuti jalur seleksi manapun, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SNBT.

Jalur SNBT terbuka untuk para lulusan SMA / SMK / MA / sederajat 3 tahun terakhir yang ingin mengikutinya asalkan memenuhi persyaratan dan ketentuan.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri melalui laman resminya dengan membuat akun SNPMB kemudian mengisi data hingga mencetak kartu peserta.

Untuk informasi lainnya seperti cara pendaftaran, laman pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan jalur SNBP, daftar Politeknik Negeri / PTN , dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT.

C. Pendaftaran SIMANDIRI PENS

SIMANDIRI PENS merupakan jalur seleksi mandiri yang diadakan oleh PENS untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Jalur SIMANDIRI dibuka untuk lulusan SMA / SMK / sederajat maksimal 3 tahun terakhir seperti pada jalur SNBT.

Pendaftaran SIMANDIRI secara online melalui alamat simandiri.pens.ac.id

D. Pendaftaran KIP Kuliah PENS

PENS juga merupakan salah satu Politeknik Negeri yang menyalurkan biaya bantuan pendidikan kepada calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu, biaya bantuan tersebut disebut dengan KIP Kuliah.

Pendaftaran dilakukan melalui laman resmi. Informasi selengkapnya seperti tata cara pendafaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelakanaan, serta ketentuan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

E. Pendaftaran Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) membuka Program Studi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), untuk Program Studi: D3 PJJ Teknik Informatika dan D4 PJJ Teknik Telekomunikasi. 

Pendidikan Jarak Jauh PENS dibuka untuk 3 jalur berikut :
  • PMB PJJ Reguler : untuk mahasiswa reguler
  • PMB LJ PJJ Poltekbang : untuk lanjut jenjang kerjasama dengan Poltekbang
  • PMB PJJ WNI Luar Negeri : untuk mahasiswa Indonesia yang ada di luar negeri.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat dibaca langsung pada laman https://pmb.pens.ac.id/

F. Pendaftaran Lanjut Jenjang (LJ) PENS

LJ PENS merupakan jalur lanjut jenjang yang dibuka oleh PENS untuk menerima mahasiswa lulusan dari Diploma III lanjut ke program Sarjana Terapan (D IV) di PENS.

Program Lanjut Jenjang PENS dibedakan menjadi 2, yaitu :
  • Lanjut Jenjang (LJ) Khusus Lulusan PENS
  • Lanjut Jenjang (LJ) Khusus Lulusan Non PENS

Program Lanjut Jenjang dibuka untuk lulusan 3 tahun terakhir pada jenjang D3.

Pendaftaran Lanjut Jenjang secara online di laman https://pmb.pens.ac.id/daftar/ . Informasi lainnya juga dapat diakses di laman tersebut.

G. Pendaftaran Pascasarjana PENS

Selain menerima mahasiswa jenjang Diploma, PENS juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Bagi yang berminat untuk kuliah di jenjang Pascasarjana, silahkan kuliah di PENS dengan mendaftarkan diri mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi http://pascasarjana.pens.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Jalur Pendaftaran Kuliah PENS. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan terutama yang akan kuliah di PENS.

Admin turut mendoakan semoga bisa lulus ujian seleksi melalui jalur yang diikuti. Admin juga megucapkan terima kasih untuk yang selalu setia untuk mengunjungi web ini. Sekian penutup dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang sukses sejak muda. Aamiin. Ayo turut berbagi info ini pada yang lainnya.