Jalur Pendaftaran Kuliah UNDIP 2024/2025

www.undip.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNDIP Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNDIP, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIP, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNDIP,  Registrasi Mahasiswa Baru UNDIP, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNDIP, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Online UNDIP, Penerimaan Online UNDIP, Jalur seleksi SNBP, SNBT, Ujian Mandiri (UM), Bidikmisi, Universitas Diponegoro. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNDIP 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk lulusan SLTA sederajat yang ingin mendaftar kuliah UNDIP. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Diponegoro atau yang dikenal dengan UNDIP adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi kampus Universitas Diponegoro (UNDIP) tersebar di Kota Semarang dan Jepara.

Universitas Diponegoro (UNDIP) didirikan pada 9 Januari 1957 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961. Moto dari Universitas Diponegoro (UNDIP) adalah "Become an excellent research university".

Beberapa Fakultas  dan Program Studi yang telah dibuka di Universitas Diponegoro (UNDIP) yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Kedokteran Umum, Keperawatan, Gizi, Dokter Spesialis, Magister Biomedik, Magister Ilmu Gizi, dan Magister Keperawatan.
  • Fakultas Teknik  terdiri dari Program Studi Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Perancangan Wilayah Dan Kota, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi, dan Teknik Siskom.
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan terdiri dari Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Oseanografi, Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan, dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Sains dan Matematika terdiri dari Program Studi Matematika (S1, S2), Biologi (S1, S2), Kimia (S1, S2), Fisika (S1, S2), Statistika (S1), Informatika (S1), dan Insel (D3).
  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis terdiri dari Program Studi Manajemen (S1 dan S2), IESE (S1), Akuntansi (S1), Doktor Ilmu Ekonomi (S3), MAKSI (S2), dan MIESP (S2).
  • Fakultas  Peternakan dan Pertanian. Jurusan Peternakan terdiri dari D3 MUP, S1 Peternakan, S2 MIT, dan S3 DIP. Jurusan Pertanian terdiri dari S1 Agribisnis, S1 Agroekotek, S1 Tek Pangan, dan S2 Agribisnis.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum (S1, S2, S3), dan Kenotariatan (S2).
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Magister Susastra (S2), Magister Linguistik (S2), Magister Ilmu Sejarah (S2), Sastra Inggris (S1), Sastra Indonesia (S1), Sejarah (S1), Ilmu Perpustakaan (S1), Sastra Jepang (S1), Antropologi Sosial (S1), Kearsipan (D3), Bahasa Inggris (D3), Perpustakaan dan Informasi (D3), dan Bahasa Jepang (D3)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Doktor Administrasi Publik (S3), Doktor Ilmu Sosial (S3), Magister Ilmu Administrasi (S2), Magister Ilmu Komunikasi (S2), Magister Ilmu Politik (S2), Ilmu Administrasi Publik (S1), Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi (S1), Administrasi Bisnis (S1), Hubungan Internasional (S1). Hubungan Masyarakat (D3), Pertanahan (D3), Keuangan Daerah (D3), Manajemen Pemasaran (D3), Administrasi Perkantoran (D3).
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (S1), Biostatistik dan Kependudukan (S1), Epidemiologi dan Penyakit Tropik (S1), Kesehatan Lingkungan (S1), Keselamatan dan Kesehatan Kerja (S1), Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (S1), Magister Promosi Kesehatan (S2), Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2), Magister Kesehatan Lingkungan (S2), dan Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat (S3).
  • Fakultas Psikologi terdiri dari Program Studi Psikologi.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah ada di UNDIP, mungkin ada salah satu yang menjadi minat anda. Untuk itu silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNDIP.

Pada tahun ini UNDIP membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, Ujian Mandiri (UM), PSSB D3, UM D3, UM Pasca, dan KIP Kuliah. Ayo simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNDIP Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi di sekolah. Hanya siswa-siswa yang berprestasi yang mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP.

Untuk siswa-siswi yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SNBP, silahkan mengikuti seleksi jalur lainnya seperi jalur SNBT atau UM Mandiri UNDIP.

Pada jalur SNBP ini seleksinya dilakukan melalui hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Dengan kata lain bahwa jalur SNBP adalah jalur seleksi masuk ke PTN tanpa tes tertulis.

Untuk bisa mendaftar dan mengikuti SNBP, maka harus memahami alur pendaftaran SNBP sejak awal hingga akhir.

Calon peserta yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Calon peserta yang telah direkomendasikan harus melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Keterangan lengkap mengenai SNBP dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP. Pada artikel tersebut telah diuraikan penjelasan mengenai laman pendaftaran, persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNDIP Jalur SNBT

Seperti SNBP, SNBT juga merupakan jalur seleksi nasional. Bedanya kalau jalur SNBP diperuntukkan khusus bagi siswa berprestasi, sedangkan jalur SNBT diperuntukkan bagi siswa berprestasi, siswa berkemampuan sedang ataupun siswa berkemampuan rendah.

Jadi SNBT diperuntukkan bagi semua siswa yang ingin mendaftarkan diri, tidak melihat apakah siswa tersebut pintar atau tidak.

UNDIP adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut membuka jalur SNBT. Seperti yang dijelaskan di website resminya bahwa SNBT adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Bagi kalian yang sebelumnya telah mengikuti SNBP tetapi dinyatakan tidak lulus seleksi, atau bagi kalian yang memang belum mengikuti jalur seleksi manapun, maka bisa mencoba mengikuti seleksi jalur SNBT.

Pendaftarannya dilakukan sendiri secara online dengan mengaKses laman resminya untuk mEngisi data online.

Keterangan penting lainnya mengenai SNBT seperti biaya pendaftaran dan cara membayarnya, laman pendaftaran, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya. dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNDIP

UNDIP adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Sebelumnya, KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi. Namun karena adanya kebijakan baru, maka nama Bidikmisi pun ikuti diubah dan kini menjadi KIP Kuliah.

Bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi namun juga calon mahasiswa tersebut memiliki potensi akademik baik selama menempuh pendidikan di jenjang SLTA.

Untuk mendaftar KIP Kuliah, maka dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Apabila mengalami kesulitan, maka bisa meminta bantuan dan arahan pada pihak sekolah untuk mendaftarkan kalian.

Untuk penjelasan lainnya mengenai KIP Kuliah seperti persyaratan KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab KIP Kuliah, dan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah

4. Pendaftaran UM Mandiri UNDIP

UM Mandiri UNDIP merupakan jalur seleksi mandiri yang secara khusus diselenggarakan secara lokal untuk menyeleksi calon mahasiswa baru masuk ke UNDIP. Penanggungjawab seleksi UM Mandiri adalah Rektor Universitas Diponegoro. Biaya Pendaftaran untuk seleksi UM Mandiri UNDIP ditanggung oleh calon peserta.

Ada beberapa jalur UM mandiri yang dibuka oleh UNDIP, diantaranya adalah Seleksi Mandiri S1, Seleksi Mandiri  D3, Seleksi  Mandiri Pasca, dan Seleksi Dokter Spesialis (PPDS). Berikut informasi selengkapnya.

a. Pendaftaran Seleksi Mandiri Diploma-III UNDIP

Jalur seleksi D-III UNDIP terdiri dari jalur PSSB dan jalur UM-DIII. Berikut informasinya.
  • Jalur PSSB atau Program Seleksi Siswa Berpotensi Akademik merupakan jalur seleksi untuk program Diploma III yang diperuntukkan bagi siswa-siswa yang memiliki prestasi yang unggul saat masuk di tingkat SMA / sederajat. Pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Januari.
  • Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma III) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk masuk ke program diploma III UNDIP. Pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Juli

b. Pendaftaran Seleksi Mandiri Sarjana UNDIP

Jalur seleksi mandiri S1 atau yang biasa disebut UM Mandiri S1 adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di UNDIP. Pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Mei.

c. Pendaftaran Seleksi Mandiri Pascasarjana UNDIP

Untuk anda yang akan masuk ke Program Pascsarjana (S2/S3) UNDIP, maka harus mengikuti seleksi jalur mandiri pascasarjana yang seleksinya berupa ujian tertulis. Pelaksanaannya dilakukan dalam 2 gelombang. Bagi anda yang tidak lulus gelombang 1, maka bisa mengikuti seleksi gelombang 2. Informasi pendaftaran Program Pascasarjana dapat dilihat di www.pasca.undip.ac.id

d. Pendaftaran Seleksi Mandiri PPDS UNDIP

Untuk seleksi masuk ke Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) UNDIP, maka harus mengikut seleksi ujian yang dilakukan dalam 1 gelombang di Semester ganjil dan Semester Gasal melalui Jalur Ujian Mandiri PPDS.

Penting!!! Semua informasi mengenai jalur seleksi mandiri UNDIP (D3, S1, S2, S3) dapat anda lihat pada website resminya. Pendaftaran jalur seleksi mandiri dilakukan secara online di website : um.undip.ac.id

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNDIP. Silahkan anda pilih jalur seleksi yang anda minati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNDIP.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNDIP yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi UNDIP. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat. Terima kasih telah membaca artikel ini, sekian dan salam sukses.