Jalur Pendaftaran Kuliah UNTAN 2024/2025

scmb.untan.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNTAN Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNTAN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTAN, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTAN, Registrasi Mahasiswa Baru UNTAN, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNTAN, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Online UNTAN, Penerimaan Online UNTAN, SCMB UNTAN, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, PPs UNTAN, Universitas Tanjungpura. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi mengenai tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNTAN 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan untuk kalian dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNTAN. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Tanjungpura atau disingkat dengan UNTAN adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Pontianak, Indonesia. 

Universitas Tanjungpura (UNTAN) telah didirikan pada 20 Mei 1959. Salah satu ciri Universitas Tanjungpura (UNTAN) adalah adanya Tugu Digulis atau yang disebut juga sebagai Bundaran UNTAN yang berada di bagian depan kampus.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Tanjungpura (UNTAN), yaitu :
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi,
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Manajemen Agribisnis, Agroteknologi, Sosial Ekonomi Pertanian, Budidaya Tanaman Perkebunan, Ilmu Teknologi Pangan, Peternakan, Ilmu Tanah, Manejemen Sumber Daya Perairan,
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Elektro S1, Teknik Informatika S1, Teknik Industri S1, Teknik Sipil S1, Arsitektur S1, Teknik Lingkungan S1, Teknik Mesin S1, Teknik Kimia S1, Teknik Kelautan S1, Teknik Pertambangan S1, Perencanaan Wilayah dan Kota S1, Teknik Sipil S2, Teknik Elektro S2
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari Program Studi Sosiatri, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Ilmu Sosiologi, Administrasi Perkantoran, Antropologi Sosial, Hubungan internasional, Komunikasi.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan PGSD, Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia dan Daerah, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Mandarin, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan PG-PAUD, Pendidikan Biologi.
  • Fakultas Kehutanan terdiri dari Program Studi Kehutanan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Matematika, Statistik, Fisika, Geofisika, Ilmu Kelautan, Kimia, Biologi, Sistem Komputer, Sistem Informasi
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Kedokteran, Farmasi, Keperawatan

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang anda di UNTAN yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UNTAN.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIMAL dengan mengikuti jalur seleksi masuk UNTAN, yaitu jalur SNBP, SNBT, SCMB UNTAN, dan PPs UNTAN.

Langsung saja kita akan membahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru UNTAN tersebut. Simak berikut ini.

I. Pendaftaran UNTAN Jalur SNBP

UNTAN adalah salah satu Universitas Negeri yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP. Perlu diketahui bahwa SNBP adalah jalur seleksi yang dilakukan tanpa ujain tertulis. 

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa serta prestasi lain yang mendukung.

Jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa - siswi yang akan lulus pada tahun ini dan berprestasi yang ditunjukkan secara konsisten.

Rekomendasi kepala sekolah menjadi langkah awal dari rangkaian proses pendaftaran SNBP ini. Siswa yang telah direkomendasikan dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.

Untuk informasi lainnya mengenai SNBP dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP yang mana kalian dapat menemukan informasi berupa persyaratan, jadwal, biaya, laman pendaftaran, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

II. Pendaftaran UNTAN Jalur SNBT

Selain SNBP, UNTAN juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBT.

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil  tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat bisa mendaftar di jalur SNBT ini tentunya dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online dengan mengisi formulir di laman resminya hingga mencetak kartu peserta.

Untuk informasi lengkap mengenai SNBT silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci mengenai biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, laman pendaftaran, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya.

III. Pendaftaran KIP Kuliah UNTAN

KIP Kuliah atau yang memiliki kepanjangan nama Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah pengganti dari Bidikmisi yang merupakan pemberian bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki potensi akademik baik.

Calon mahasiswa yang demikian berpeluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah dengan catatan dapat memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara online melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci informasi berupa cara mendaftar KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain-lain.

IV. Pendaftaran Seleksi Mandiri UNTAN

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional di atas, UNTAN juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri yang disebut dengan SCMB UNTAN.

Jalur mandiri ini diselenggarakan secara lokal oleh UNTAN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di UNTAN. Untuk bisa mendaftar, maka anda harus memenuhi persyaratan berikut

Persyaratan Umum
  1. Bagi yang memilih Program Reguler A : Lulusan SMA sederajat  atau yang setara / paket C, yang memiliki rapor sampai kelas XII untuk lulusan 3 tahun terakhir.
  2. Bagi yang memilih Program Reguler B : Program Studi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Sistem Komputer, Farmasi dan Keperawatan Lulusan SMA/MA untuk 4 tahun terakhir
  3. Bagi yang memilih Program Reguler B Selain Program Studi tersebut pada No. 2 tahun lulusan tidak dibatasi.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di UNTAN.

Persyaratan Khusus
  1. Calon Peserta hanya boleh memilih dua program studi pada setiap kelompok ujian.
  2. Bagi calon peserta yang memilih program studi pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan minimal 160 cm untuk pria.
  3. Bagi calon peserta yang memilih Program Studi Pend. Biologi, Pend. Fisika, Pend. Kimia, Biologi, Fisika, Kimia, Sistem Komputer, Farmasi dan Keperawatan harus menyerahkan surat keterangan bebas buta warna dari Dokter Spesialis.
  4. Bagi calon peserta yang memilih program studi Ilmu Hukum Reguler B diwajibkan mengikuti tes wawancara.
  5. Program Studi Pendidikan Dokter, hanya menerima calon mahasiswa yang berasal dari SMA/MA jurusan IPA
  6. Bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter diwajibkan mengikuti tes psikologi dan tes kesehatan setelah ujian tulis dilaksanakan

Tata Cara Pendaftaran
  1. Calon peserta mengakses website http://scmb.untan.ac.id untuk mencetak KAP dan PIN
  2. Bawa hasil cetakan KAP saat membayar biaya pendaftaran pada Bank Kalbar
  3. Setelah membayar biaya seleksi, silahkan akses kembali alamat http://scmb.untan.ac.id untuk melengkapi biodata lengkap serta mencetak Kartu Bukti Peserta (KBP)
  4. Calon Peserta wajib datang melihat Lokasi Ujian, Ruang dan tempat duduk ujian sesuai yang tertera pada Kartu Bukti Peserta (KBP) satu hari sebelum pelaksanaan Ujian.
  5. Calon peserta siap mengikuti ujian Seleksi Mandiri

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi alamat web resmi UNTAN sambil membuka halaman ini sebagai panduannya.

V. Pendaftaran Pascasarjana UNTAN

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UNTAN, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi masuk PPs UNTAN yang dibuka. Persiapkan juga persyaratan yang diminta serta persipakna diri anda untuk menghadapi ujian yang akan diberikan. Info lebih lanjut silahkan baca di pascasarjana.untan.ac.id

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNTAN. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNTAN.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNTAN yang dapat anda bagikan kepada anda. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki. 

Ayo bantu bagikan juga artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa UNTAN dapat terwujudkan, dan juga semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.