Jalur Pendaftaran Kuliah UNRI 2024/2025

www.unri.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNRI Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB UNRI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRI, Registrasi Mahasiswa Baru UNRI, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNRI, Pendaftaran KIP Kuliah,  Pendaftaran Online UNRI, Penerimaan Online UNRI, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, PPs UNRI, Universitas Riau (UNRI). 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNRI 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Riau yang biasa disingkat UNRI atau UR adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di kota Pekanbaru yang kampusnya beralamatkan di Kampus Bina Widya, Jl. HR Subantas KM 12,5 , Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia.

Universitas Riau (UNRI) didirikan pada 25 September 1962. Pada mulanya Universitas Riau ini merupakan yayasan yang dibangun oleh masyarakat dan pemerintah daerah Riau. Universitas Riau sekarang menjadi salah satu universitas yang terkemuka di Indonesia.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Riau (UNRI), yaitu :

Fakultas dan Prodi jenjang Diploma dan Sarjana
  • Fakultas Kedokteran : S1 Pendidikan Dokter
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : S1 Administrasi Negara, S1 Administrasi Niaga, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Sosiologi, S1 Ilmu Komunikasi, D4 Pariwisata
  • Fakultas Teknik : S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Arsitektur, S1 Teknik Informatika, D3 Teknik Sipil, D3 Teknik Kimia, D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Elektro
  • Fakultas Hukum : S1 Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi : S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Pembangunan, D3 Akuntansi, D3 Perpajakan
  • Fakultas Pertanian : S1 Agroteknologi, S1 Agribisnis, S1 Teknologi Hasil Pertanian, S1 Kehutanan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam : S1 Matematika, S1 Fisika, S1 Kimia, S1 Biologi, S1 Sistem Informasi, D3 Manajemen Informatika, D3 Kimia Terapan.
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan : S1 Teknologi Hasil Perikanan, S1 Sosial Ekonomi Perikanan, S1 Manajemen Sumberdaya Perairan, S1 Budidaya Perairan, S1 Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, S1 Ilmu Kelautan.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Jepang, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Sejarah, S1 Pendidikan Luar Sekolah, S1 Pendidikan Konseling, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Pendidikan Anak Usia Dini, S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
  • Program Studi Ilmu Keperawatan : S1 Ilmu Keperawatan

Program Pascasarjana UNRI
  • S3 Ilmu Lingkungan, S2 Ilmu Lingkungan, Manajemen Strata Dua, Magister Sosiologi, Ilmu Administrasi, Ilmu Politik, Magister Akuntansi, Magister Kimia, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Agribisnis, Magister Ilmu Pertanian, Magister Matematika, Magister Teknik Sipil, Magister Teknik Kimia, Magister Ilmu Kelautan, Magister Ilmu Hukum, Magister Fisika, Magister ILmu Ekonomi, Magister Pendidikan Ekonomi

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNRI

Pada tahun ini UNRI membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, Jalur Mandiri, dan KIP Kuliah. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran UNRI Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi masuk ke PTN yang dilakukan tanpa tes. Jalur ini seleksinya dilakukan dengan didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Dengan kata lain bahwa jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa - siswi berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya tersebut.

Untuk mendaftar SNBP, maka harus mengikuti alur pendaftarannya dari awal hingga akhir sesuai dengan ketentuan dari panitia.

Pendaftaran SNBP diawali dari rekomendasi kepala sekolah dengan mengisi data di PDSS. Setelah direkomendasikan, calon peserta melanjutkan pendaftaran sampai selesai.

Untuk informasi lainnya mengenai SNBP dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP yang mana kalian dapat menemukan informasi berupa persyaratan mendaftar SNBP, jadwal pendaftaran SNBP, cara mendaftar SNBP, biaya pendaftaran SNBP, dan lain sebagainya.

B. Pendaftaran UNRI Jalur SNBT

Jalur seleksi nasional berikutnya yang dibuka setelah SNBP adalah jalur SNBT. Jalur SNBT juga merupakan jalur favorit selain dari SNBP.

Perlu kalian ketahui bahwa jalur SNBT ini berbeda dengan SNBP. Pada jalur SNBP hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SNBT tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

SNBT adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui tes, serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Keterangan lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan SNBT, jadwal pendaftaran dan pengumuman SNBT, biaya SNBT, dan lain sebagainya.

C. Pendaftaran KIP Kuliah UNRI

KIP Kuliah atau yang memiliki kepanjangan nama Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah pengganti dari Bidikmisi yang merupakan pemberian bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki potensi akademik baik.

Calon mahasiswa yang demikian berpeluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah dengan catatan dapat memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara online melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci informasi berupa cara mendaftar KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain-lain.

D. Pendaftaran PBUD / PBM UNRI

Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) / Penelurusan Bakat dan Minat (PBM) Universitas Riau merupakan jalur undangan lokal yaitu jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi seluruh lulusan SLTA (SMA/MA/SMK) yang ingin mendaftar di Universitas Riau dan mendapat undangan dari UNRI.

Alur Pendaftaran PBUD
  1. Kepala Sekolah mendaftarkan profil sekolah dan kepala sekolah di http://pbud.unri.ac.id/
  2. Kepala Sekolah mendaftarkan siswanya dan mengisi data prestasi akademik (nilai raport siswa)
  3. Kepala Sekolah mencetak nomor pendaftaran siswa dan memberikannya pada siswa
  4. Siswa melakukan pembayaran di BNI dengan menunjukkan nomor pendaftaran
  5. Pembayaran bisa dilakukan melalui : Teller, ATM, Internet Banking
  6. Siswa melengkapi biodata. Baca terlebih dahulu petunjuk pengisian data
  7. Siswa mencetak surat pernyataan 2 rankap dan serahka pada Kepala Sekolah
  8. Kepala Sekolah menyerahkan surat pernyataan siswa dengan surat pengantar ke BAAK Rektorat Lt. 1  Universitas Riau Kampus Bina Widya KM 12,5 Panan Pekanbaru

Informasi lainnya mengenai biaya pendaftaran, jadwal atau hal lain yang ingin anda ketahui dapat anda baca pada alamat : http://pbud.unri.ac.id/

E. Pendaftaran UM Mandiri UNRI 

UM Mandiri UNRI atau Ujian Masuk Mandiri Universitas Riau adalah jalur seleksi mandiri yang diadakan secara lokal oleh panitia seleksi dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana di Universitas Riau (UNRI).

Seleksi jalur UM Mandiri UNRI dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Persiapkan diri anda sebaik mungkin agar harapan anda untuk lulus seleksi bisa terwujudkan.

Jalur UM UNRI dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru lulusan dari SLTA (SMA / MA / SMK) lanjut ke Diploma 3 atau Sarjana (S1), lulusan S1 lanjut ke S2, serta lulusan S2 lanjut ke S3 di Universitas Riau. Selain itu ada pula Program Tranfer dari D3 ke S1. 

Pendaftaran dilakukan melalui 3 tahap yaitu Tahap 1 untuk pengambilan Kode Bayar, Tahap 2 untuk Pembayaran biaya pendaftaran di  Bank dan Tahap 3 yaitu Pendaftaran Online oleh calon mahasiswa. Untuk informasi lainnya yang anda butuhkan dapat dibaca pada alamat : http://um.unri.ac.id/

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNRI Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNRI.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNRI yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNRI dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNRI. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat.