Jalur Pendaftaran Kuliah UNJ 2024/2025

penmaba.unj.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNJ Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNJ, Penmaba UNJ, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNJ, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNJ, Pendaftaran Online UNJ, Penerimaan Online UNJ, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Pendaftaran Maba Universitas Negeri Jakarta, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi untuk anda tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNJ 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan maksud agar dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Negeri Jakarta atau disingkat dengan nama UNJ adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota jakarta, tepatnya di Jl. Rawamangun Muka, Pulogadung, Jakarta Timur, Indonesia. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) didirikan pada 16 Mei 1964.

Saat ini ada beberapa Fakultas dan Program Studi yang telah diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ), baik untuk jenjang Diploma, Sarjana, Magister, maupun Doktor. Berikut informasi selengkapnya.

Fakultas dan Program Studi jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana di Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • FIP terdiri dari Program Studi Psikologi, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, PAUD, Bimbingan Konseling, PGSD.
  • FBS terdiri dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Arab , Pendidikan Seni Musik, Pendidikan Bahasa Jepang, dan Pendidikan Bahasa Mandarin.
  • FMIPA terdiri dari Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimia , Biologi, an Sistem Komputer
  • FIS terdiri dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Ilmu Agama Islam, Pendidikan Sosiologi, Sosiologi Pembangunan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Hubungan Masyarakat, Usaha Jasa Pariwisata.
  • FT terdiri dari Program Studi Pendidikan Teknik ELektro, Pendidikan Teknik ELektronika, Pendidikan Teknik Informasi dan Komputer, Teknik Elektronika, Pendidikan Teknik Mesin, Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Bangunan, Teknik Sipil, Transportasi, Pendidikan Tata Boga, Tata Boga, Pendidikan Tata Busana, Tata Busana, Pendidikan Tata Rias, Tata Rias, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.
  • FIK terdiri dari Program Studi Pendidikan Jasmani, Pendidikan Kepelatihan, Ilmu Keolahragaan, Konsentrasi Olahraga Rekreasi, Konsentrasi Kepelatihan Kecabangan Olahraga
  • FE Pendidikan Ekonomi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Tata Niaga, Manajemen, Akuntansi, Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Sekretari.

Dari banyaknya Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNJ.

Pada tahun ini UNJ kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri (Penmaru UNJ). Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNJ Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan penilaian portofolio akademik.

Dengan kata lain bahwa jalur SNBP adalah jalur seleksi masuk ke PTN tanpa tes tertulis. 

Hanya siswa yang berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya yang bisa mendaftar dan mengikuti jalur SNBP.

Calon peserta yang akan mendaftar harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Calon peserta yang telah direkomendasikan harus melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Keterangan lengkap mengenai SNBP dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP. Pada artikel tersebut telah diuraikan penjelasan mengenai persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNJ Jalur SNBT

Jalur seleksi nasional berikutnya yang dibuka setelah SNBP adalah jalur SNBT. Jalur SNBT juga merupakan jalur favorit selain dari SNBP.

Peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur seleksi SNBP atau yang sudah mengikuti seleksi SNBP tetapi tidak lulus, maka bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi SNBT.

Jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini di jenjang SLTA sederajat. Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SNBT, maka harus mengetahui alur pendaftarannya dari tahap awal hingga tahap akhir.

Keterangan lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNJ

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi. Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

UNJ merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah, jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran UNJ Jalur Mandiri

Jalur mandiri UNJ adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggakan secara lokal oleh panitia dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan tujuan memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Seleksi jalur mandiri diadakan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Jalur mandiri UNJ disebut juga dengan Penmaba UNJ. Ada beberapa jalur seleksi penmaba UNJ yang dibuka, diantaranya adalah jalur alih jenjang, seleksi Mahasiswa Pindahan, seleksi mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri Lain, Mahasiswa UNJ yang Putus Kuliah. 

Proses Pendaftaran Penmaba UNJ
  1. Membuat akun di situs penmaba.unj.ac.id dengan mengisi form isian Buat Akun Saya. Gunakan alamat e-mail dan no.hp aktif karena akan digunakan.
  2. Masuk ke dalam sistem dengan cara login di situs penmaba.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah di daftarkan sebelumnya.
  3. Memilih Jenis Kelompok Ujian dan Program Studi. Anda dapat memilih Kelompok : IPA, IPS, IPC, dan AP. Kemudian Anda memilih program studi sesuai dengan yang anda inginkan. terdapat keterangan berapa total biaya tagihan yang harus Anda bayar. Anda dapat merubah pilihan-pilihan tersebut sampai anda yakin dengan pilihan Anda. Jika anda sudah yakin tekan tombol simpan. Setelah Anda menekan tombol simpan, Anda tidak dapat merubah pilihan, dan masuk ke tahapan selanjutnya.
  4. Cetak tagihan. Anda akan diberikan slip tagihan dalam bentuk dokumen pdf. Pada dokumen tersebut, terdapat id tagihan yang dapat anda gunakan untuk melakukan pembayaran melalui Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda (cara pembayaran harap di lihat pada Tab ke 4 "Cara Pembayaran"). Harap diperhatikan, setelah Anda mencetak tagihan, Anda diberi waktu paling lambat 3 hari untuk melakukan pembayaran. Jika Anda tidak melakukan pembayaran, Anda diharuskan melakukan kembali proses pemilihan kelompok ujian.
  5. Download dan cetak Slip Pembayaran pada tahapan nomor 4 yang berisi Nomor Pembayaran dan Nominal yang harus dibayarkan untuk digunakan pada saat pembayaran.
  6. Keluar dari sistem dengan klik tombol Logout.
  7. Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan Nominal yang tertera pada Slip Pembayaran di Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat Anda.
  8. Masuk ke dalam sistem, login di situs penmaba.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  9. Upload foto untuk dicetak di kartu ujian. Gunakan foto formal berwarna dengan latar belakang warna merah dengan ukuran maksimal 500kb dengan format .jpg
  10. Mencetak kartu Ujian Peserta Penmaba UNJ
  11. Disarankan untuk melakukan survei lokasi dua atau tiga hari sebelum ujian dilaksanakan.
  12. Mengikuti seluruh ujian Penmaba UNJ pada tanggal yang telah di tentukan.

Informasi Penmaba UNJ bisa dilihat melalui alamat penmaba.unj.ac.id.

5. Pendaftaran Program Pascasarjana UNJ

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke Program Pascasarjana UNJ, silahkan daftarkan diri anda secara online melalui alamat pps.unj.ac.id. Berikut beberapa persyaratan pendaftaran yang harus anda penuhi sebagai calon mahasiswa baru jenjang S2 atau S3 UNJ.

Persyaratan Pendaftaran Untuk Calon Mahasiswa S2
  • Memiliki ijazah S1 di bidang pendidikan maupun non-kependidikan dari Perguruan Tinggi Terakreditasi atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah diakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI
  • Memiliki Indeks Prestasi minimum 2,75
  • Lulus seleksi yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Calon Mahasiswa.

Persyaratan Pendaftaran Untuk Calon Mahasiswa S3
  • Memilki ijazah S2 atau setara di bidang pendidikan maupun non-kependidikan dari Perguruan Tinggi Terakreditasi atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang ijazahnya telah diakreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI
  • Memiliki Indek Prestasi minimum 3,00
  • Lulus seleksi yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Calon Mahasiswa

Cara Pendaftaran
  • Calon mahasiswa yang berminat dapat mengisi Formulir Pendaftaran di Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta dan mengirimkan kembali ke TU PPs UNJ atau via email: tu.pps@unj.ac.id
  • Menyerahkan Berkas Persyaratan yang berisi:
    • Mengisi Formulir Pendaftaran
    • Pas Photo ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar
    • Foto kopi ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir oleh Perguruan Tinggi yang mengeluarkan
    • Bagi lulusan luar negeri foto kopi ijazah yang telah dilegalisir melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi; dan
    • Bagi yang mendaftar lewat email harap Berkas Persyaratan diserahkan paling lambat tiga hari sebelum ujian seleksi dilaksanakan.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNJ. Silahkan anda pilih jalur seleksi yang anda minati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNJ

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNJ. yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus dan diterima menjadi mahasiswa baru UNJ. Ayo turut berbagi info ini pada teman lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses untuk semua.