Pendaftaran UM PTKIN 2024/2025 (Syarat, Jadwal, Alur, Daftar PTKIN, Dll)

um.ptkin.ac.id 2024  -- Pendaftaran UM PTKIN, PMB jalur UM-PTKIN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN, Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN, Cara Pendaftaran UM-PTKIN, Info Pendaftaran UM-PTKIN, Panduan Pendaftaran UM-PTKIN, Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis (UM-PTKIN), Pendaftaran UM-PTKIN Online, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UM PTKIN 2024/2025 (Syarat, Jadwal, Alur, Daftar PTKIN, Dll). Informasi yang akan dibahas pada artikel ini diantaranya adalah persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, jadwal pelaksanaan, dan hal-hal terkait lainnya. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.


Beberapa jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri diantaranya adalah jalur SPAN-PTKIN, jalur UM-PTKIN, dan jalur mandiri. Jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah jalur UM-PTKIN.

Sedikit informasi bahwa ada sebagian orang yang menyebut jalur ujian tertulis masuk PTKIN dengan sebutan UM-PTAIN dan ada pula yang menyebutnya dengan UM-PTKIN. Kedua kata tersebut memiliki makna yang sama. Oleh karena itu, agar kita memiliki kesamaan pemahaman, kita disini menggunakan kata “UM-PTKIN” saja.

UM-PTKIN atau yang memiliki kepanjangan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

UM-PTKIN ini diadakan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru untuk masuk ke PTKIN melalui ujian tertulis. Oleh karena itu setiap peserta harus mengikuti ujian tertulis tersebut dan bisa dilakukan di PTKIN terdekat dengan tempat tinggal anda.

Ingatlah bahwa pesaing anda sangat banyak. Oleh karena itu, untuk bisa lulus ujian tertulis UM-PTKIN, anda harus melakukan persiapan dengan sebaik mungkin. Anda bisa belajar dari sekarang selagi waktu masih ada. Jangan sia-sia kan waktu yang masih ada ini.

Gunakanlah waktu untuk terus belajar setiap hari. Semoga dengan usaha yang anda lakukan saat ini akan membawa keberhasilan berupa lulus seleksi ujian tertulis UM-PTKIN. Aamiin.

Informasi selengkapnya mengenai pendaftaran UM-PTKIN akan admin jelaskan secara detail berikut ini. Bacalah dengan cermat, teliti dan jangan sampai ada kata yang terlewatkan. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Untuk bisa mendaftar, maka anda harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan sebelumnya oleh panitia UM-PTKIN. Berikut persyaratan selengkapnya.

A. Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Peserta yang berhak mendaftar adalah siswa pada Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / SPM / PDF / PKPPS / sederajat lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024.
    • Peserta lulusan tahun 2022 dan 2023 wajib memiliki Ijazah / Surat Keterangan Lulus (SKL), 
    • Peserta lulusan 2024 wajib memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL) / Pengumuman Lulus / KTP / Kartu Siswa.
  2. Peserta wajib memiliki:
    • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
    • Email yang aktif dan dapat dihubungi;
    • Nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.

Setelah anda memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran di atas, selanjutnya anda perlu membaca alur pendaftaran UM-PTKIN agar anda bisa mengikuti proses pendaftaran dengan lancar. Berikut alur selengkapnya.

B. Alur Pendaftaran UM-PTKIN
1. Pendaftaran dilakukan online mellaui laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
  1. Daftar Akun
    • Calon peserta bisa login menggunakan akun SPAN PTKIN, atau bagi yang belum memiliki akun dapat memilih "Daftar Akun"
  2. Isi Data
    • Masukkan NISN, tanggal lahir, nomor WA dan email aktif.
  3. Password
    • Password akun akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan
  4. Login
    • Login dengan NISN dan password yang telah didapatkan, kemudian lengkapi formulir online yang tersedia
  5. Cetak Invoice
    • Cetak invoice tagihan pembayaran
  6. Pembayaran
    • Lakukan pembayaran sesuai tagihan melalui moteode pembayaran yang tersedia

2. Pemilihan Program Studi, Pemilihan Titik Lokasi Ujian, Cetak Kartu Ujian, Ujicoba, dan Ujian SSE UM-PTKIN dilakukan online melalui laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
  1. Login
    • Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kembali lagi ke laman https://um.ptkin.ac.id
  2. Unggah Foto
    • Unggah file foto berwarna dengan ukuran sesuai ketentuan
  3. Pilih Prodi
    • Calon peserta dapat memilih maksimal 3 program studi. Urutan pemilihan menunjukkan prioritas
  4. Titik Lokasi Ujian
    • Calon peserta memilih tiitk lokasi ujian
  5. Cetak Kartu
    • Cetak kartu peserta ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal
  6. Mengikuti Ujicoba dan Ujian UM PTKIN
    • Ikuti ujicoba dan ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal yang tertera di kartu ujian

                  Lebih rinci baca di : Tata Cara Pendaftaran UM PTKIN

                  C. Biaya Pendaftaran UM-PTKIN

                  Mengenai biaya pendaftaran UM-PTKIN bahwa besarnya biaya pendaftaran UM-PTKIN yang harus dibayar oleh setiap calon peserta UM-PTKIN sebesar Rp. 200.000,00 yang dibayar melalui Bank Bank BNI

                  Setelah membayar biaya pendaftaran UM-PTKIN, selanjutnya anda bisa melakukan pendaftaran UM-PTKIN secara online. Berikut tata cara pendaftarannya.

                  D. Ketentuan Pilihan PTKIN dan Program Studi pada UM-PTKIN

                  Berikut beberapa ketentuan yang perlu dperhatikan saat memilih PTKIN, kelompok program studi, jumlah pilihan dan lokasi ujian :
                  • Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) PTKIN
                  • Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi
                  • Urutan pilihan menyatakan prioritas pilihan. Untuk itu, letakkan pada pilihan pertama untuk PTKIN dan program studi yang sangat diminati.

                  E. Materi ujian UM-PTKIN

                  1. Penalaran Akademik (PA) mengukur kemampuan potensi calon mahasiswa yang dapat menghantarkan penyelesaian dan keberhasilan studi di jenjang strata satu. TPA terdiri atas:
                  • Penalaran Verbal berupa kemampuan pemahaman berbahasa secara tertulis dan ketrampilan bahasa yang berdasarkan struktur dan aturan bahasa baik dalam kata, kalimat, maupun narasi;
                  • Penalaran Gambar berupa kemampuan dalam menvisualisasikan dan memahami objek atau simbol secara abstrak. Penalaran gambar sangat cocok untuk memprediksi kreativitas calon mahasiswa;
                  • Penalaran Kuantitatif berupa kemampuan menerapkan konsep hitungan, logika angka, simbol numerical dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah. Konteks dalam tes penalaran “gambar” bersifat umum, sedangkan konteks dalam penalaran “verbal” dikaitkan dengan aspek-aspek dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi masalah keindonesiaan, keislaman, sains dan teknologi, Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan bisnis, dan seni budaya dan olah raga.

                  2. Penalaran Matematika mengukur kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis isi bacaan sederhana dengan menggunakan penalarannya guna memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui penerapan konsep, prosedur dan fakta dalam matematika. Bacaan tersebut dielaborasi melalui beragam representasi (grafik/ tabel/bagan atau representasi lainnya) untuk memprediksi dan/atau mengambil keputusan yang dibutuhkan mereka sebagai bekal dalam menghadapi tuntutan hidup abad ke-21.

                  3. Literasi membaca mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks sosio humaniora dan konteks sains serta jenis teks Bahasa Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu yang moderat dan unggul sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif dan proporsional.

                  4. Literasi Ajaran Islam mengukur kemampuan memahami, menerapkan dan menganalisis materi ajaran Islam meliputi Al-Quran, Hadis, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam dalam konteks personal, masyarakat, global dan moderasi untuk mewujudkan masyarakat madani. Penguasaan literasi ajaran Islam ini sangat penting untuk menanamkan kepribadian yang baik dan memperkuat iman serta mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan individu sehari-hari maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

                  F. Tipe Ujian UM-PTKIN
                    Tipe ujian hanya terdiri dari satu tipe ujian yaitu : Sistem Seleksi Elektronik (SSE), ialah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. SSE ini tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

                    G. Kriteria Penerimaan UM-PTKIN

                    Calon peserta UM-PTKIN yang akan dinyatakan lulus seleksi dan diterima di PTKIN penerima adalah peserta yang memenuhi kriteria sebagai berikut :
                    1. Telah lulus satuan pendidikan menengah atas (SMA / MA / Pesantren Mu`adalah / Sederajat)
                    2. Lulus seleksi UM-PTKIN tahun ini
                    3. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN.
                    4. Melakukan Pendaftaran Ulang pada PTKIN Penerima.
                    5. Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran di PTKIN

                    H. Jadwal UM-PTKIN 2024 update
                    • Pendaftaran / Pembayaran : 06 Mei 2024 pukul 08.00 WIB - 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
                    • Finalisasi Pendaftaran : 06 Mei 2024 pukul 08.00 WIB - 19 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
                    • Cetak Kartu Peserta Ujian SSE UM-PTKIN : Dimulai pada 29 Juni 2024 pukul 15.00
                    • Pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN : 24 Juni - 04 Juli 2024
                    • Pengumuman : 17 Juli 2024

                    I. Daftar Nama PTKIN pada UM-PTKIN

                    Agar anda bisa mengetahui daftar PTKIN se-Indonesia yang telah tergabung dalam UM-PTKIN, maka disini admin akan memberikan daftar lengkapnya. Dafta PTKIN terbagi ke dalam 6 wilayah. Berikut daftar selengkapnya.

                    PTKIN Zona I
                    1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sumatera Utara Medan
                    2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sultan Syarif Kasim Riau
                    3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Ar-Raniry Banda Aceh
                    4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Imam Bonjol Padang
                    5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
                    6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Padangsidimpuan
                    7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bukittinggi
                    8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Malikussaleh Lhokseumawe 
                    9. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Batusangkar
                    10. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Gajar Putih Takengon Aceh Tengah
                    11. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Bangkelis
                    12. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
                    13. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Sultan Abdurrahman
                    14. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Mandailing Natal

                    PTKIN Zona II
                    1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Raden Fatah Palembang
                    2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Raden Intan Lampung
                    3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
                    4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bengkulu
                    5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kerinci Jambi
                    6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Curup
                    7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Metro Lampung
                    8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

                    PTKIN Zona III
                    1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
                    2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Gunung Djati Bandung
                    3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
                    4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon
                    5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Pontianak
                    6. Pendaftaran UM-PTKIN UNSIKA

                    PTKIN Zona IV
                    1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
                    2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Walisongo Semarang
                    3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Surakarta
                    4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Purwokerto
                    5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Salatiga
                    6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Pekalongan
                    7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kudus

                    PTKIN Zona V
                    1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
                    2. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Sunan Ampel Surabaya
                    3. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Antasari Banjarmasin
                    4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Mataram
                    5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Samarinda
                    6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Jember
                    7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Tulungagung
                    8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Palangkaraya
                    9. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kediri
                    10. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Madura
                    11. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ponorogo

                    PTKIN Zona VI
                    1. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Alauddin Makasar
                    2. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sultan Amai Gorontalo
                    3. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ambon
                    4. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Manado
                    5. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Dato Karama Palu
                    6. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Kendari
                    7. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Ternate
                    8. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Palopo
                    9. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Pare-Pare
                    10. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Bone
                    11. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Fattahul Muluk Papua
                    12. Pendaftaran UM-PTKIN IAIN Sorong
                    13. Pendaftaran UM-PTKIN STAIN Majene

                    Rekomendasi Bacaan Berikutnya :

                    Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran UM PTKIN (UIN, IAIN, STAIN). Semoga informasi tersebut bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran UM-PTKIN.

                    Silahkan di share informasi ini ke teman-teman atau keluarga anda yang membutuhkan.

                    Admin turut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi UM-PTKIN, Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga Allah selalu memberikan kemudahan untuk kita semua dalam menuju kesuksesan. Aamiin Ya Robbal 'Alamin.