Pendaftaran STMKG 2024/2025 (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika)

www.stmkg.ac.id 2024 -- PTB STMKG, Pendafaran Taruna Baru STMKG, Pendaftaran STMKG Online, Sekolah Ikatan Dinas STMKG, Info Penerimaan Taruna Baru STMKG, Penerimaan Mahasiswa Baru STMKG, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. jadwal pendaftaran stmkg, syarat masuk stmkg, ptb.stmkg.ac.id, ptb stmkg, persyaratan stmkg, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran STMKG 2024/2025 (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi  dan Geofisika). Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon taruna baru STMKG. Ayo ikuti pembahasannya di bawah ini.

http://www.infoonline.web.id/

STMKG atau Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika adalah sekolah tinggi kedinasan yang ikatan dinas yang diselengarakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika.

STMKG merupakan sekolah kedinasan yang menyelenggarakan pendidikan di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika dan instrumentasi meteorologi, klimatologi dan geofisika.

Sejarah singkat pendirian STMKG

STMKG pada awalnya didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG), kampusnya berada di Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta, kampusnya berada di Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) Jl. Arief Rakhman Hakim No. 3 Jakarta Pusat. 

Pada tahun 1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dengan status berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan. 

Pada tahun 2000, BPLMG berubah kembali berubah nama menjadi AMG di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan 

Pada 1 Januari 2005 AMG berada dibawah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND). 

Pada tahun 2014, AMG berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang berada dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Perubahan tersebut didasarkan pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tertanggal 23 April 2014.

Itulah sejarah singkat berdirinya Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi  dan Geofisika (STMKG).

Pada saat ini, STMKG telah menyelenggarakan beberapa program studi Jenjang Sarjana Sains Terapan yaitu:
  • Program Studi  Meteorologi
  • Program Studi  Klimatologi
  • Program Studi  Geofisika
  • Program Studi  Instrumentasi

Bagi anda yan berminat untuk menempuh pendidikan di STMKG, maka anda dapat melakukan pendaftaran dengan terlebih dahulu memenuhi persyaratan pendaftaran sebagai berikut ini.

A. Kriteria Peserta

Kebutuhan (formasi) dari tiap tiap program studi diperuntukan bagi peserta dengan kriteria sebagai berikut :
  1. Formasi Reguler adalah formasi penerimaan taruna baru bagi peserta dari seluruh wilayah Negara Republik Indonesia
  2. Formasi Afirmasi adalah formasi penerimaan taruna baru yang dikhususkan bagi putra - putri dari wilayah Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Tenggara.

B. Persyaratan Pendaftaran

1. Persyaratan Umum
  1. Pria / Wanita, Warga Negara Indonesia.
  2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata dengan Lensa Spheris Maksimal Minus (-) 4 D, dan Lensa Silindris Maksimal Minus (-) 2 D dan bersedia untuk melakukan pengobatan LASIK (Laser-Assisted in Situ Keratomileusis) dengan biaya sendiri apabila diterima / lulus seleksi.
  3. Umur tidak kurang dari 15 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 Septermber 2024.
  4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  5. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  7. Tinggi badan minimal 160 cm untuk Pria dan 155 cm untuk Wanita, dengan berat badan seimbang.
  8. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  9. Khusus untuk peserta afirmasi terdapat syarat tambahan sebagai berikut :
    • Memiliki akta kelahiran dan domisili sesuai identitas KTP/KK di Provinsi Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi utara, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara atau Sulawesi Tenggara.
    • Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara atau Sulawesi Tenggara.
    • Khusus bagi perserta Orang Asli Papua (OAP) mendapatkan rekomendasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Aketua / Anggota dari Majelis Rakyat Papua atau Papua Barat.

2. Persyaratan Akademik
    1. Lulus / akan lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) / Madrasah Aliyah (MA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau yang sederajat untuk SEMUA JURUSAN.
    2. Bagi yang lulus pada tahun 2024 dan ijazahnya belum keluar, wajib menggunakan Surat Keterangan LULUS/Surat Keterangan Aktif di Kelas XII.

      B. Alur Pendaftaran
      1. Pendaftaran dilakukan secara online terintegrasi melalui portal Panitia Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan : https://dikdin.bkn.go.id (pendaftaran sscasn bkn)
      2. Peserta juga wajib melakukan pendaftaran pada portal pendamping institusi : https://simas.stmkg.ac.id/spmbfront/
      3. Peserta harus terlebih dahulu yakin telah memenuhi seluruh Syarat dan Ketentuan sebelum melakukan pendaftaran. Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka peserta tidak dapat diterima / dibatalkan sebagai calon taruna.
      4. Tata cara pengisian formulir pendaftaran dapat dilihat pada website (https://ptb.stmkg.ac.id) dan akun media sosial resmi STMKG (STMKG Official).
      5. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 75.000,-, dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar Rp. 50.000,-. Tata cara pembayaran dapat dibaca pada Buku Pedoman PTB-STMKG-2024.

              C. Tahapan Seleksi

              Seleksi terdiri dari 3 tahap dengan sistem gugur yaitu :
              1. Tahap I : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
              2. Tahap II : Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris
              3. Tahap III : Tes Kesehatan, Tes Kebugaran, dan Wawancara

                  D. Jadwal Pelaksanaan STMKG

                  Penting!!!
                  Untuk informasi lain yang anda butuhkan dapat anda kunjungi secara langsung website resmi STMKG. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi STMKG di alamat ptb.stmkg.ac.id
                  Demikian informasi tentang Pendaftaran STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi  dan Geofisika) yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan dengan adanya informasi tersebut, maka dapat menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon taruna baru STMKG.

                  Admin disini turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk STMKG. Selain itu admin juga mengucapkan terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca informasi di website ini.

                  Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman yang membutuhkan, atau ajak mereka secara langsung untuk membaca informasi disini. Cukup sekian info dari admin dan salam sukses selalu.