Pendaftaran Poltekkes Medan 2024/2025

sipenmaru.poltekkes-medan.ac.id 2024 -- Sipenmaru Poltekkes Medan, PMB Poltekkes Medan, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Medan, Pendaftaran Online Poltekkes Medan, Pendaftaran Poltekkes Kemenkes Medan, Jalur PMDP, Jalur Uji Tulis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan. 2026. 2027.

Informasi yang akan diberikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Poltekkes Medan 2024/2025. Melalui informasi pada artikel ini, semoga bisa menjadi arahan bagi anda terutama yang akan kuliah di Poltekkes Medan. Langsung saja simak di bawah ini.

http://www.infoonline.web.id/

Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Medan adalah Institusi Pendidikan Tinggi yaitu Politeknik Kesehatan Negeri yang berada di Kota Medan yang terletak di Jl. Jamin Ginting KM 13,5, Kel. Lau Cih. Kec. Medan Tuntungan, Sumatera Utara 20137, Indonesia.

Poltekkes Medan terbentu dari gabungan akademi-akademi Kesehatan yang bernaung di bawah Depkes Medan. Dengan bergabungnya Akademi-Akademi Kesehatan menjadi Poltekkes, maka aturan dan mekanisame kerja Akademi berubah mengikuti Struktur Organisasi Poltekkes.

Pada saat ini, Poltekkes Medan telah memiliki beberapa Jurusan, yaitu sebagai berikut :
  1. Analis Kesehatan terdiri dari program Diploma III
  2. Farmasi terdiri dari program Diploma III
  3. Gizi terdiri dari program Diploma III dan Diploma IV 0 Tahun
  4. Keperawatan terdiri dari program Diploma III dan Diploma IV 0 Tahun
  5. Keperawatan Gigi terdiri dari program Diploma III
  6. Kesehatan Lingkungan terdiri dari program Diploma III
  7. Kebidanan terdiri dari program Diploma III Kebidanan Medan, D-III Kebidanan P. Siantar, D-III Kebidanan P. Sidimpuan, D-IV Kebidanan 0 Tahun

Dari beberapa jurusan/program studi yang ada di Poltekkes Medan, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Poltekkes Medan.

Ketika anda akan melakukan pendaftara sebagai calon mahasiswa baru Poltekkes Medan, maka terlebih dahulu anda harus mengetahui jalur-jalur masuk ke Poltekkes Medan.

Pada tahun ini, Poltekkes Medan kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDP dan jalur Uji Tulis.

Melalui kedua jalur tersebut, calon mahasiswa baru bisa masuk ke Poltekkes Medan jika telah dinyatakan lulus ujian seleksi masuk  Poltekkes Medan.

Untuk bisa lulus seleksi, maka anda harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi ujian seleksi yang diberikan. Dengan persiapan diri yang baik, anda bisa yakin lulus mengahdapi ujian seleksi masuk Poltekkes Medan.

Untuk memahami kdua jalur Poltekkes Medan yang telah disebutkan di atas, maka anda diberikan penjelasan mengenai kedua jalur tersebut. Berikut penjelasannya.

A. Pendaftaran Jalur PMDP Poltekkes Medan

PMDP atau Penelusuran Minat Dan Prestasi adalah jalur seleksi prestasi yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi dari sekolah jenjang SMA sederajat.

Bagi anda yang memiliki prestasi yang sesuai dengan jalur PMDP, silahkan anda mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur PMDP untuk bisa masuk ke Poltekkes Medan.

Untuk siswa-siswi lain yang tidak memiliki prestasi tinggi, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti jalur Uji Tulis Poltekkes Medan.

Info pendaftaran jalur PMDP Poltekkes Medan dapat anda baca di website Poltekkes Medan di alamat http://sipenmaru.poltekkes-medan.ac.id

B. Pendaftaran Jalur Uji Tulis Poltekkes Medan

Jalur Uji Tulis merupakan jalur seleksi masuk ke Poltekkes Medan yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Peserta yang ingin lulus melalui jalur Uji Tulis ini harus memperoleh nilai tes yang tinggi. Jika hal tersebut dipenuhi, maka peluang untuk diterima di Poltekkes Medan melalui jalur ini dapat terbuka lebar. 

Peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi PMDP tetapi pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur Uji Tulis ini.

Pendaftaran Jalur Uji Tulis ini dilakukan secara online seperti alur berikut ini.

Alur Pendaftaran Jalur Uji Tulis Poltekkes Medan
  1. Buka web http://sipenmaru.poltekkes-medan.ac.id
  2. Lakukan registrasi pendaftaran
  3. Cetak kartu registrasi
  4. Membayar biaya pendaftaran ke Bank BNI terdekat dengan membawa kartu registrasi
  5. Setelah membayar akan mendapatkan PIN
  6. Lakukan verifikasi PIN di alamat http://sipenmaru.poltekkes-medan.ac.id
  7. Kemudian cetak kartu peserta ujian
  8. Tempelkan pas foto ukuran 4x6 dengan background merah di kotak foto asli
  9. Mengikuti Ujian Tulis dan harus hadir di lokasi ujian 1 jam sebelum ujian dimulai dengan membawa kartu peserta ujian dan alat tulis (pensil 2B dan papan alas tulis)
  10. Melihat Hasil Ujian Tulis di Jurusan/Prodi masing-masing
  11. Bagi yang lulus, selanjutnya melakukan pendaftaran ulang tahap I di jurusan/prodi yang dituju dengan membawa kartu peserta ujian yang asli
  12. Mengikuti ujian kesehatan
  13. Bgai yang lulus ujian kesehatan, kemudian melakukan pendaftaran ulang tahap II ke kampus jurusan/prodi yang di tuju dengan membawa :
    • Kartu ujian yang asli
    • Foto copy ijazah/SKL yang dilegalisir 1 lembar
    • Pas foto ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing 6 lembar
  14. Selesai

Itulah alur pendaftaran jalur Uji Tulis Poltekkes Medan yang dapat anda ikuti. Semoga alur yang diberikan tersebut dapat membantu anda dalam proses pendaftaran sampai selesai melakukan registrasi ulang.

Untuk pelaksanaan jalur Uji Tulis Poltekkes Medan biasanya dibuka untuk beberapa gelombang. Pada tahun lalu dibuka sampai dengan 4 gelombang. Untuk pelaksanaan jalur uji tulis tahun ini diperkirakan tidak akan jalur berbeda dengan pelaksanaan tahun lalu.

Dengan banyaknya gelombang yang dibuka tersebut, maka peluang untuk diterima di Poltekkes Medan akan semakin besar. Misalnya saja anda telah mengikuti seleksi gelombang I, tetapi pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus, maka anda dapat kembali mendaftarkan dir mengikuti selekis gelombang berikutnya dan mudah-mudahan bisa lulus.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Poltekkes Medan

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Poltekkes Medan. Semoga rangkaian informasi yang telah diberikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda dalam proses pendaftaran mahasiswa baru Pendaftaran Poltekkes Medan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Admin juga mengucapkan terim kasih kepada pada pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktunya untuk membaca informasi yang ada di web ini.

Mari kita sama-sama berdoa semoga kita bisa menjadi orang-orang yang berilmu tinggi dan beruntung mendapat kebaikan. Semoga kita bisa sukses semuda mungkin. Aamiin.