Pendaftaran Poltekkes Makassar 2024/2025

www.poltekkes-mks.ac.id 2024 -- Sipenmaru Poltekkes Makassar, Pendaftaran Online Poltekkes Makassar, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Makassar, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Makassar, Jalur PMDP, Gakin, DTPK, Uji Tulis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar. 2026. 2027.

Informasi yang akan diberikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Poltekkes Makassar 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi anda terutama yang memiliki keinginan untuk kuliah di Poltekkes Makassar. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Politeknik Kesehatan Makassar atau Poltekkes Makassar adalah Politeknik Kesehatan Negeri yang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Poltekkes Makassar telah memiliki beberapa program studi yang terbagi pada Program Diploma III dan Program Diploma IV, yaitu :

Program Studi Diploma III
  • Gizi, Farmasi, Fisioterapi, Kebidanan, Analis Kesehatan, Keperawatan Gigi, Kesehatan Lingkungan, Keperawatan Makassar, dan Keperawatan Pare-Pare
Program Studi Diploma IV
  • Gizi, Fisioterapi, Kebidanan, Analis Kesehatan, Keperawatan Gigi, Kesehatan Lingkungan, Keperawatan Makassar 

Dari sejumlah informasi yang ada di Poltekkes Makassar terutama tentang prorgam studi, mungkin salah satunya ada yang anda minati, maka dari itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Poltekkes Makassar.

Ketika anda ingin mendaftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Poltekkes Makassar, maka anda perlu mengetahui informasi tentang jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Poltekkes Makassar.

Dengan mengetahui jalur seleksi yang dibuka tersebut, maka anda dapat menentukan pilihan jalur seleksi dimana melalui jalur tersebut diharapkan bisa memberikan peluang kelulusan yang besar.

Pada tahun ini, Poltekkes Makassar kembali membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDP dan jalur Umum. Penjelasan mengenai kedua jalur tersebut diberikan berikut ini.

1. Pendaftaran Jalur PMDP Poltekkes Makassar

Siswa berprestasi pada saat sekarang ini telah memperolah perlakukan khusus misalnya pada saat ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi akan diberi jalur khusus untuk siswa berprestasi.

Hal ini cukup bagus dan diharapkan dapat memotivasi siswa lainya atau adik-adik kelasnya untuk berprestasi agar nantinya pada saat ingin melanjutkan kuliah bisa ikuti jalur prestasi.

Jalur prestasi yang dibuka untuk menerima siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Kesehatan Negeri yaitu jalur PMDP.

Jalur PMDP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini yang berminat untuk kuliah di Politeknik Kesehatan Negeri salah satunya di Poltekkes Makassar.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Peserta merupakan utusan sekolah
  2. Memiliki nilai lebih dari atau sama dengan 7 untuk setiap mata pelajaran mulai dari Semester I s/d Semester V
  3. Memiliki penghargaan / prestasi tingkat Institusi maupun tingkat Kabupaten / Propinsi / Nasional dalam bidang keilmuan, seni dan olahraga yang dibuktikan dengan sertifikat
  4. Setiap calon peserta hanya dapat memilih satu program studi D.III atau D.IV.
  5. Membayar biaya pendaftaran di Bank BNI
  6. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah

Itulah informasi tentang pendaftaran jalur PMDP Poltekkes Makassar. Untuk informasi lain yang belum dimuat disini maka dapat anda lihat langsung di wesbite resmi Poltekkes Makassar di alamat sipenmaru.poltekkes-mks.ac.id

2. Pendaftaran Jalur Umum Poltekkes Makassar

Jalur umum merupakan jalur seleksi masuk ke Poltekkes Makassar yang seleksinya dilakukan melalui 3 tahapan yaitu tahao uji tulis, tahap seleksi berkas, dan uji kesehatan.

Bagi yang ingin lulus melalui jalur umum ini, maka harus dapat lulus pada setiap tahap seleksi yang diberikan tersebut.

Persyaratan Umum Pendaftaran
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Lulusan SMA / SMU, MA atau sederajat termasuk lulusan Paket C
  3. Untuk lulusan SMK dapat memilih Prodi baik D.III maupun D.IV yang sesuai dengan jurusan SMK yang telah ikuti sebelumnya
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak menggangu kelancaran proses pembelajaran
  5. Memiliki persyaratan kesehatan fisik (tidak cacat fisik yang dapat menggangu aktifitas kinerja sesuai profesinya.
  6. Tidak buta warna
  7. Membayar biaya pendaftaran sesuai ketentuan

Pendaftaran jalur umum ini dilakukan secara online melalui alamat website sipenmaru.poltekkes-mks.ac.id . SIlahkan akses alamat tersebut untuk mendaftar. Informasi lainnya juga dapat dilihat melalui alamat tersebut.

3. Pendaftaran Jalur Umum Khusus Gakin / DTPK Poltekkes Makassar

Poltekkes Makassar memberikan jalur tersendiri bagi calon mahasiswa dari keluarga miskin (Gakin) dan mahasiswa yang tinggal di Daerah Tertinggal, Perbatasan atau Kepulauan (DTPK).

Persyaratan pendaftaran jalur umum khusus Gakin / DTPK sama dengan jalur umum namun ditambah dengan persyaratan berikut ini.

Persyaratan Pendaftaran Bagi peserta GAKIN
  1. Ijazah / SKHU / Surat Keterangan Lulus
  2. Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan/Desa
  3. Kartu Keluarga (dilegalisir pejabat yang berwenang)

Persyaratan Pendaftaran Bagi peserta yang bertempat tinggal di Daerah perbatasan / Daerah Tertinggal / Kepulauan
  1. Ijazah / SKHU / Surat Keterangan Lulus
  2. Surat Rekomendasi dari Pemerintah Kab / Kota Setempat
  3. Kartu Keluarga (dilegalisir pejabat yang berwenang)

Berkas-berkas pendaftaran di atas dikirimkan ke alamat email :
gakin@poltekkes-mks.ac.id
Subject : [Nomor Ujian] [Nama]
Untuk informasi lainnya yang anda butuhkan dapat anad lihat secara lansung melalui alamat sipenmaru.poltekkes-mks.ac.id

Penting!!!
Apabila ada perbedaan informasi atau perubahan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Poltekkes Makassar. silahkan anda lihat di sipenmaru.poltekkes-mks.ac.id

Silahkan Baca Juga : Pendaftaran Sipenmaru Poltekkes lengkap

Demikianlah infromasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Poltekkes Makassar. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda.

Cukup sekian info dari admin dan semoga harapan anda untuk bisa lulus seleksi dapat terkabulkan dan mari kita berdoa semoga kita semua bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin. Aamiin.