Pendaftaran Poltekkes Banjarmasin 2024/2025

poltekkes-banjarmasin.ac.id 2024 -- PMB Poltekkes Banjarmasin, Pendaftaran Online Poltekkes Banjarmasin, Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Poltekkes Banjarmasin, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Banjarmasin, Jalur PMDP, Jalur Gakin, Jalur Umum, Jalur Uji Tulis, Politeknik Kesehatan Kemenkes Banjarmasin. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Poltekkes Banjarmasin 2024/2025. Dengan adanya informasi ini semoga bisa menjadi informasi awal bagi anda yang berminat untuk kuliah di Poltekkes Banjarmasin. Mari simak informasinya.

http://www.infoonline.web.id/

Poltekkes Banjarmasin atau Politeknik Kesehatan Kemenkes Banjamasin adalah Politeknik Kesehatan Negeri yang bernaung di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang terletak di JL. Haji Mistar Cokrokusumo, No. 1A, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia.

Berdirinya Poltekkes Banjarmasin berawal dari bergabungnya empat akademi pendidikan kesehatan yang didasarkan pada Surat Keputusan Menkes-Kesos Nomor: 298/Menke-Kesos/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001 dengan status kelembagaan dibawah tanggung jawab Dep.Kes RI. Kemudian terus mengalami perkembangan dan akhirnya menjadi Poltekkes Banjarmasin.

Pada saat ini, Poltekkes Banjarmasin telah memiliki beberapa jurusan yang terdiri dari beberapa program studi jenjang Diploma III dan Diploma IV seperti berikut ini :
  • Jurusan Kesehatan Lingkungan terdiri dari Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan, dan Diploma IV Kesehatan Lingkungan
  • Jurusan Keperawatan terdiri dari Program Studi Diploma III Keperawatan, dan Diploma IV Keperawatan
  • Jurusan Kebidanan terdiri dari Program Studi Diploma III Kebidanan, dan Diploma IV Kebidanan
  • Jurusan Gizi terdiri dari Program Studi Diploma III Gizi, Diploma IV Gizi, Diploma III Keperawatan Gigi
  • Jurusan Keperawatan Gigi terdiri dari Program Studi Diploma IV Keperawatan Gigi
  • Jurusan Analis Kesehatan terdiri Diploma III Analis Kesehatan, dan Diploma IV Analis Kesehatan

Itulah sedikit informasi mengenai Poltekkes Banjarmasin yang dapat admin sampaikan. Dari sedikit informasi tersebut semoga bisa menambah wawasan anda terutama yang berminat untuk kuliah di Poltekkes Banjarmasin.

Bagi anda yang ingin kuliah di Poltekkes Banjarmasin, maka anda perlu mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh Poltekkes Banjarmasin sebagai jalur seleksi masuk. Mari simak ulasannya berikut ini.

A. Pendaftaran Poltekkes Banjarmasin Jalur PMDP

PMDP atau Penelusuran Minat dan Prestasi adalah jalur seleksi masuk ke Poltekkes Banjarmasin yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi di Sekolah yang masuk dalam rangking 10 besar.

Jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi yang berada di Kalimantan Selatan. Jadi siswa-siswi dari provinsi lain tidak bisa mendaftar jalur PMDP ini.

Pendaftaran dilakukan secara langsung di ruang ADAK Poltekkes Kemenkes Banjarmasin JL. Haji Mistar Cokrokusumo, No. 1A, Banjarmasin.

Calon peserta datang langsung ke alamat tersebut untuk melakukan pendaftaran dengan membawa berkas-berkas pendaftaran secara lengkap yang telah dimasukkan ke dalam map Snelhechter berwarna : untuk Diploma 3 berwarna hijau dan untuk Diploma IV berwarna merah.

Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca secara langsung di website resmi Poltekkes Banjarmasin di alamat poltekkes-banjarmasin.ac.id

B. Pendaftaran Poltekkes Banjarmasin Jalur Umum

Jalur umum merupakan jalur seleksi masuk ke Poltekkes Banjarmasin yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis.

Jalur ini dapat menjadi alternatif bagi anda yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur PMDP atau telah mengikuti jalur PMDP tetapi dinyatakan tidak lulus, maka jalur umum dapat menjadi solusinya,

Mekanisme Pendaftaran
  1. Calon datang sendiri tidak boleh diwakilkan
  2. Mengisi Formulir pendaftaran
  3. Membayar Biaya Pendaftaran
  4. Kelengkapan saat pendaftaran :
    • Foto copy Ijazah / STTB / SKHU yang dilegalisir
    • Foto copy surat keterangan Hasil Ujian Nasional yang dilegalisir
    • Pas foto hitam putih terbaru 4×6 sebanyak 5 lembar (tidak memakai kacamata)
    • Paket C wajib membawa raport asli dan fotocopy
  5. Berkas pendaftaran dimasukkan dalam map berwarna
    • Diploma III map warna hijau       
    • Diploma IV map warna merah
  6. Kelengkapan setelah dinyatakan lulus :
    • SKKB dari Kepolisian
Persyaratan Umum
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Persyaratan pendidikan untuk semua jurusan (Kesehatan Lingkungan, Keperawatan, Kebidanan, Gizi, Keperawatan Gigi, Analis Kesehatan) : Lulusan SMU / SMK / MA / Paket C sederajat semua jurusan
  3. Tinggi badan minimal :
  4. Jurusan Keperawatan dan Kebidanan :
    • Laki-laki : 155 cm                 
    • Perempuan : 150 cm
  5. Jurusan Kesehatan Gigi, Gizi, Kesehatan Lingkungan dan Analis Kesehatan :
    • Laki-laki : 150 cm
    • Perempuan : 145 cm
  6. Tidak cacat fisik dan tidak buta warna
  7. Usia saat mendaftar maksimal 27 tahun
C. Pendaftaran Poltekkes Banjarmasin Jalur Lintas Provinsi

Jalur lintas provinsi ini diselenggarakan untuk program studi yang tidak tersedia di Poltekkes Kemenkes provinsi asal peserta, dan untuk persyaratan sesuai dengan jalur umum di atas. Keterangan lebih lanjut dapat anda baca pada alamat poltekkes-banjarmasin.ac.id

D. Pendaftaran Poltekkes Banjarmasin Jalur Gakin

Jalur Gakin ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa berprestasi yang berasal dri keluarga kurang mampu. Poltekkes Banjarmasin memberikan bantuan untuk calon mahasiswa yang demikian itu agar bisa kuliah.

Untuk informasi lebih lanjut dapat anda baca di website resmi Poltekkes Banjarmasin di alamat poltekkes-banjarmasin.ac.id

Penting!!!
Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Poltekkes Banjarmasin pada alamat di atas.

Silahkan Baca Juga : Pendaftaran Sipenmaru Poltekkes lengkap

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Poltekkes Banjarmasin. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman lain yang membutuhkan. Cukup sekian info dari admin dan semoga kta semua bisa menjadi orang yang sukses semuda mungin. Aamiin.