Jalur Pendaftaran Kuliah USN 2024/2025

pmb.usn.ac.id 2024 -- Pendaftaran USN Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB USN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru USN, Pendaftaran Mahasiswa Baru USN, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru USN, Registrasi Mahasiswa Baru USN, Pendaftaran Online USN, Penerimaan Online USN, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, KIP Kuliah, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Universitas Sembilanbelas November, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah USN 2024/2025. Semoga dengan adanya informasi pada artikel ini dapat menjadi acuan bagi anda ketika akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru USN. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

USN merupakan singkatan dari Universitas Sembilanbelas November Kolaka merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Pendidikan Tinggi Negeri ini didirikan pada tanggal 16 April 1984 dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kolaka. Pada 2 April 2014 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kolak berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan nama Universitas 19 November (USN).

Program Studi yang ada di USN yaitu :
  • Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Ilmu Hukum, Sistem Informasi, Teknik Sipil, Teknik Pertambangan, Administrasi Negara, Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan, dan Budidaya Perikanan.

Itulah beberapa Program Studi yang dapat anda pilih ketika mendaftar sebagai mahasiswa baru USN. Selanjutnya anda perlu mengetahi jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh USN. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pendaftaran USN Jalur SNBP 

USN adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jalur seleksi SNBP. Bagi anda yang ingin kuliah di USN, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBP.

SNBP adalah salah satu jalur seleksi masuk PTN yang mana pada jalur ini seleksinya dilakukan melalui hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Dengan kata lain bahwa jalur SNBP adalah jalur seleksi masuk ke PTN tanpa tes tertulis.

Dapat dikatakan bahwa hanya siswa yang berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya yang bisa mendaftar dan mengikuti jalur SNBP.

Untuk bisa mendaftar dan mengikuti SNBP, maka harus memahami alur pendaftaran SNBP sejak awal hingga akhir.

Secara umum, alur pendaftaran SNBP dari awal hingga akhir yaitu dimulai dari registrasi akun SNPMB, pengisian data, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNBP, serta pengumuman kelulusan SNBP.

Keterangan lengkap mengenai SNBP dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP. Pada artikel tersebut telah diuraikan penjelasan mengenai persyaratan SNBP, laman pendaftaran, jadwal SNBP, biaya SNBP, cara mendaftar SNBP, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran USN Jalur SNBT 

USN adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut membuka jalur SNBT. Seperti yang dijelaskan di website resminya bahwa SNBT adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Bagi kalian yang sebelumnya telah mengikuti SNBP tetapi dinyatakan tidak lulus seleksi, atau bagi kalian yang memang belum mengikuti jalur seleksi manapun, maka bisa mencoba mengikuti seleksi jalur SNBT.

Jalur ini terbuka untuk para lulusan 3 tahun terakhir jenjang Sekolah Menengah Atas dan Sederajat.

Tahapan pendaftaran SNBT dari awal hingga akhir yang harus dilakukan oleh calon peserta yaitu registrasi akun SNPMB, lalu mendaftar UTBK-SNBT, dan pengumuman SNBT.

Keterangan penting lainnya mengenai SNBT seperti persyaratan pendaftaran SNBT, laman pendaftaran, jadwal pendaftaran dan pengumuman SNBT, biaya pendaftaran SNBT, cara mendaftar SNBT, dan lain lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

3. Pendaftaran USN Jalur Mandiri 

Selain menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, USN juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri ini dikelola oleh panitia USN untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis. Jalur mandiri ini diperuntukkan bagi peserta lulusan dari SMA / SMK / MA / Paket C. Peserta yang ingin mendaftar harus membayar biaya seleksi di Bank Muamalat.

Pendaftaran jalur mandiri USN biasanya dibuka untuk 2 gelombang. Anda bisa menentukan sendiri akan mengikuti seleksi gelombang 1 atau gelombang 2.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran jalur mandiri dapat anda lihat langsung di website resmi USN di pmb.usn.ac.id

4. Pendaftaran KIP Kuliah USN

USN juga merupakan salah satu Universitas Negeri yang menyalurkan program Bidikmisi bagi calon mahasiswa berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu.

Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

Dari jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh USN tersebut, silahkan anda ikuti jalur yang menurut anda memberiikan peluang besar untuk diterima di USN.

Belajarlah dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi seleksi ujian seleksi bagi yang mengikutinya. Semoga dengan usaha anda tersebut dapat membantu anda untuk lulus seleksi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi USN.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Jalur Pendaftaran Kuliah USN. Semoga informasi tersebut dapat memberi pencerahan untuk anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kita bisa menjadi orang sukses sejak muda. Aamiin.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.