Jalur Pendaftaran Kuliah UPN Veteran Yogyakarta 2024/2025

pmb.upnyk.ac.id 2024 -- Pendaftaran UPN Veteran Yogyakarta Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UPN Veteran Yogyakarta, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UPN Veteran Yogyakarta, Pendaftaran Mahasiswa Baru UPN Veteran Yogyakarta, Registrasi Mahasiswa Baru UPN Veteran Yogyakarta, Pendaftaran D3/S1/S2/S3 UPNYK, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UPN Veteran Yogyakarta, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah. Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UPN Veteran Yogyakarta 2024/2025. Informasi ini diberikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta atau yang disingat dengan UPN Veteran Yogyakarta atau UPNVY atau UPNYK adalah salah satu Universitas Negeri yang terletak di Yogyakarta, Indonesia.

UPN Veteran Yogyakarta pada awalnya didirikan pada 2 Oktober 1958. Pada 6 Oktober 2014, UPN Veteran Yogyakarta menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Moto yang dimiliki oleh UPN Veteran Yogyakarta adalah Widya Mwat Yasa.

Pada saat ini, UPN Veteran Yogyakarta memiliki dua kampus yaitu kampus Condongcatur sebagai kampus utama dan kampus Babarsari. Fakultas dan Program Studi yang telah diselenggarakan di UPN Veteran Yogyakarta adalah sebagai berikut:
  • Fakultas Teknologi Mineral terdiri dari program studi : Teknik Pertambangan, Teknik Geologi, Teknik Perminyakan, Teknik Lingkungan, dan Teknik Geofisika.
  • Fakultas Teknologi Industri terdiri dari program studi : Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Kimia D3, dan Teknik Informatika.
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi :  Agroteknologi dan Agribisnis.
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi : Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari program studi : Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Administrasi Bisnis, dan Ilmu Komunikasi.
  • Program Pasca Sarjana terdiri dari program studi : Magister Teknik Geologi, Magister Teknik Pertambangan, Magister Manajemen Agribisnis, Magister Manajemen, Magister Ilmu Ekonomi, dan Magister Teknik Industri.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu lebih yang menjadi minat anda. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UPN Veteran Yogyakarta. Jika ada penambahan program studi baru, silahkan lihat di website resmi.

Pada tahun ini UPN Veteran Yogyakarta kembali membuka penerimaan calon mahasiswa baru. Adapun jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka yaitu jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UPN Veteran Yogyakarta Jalur SNBP 

SNBP atau yang memiliki kepanjangan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor siswa dan prestasi lainnya.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UPN Veteran Yogyakarta Jalur SNBT

SNBT atau yang memiliki kepanjangan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat bisa mendatar di jalur SNBT ini tentunya dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran.

Untuk informasi lengkap mengenai SNBT silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT. Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci mengenai biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UPN Veteran Yogyakarta

Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah. Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran UPN Veteran Yogyakarta Jalur Mandiri 

Jalur Mandiri UPN Veteran Yogyakarta merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diadakan secara lokal oleh panitia dari UPN Veteran Yogyakarta. Salah satu tujuan dibukanya jalur mandiri adalah memberikan kesempatan kepada calon mahasisa yang sebelumnya dinyatakan tidak lulus mengikuti seleksi jalur nasional.

Pendaftaran jalur mandiri UPN Veteran Yogyakarta dilakukan secara online melalui alamat website http://upnyk.ac.id/pmb. Informasi lain yang anda perlukan bisa anda baca dengan mengunjungi website tersebut.

5. Pendaftaran Pascasarjana UPN Veteran Yogyakarta

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UPN Veteran Yogyakarta juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran, Silahkan lakukan pendaftaran secara online mellaui alamat pmb.upnyk.ac.id. Informasi lebih lanjut slahkan baca pada alamat tersebut.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UPN Veteran Yogyakarta. yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan bagi anda. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UPN Veteran Yogyakarta. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.