Jalur Pendaftaran Kuliah UNSYIAH / USK 2024/2025

pmb.unsyiah.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSYIAH Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNSYIAH, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSYIAH, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSYIAH, Registrasi Mahasiswa Baru UNSYIAH, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNSYIAH, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UNSYIAH, Jalur SNBP, SNBT, PPs UNSYIAH, Bidikmisi, Universitas Syiah Kuala. 20256. 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNSYIAH / USK 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Syiah Kuala atau disingkat dengan UNSYIAH adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Banda Aceh, Indonesia, tepat di Jln. Teuku Nyak Arief, Darussalam 23111 Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) telah didirikan 2 September 1961.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi : Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Studi Pembangunan, Program Diploma Pendidikan Kesekretariatan/PDPK, Program Diploma Pemasaran, Program Diploma Perbankan, Program Diploma Perpajakan, Program Diploma Akuntansi, Program Diploma Koperasi.
  • Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari Program Studi : Klinik Veteriner.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi : Hukum.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi : Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan, Teknik Otomotif, Teknik Geologi, Teknik Perminyakan, Program Diploma Teknik Sipil, Program Diploma Teknik Mesin, Program Diploma Teknik Kimia, Program Diploma Teknik Elektro.
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi : Agribisnis, Produksi Ternak, Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Pertanian, Agroteknologi, Ilmu Tanah, Program Diploma Manajemen Agribisnis, Program Diploma Peternakan.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi : Ilmu PKK, Ilmu Pendidikan Matematika, Ilmu Pendidikan Fisika, Ilmu Pendidikan Biologi, Ilmu Pendidikan Kimia, Ilmu Pendidikan Sejarah, Ilmu Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia, Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Ilmu PPKn, Ilmu Pendidikan Ekonomi, Ilmu Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Ilmu Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Ilmu Pendidikan Geografi, dan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar/PGSD.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Prodi : Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Kedokteran Gigi, Psikologi.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi : Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Informatika, Farmasi, Program Diploma Manajemen Informatika, Program Diploma Instrumentasi Komputasi.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari Program Studi : Ilmu Politik, Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan
  • Fakultas Kedokteran Gigi Hewan terdiri dari Program Studi : Ilmu Kesikatan.
  • Fakultas Kelautan dan Perikanan terdiri dari Program Studi : Ilmu Kelautan, Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.

Program Studi Magister
  • Magister Ilmu Ekonomi, Magister Manajemen, Magister Ilmu Keperawatan, Magister KSDL, Magister Ilmu Hukum, Magister Akutansi, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan dan Sastra Indonesia, Magister Teknik Kimia, Magister Teknik Sipil, Magister Teknik Elektro, Magister Teknik Mesin, Magister Pendidikan Olahraga, Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner, Magister PSPT, Magister Ilmu Kebencanaan, Magister Pendidikan Biologi, Magister Matematika, Magister Pendidikan IPA, Magister Pendidikan Matematika, Magister Administrasi Pendidikan, Magister Agroekoteknologi, Magister Agribisnis, Magister Kimia, Magister Teknik Industri, Magister Biologi, dan Magister Fisika.

Program Studi Doktor
  • Doktor Ilmu Ekonomi, Doktor Ilmu Hukum, Doktor Ilmu Manajemen, Doktor Ilmu Pertanian, Doktor Ilmu Teknik, Doktor Ilmu Pendidikan IPS, Doktor Matematika dan Aplikasi Sains (DMAS)

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNSYIAH.

Pada tahun ini UNSYIAH membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNSYIAH Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan tanpa ujian / tes. Seleksinya didasarkan pada prestasi akademik yang dimiliki siswa serta prestasi lainnya yang relevan.

Jalur SNBP merupakan jalur seleksi nasional yang ditujukan bagi siswa SMA / SMK / MA sederajat yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNSYIAH Jalur SNBT 

SNBT adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Salah satunya masuk ke UNSYIAH.

Seleksi jalur SNBT ini dilakukan melalui tes UTBK, serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Calon peserta harus melakukan pendaftaran SNBT sendiri tanpa perlu melalui pihak sekolah seperti pada SNBP. Peserta harus mengakses alamat resmi SNBT untuk melakukan pendaftaran.

Untuk keterangan lebih rinci mengenai SNBT telah dijelaskan tersendiri pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran dan pengumuman, biaya pendaftaran, cara mendaftar, dan keterangan lainnya seputar SNBT.

3. Pendaftaran UNSYIAH Jalur Mandiri 

Selain menerima calon mahasiswa baru melalui jalur-jalur di atas, UNSYIAH juga menerima calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri. 

Jalur mandiri UNSYIAH disingkat JMU. Seleksi melalui jalur mandiri ini dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP atau SNBT tetapi tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur mandiri. Admin mengingatkan : belajarlah dengan sungguh-sungguh agar bisa lulus seleksi.

Untuk informasi pendaftaran jalur mandiri UNSYIAH, dapat anda baca di alamat www.unsyiah.ac.id atau pmb.unsyiah.ac.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

4. Pendaftaran KIP Kuliah UNSYIAH

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi. Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

UNSYIAH merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah

Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah, jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

5. Pendaftaran Pascasarjana UNSYIAH

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu ke jenjang Magister atau Doktor, maka anda bisa memilih kuliah di Pascasarjana UNSYIAH karena Pascasarjana UNSYIAH telah memiliki banyak pilihan program studi dan banyak tenaga pengajar yang profesional.

Pendaftaran pascasarjana UNSYIAH dilakukan secara online melalui alamat pps.unsyiah.ac.id. Silahkan akses alamat tersebut kemudian pilih menu "registrasi online" untuk melakukan pengisian formulir pendaftaran online. Login menggunakan nomor identitas PIN, dan pilih jenjang S2 / S3. Kemudian isi semua data pada formulir pendaftaran online yang tersedia hingga mencetak kartu tanda peserta.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNSYIAH. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSYIAH.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNSYIAH / USK. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. Jika informasi tersebut bermanfaat, silahkan bagikan dengan teman anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNSYIAH dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNSYIAH. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.