Jalur Pendaftaran Kuliah UNSRAT 2024/2025

www.unsrat.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSRAT Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNSRAT, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSRAT, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSRAT, Registrasi Mahasiswa Baru UNSRAT, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNSRAT, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UNSRAT, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi,  PPs UNSRAT, Universitas Sam Ratulangi. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNSRAT 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran UNSRAT. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.


Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Manado, Sulawesi Utara, Indonesia. Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) didirikan pada 14 September 1965. Moto dari Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) adalah Sitou Timou Tomou Tou.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), yaitu :

Program Diploma dan Sarjana UNSRAT

Fakultas Kedokteran
  • Jurusan Kedokteran Umum terdiri dari program studi Program Pendidikan Dokter, Ilmu Kedokteran Gigi, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan.
  • Jurusan Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) terdiri dari program studi Ilmu Penyakit Mata, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Ilmu Bedah, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Rehabilitasi Medik.
Fakultas Teknik
  • Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Arsitektur
Fakultas Pertanian
  • Jurusan Budidaya Pertanian terdiri dari Program Studi Agronomi, dan Ilmu Kehutanan
  • Jurusan Tanah terdiri dari Program Studi Ilmu Tanah
  • Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan terdiri dari Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan
  • Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian terdiri dari Program Studi Sosial Ekonomi, dan Pertanian / Agrobisnis
  • Jurusan Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi Teknik Pertanian, dan Teknologi Hasil Pertanian
Fakultas Peternakan
  • Jurusan Peternakan Produksi terdiri dari Program Studi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak  Sosial Ekonomi Peternakan
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan terdiri dari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Ilmu Kelautan, Agrobisnis Perikanan
  • Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan terdiri dari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Fakultas Ekonomi
  • Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, International Business Administration, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Keuangan perbankan, Manajemen koperasi, Manajemen parawisata.
Fakultas Hukum
  • Ilmu Hukum
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Jurusan Sosiologi terdiri dari Program Studi Sosiologi
  • Jurusan Ilmu Komunikasi terdiri dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Perpustakaan .
  • Jurusan Ilmu Administrasi terdiri dari Program Studi Administrasi Negara, Administrasi Niaga
  • Jurusan Ilmu Pemerintahan terdiri dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik.
  • Jurusan Antropologi terdiri dari Program Studi Antropologi
Fakultas Sastra
  • Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sejarah Sejarah, dan Sastra Jerman
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Farmasi, Biologi, Fisika, Kimia, Matematika

Program Magister UNSRAT
  • Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan, Linguistik, Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah,  Ilmu Pangan, Ilmu Peraira, Entomolog, Agronomi, Ilmu Hukum, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, dan Magister Arsitektur

Program Doktor UNSRAT
  • Entomologi, Linguistik, Ilmu Hukum, dan Ilmu Kelautan

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNSRAT.

Pada tahun ini UNSRAT membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan Tumou Tou. Langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNSRAT Jalur SNBP

UNSRAT adalah salah satu Perguruan Tinggi yang tergabung dalam SNBP untuk menerima calon mahasiswa baru.

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya disetiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP.

Bagi yang ingin mendaftar SNBP, harus mendapat rekomendasi kepala sekolah. Calon peserta yang telah direkomendasikan dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.

Selanjutnya lengkapi informasi SNBP ini dengan mengunjungi artikel Pendaftaran SNBP yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan, laman, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNSRAT Jalur SNBT 

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Jalur ini dibuka untuk para lulusan 3 tahun terakhir jenjang SLTA Sederajat yang ingin memilih program studi jenjang Sarjana.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri secara online dengan mengisi formulir di laman resminya sampai dengan mencetak kartu peserta.

Untuk informasi lengkap mengenai SNBT silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci mengenai biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, laman pendaftaran, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNSRAT

UNSRAT adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Sebelumnya, KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi. Namun karena adanya kebijakan baru, maka nama Bidikmisi pun ikuti diubah dan kini menjadi KIP Kuliah.

Bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi namun juga calon mahasiswa tersebut memiliki potensi akademik baik selama menempuh pendidikan di jenjang SLTA.

Untuk mendaftar KIP Kuliah, maka dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Apabila mengalami kesulitan, maka bisa meminta bantuan dan arahan pada pihak sekolah untuk mendaftarkan kalian.

Untuk penjelasan lainnya mengenai KIP Kuliah seperti persyaratan KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab KIP Kuliah, dan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran Tumou Tou (T2) UNSRAT

Tumou Tou (T2) adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan secara lokal untuk menerima calon mahasiswa baru jenjang Sarjana (S1). Calon mahasiswa yang sebelumya telah mengikuti seleksi jalur SNBP atau SNBT tetapi dinyatakan tidak lulus, maka masih memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi melalui jalur mandiri Tumou Tou (T2).

Persyaratan Pendaftaran
  • Lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini jenjang SMA / SMK / MA / MAK yang dibuktikan dengan Ijazah.
  • Lulusan SMA / SMK / MA / MAK tahun ini yang belum memiliki Ijazah, harus memasukkan Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  • Membayar uang pendaftaran melalui Bank BNI / BRI / BTN

Pendaftaran : mengisi data pendaftaran di regmaba.unsrat.ac.id lalu klik daftar dan ikuti petunjuk yang diberikan

Informasi lain yang diperlukan mengenai jalur T2 UNSRAT dapat dilihat pada alamat website resmi UNSRAT, yaitu : https://regmaba.unsrat.ac.id/

5. Pendaftaran Pascasarjana UNSRAT

Bagi anda yang ingin melanjutan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktor UNSRAT, silahkan daftarkan diri anda selama masa pendaftaran dibuka. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat http://pasca.unsrat.ac.id/

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNSRAT yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNSRAT. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSRAT

Demikianlah informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNSRAT yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.  Silahkan bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNSRAT dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNSRAT. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.