Jalur Pendaftaran Kuliah UNSIKA 2024/2025

pmb.unsika.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSIKA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNSIKA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIKA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIKA, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / D4 / S1 / S2 / S3 UNSIKA, Registrasi Mahasiswa Baru UNSIKA, Pendaftaran Online UNSIKA, Penerimaan Online UNSIKA, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Pendaftaran KIP Kuliah, Universitas Singaperbangsa Karawang, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNSIKA 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Singaperbangsa Karawang atau yang dikenal dengan nama UNSIKA adalah Perguruan Tinggi pertama yang didirikan di Kota Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Selain UNSIKA, saat ini di Jawa Barat ada Perguruan tinggi lainnya yaitu UPI, UNPAD, ITB, dan lainnya.

Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) telah didirikan pada 2 Mei 1982 oleh Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan. Pada 6 Oktober 2014, Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) telah berganti status dari Perguruan Tinggi Swasta ke Perguruan Tinggi Negeri.

Program Studi yang ada di UNSIKA, yaitu :
  • Ilmu Hukum S1, Akuntansi D3, Manajemen S1, Pendidikan Luar Sekolah S1, Agroteknologi S1, Pendidikan Agama Islam S1, Magister Manajemen S2, Kebidanan D3, Teknik Mesin D3, Teknik Industri S1, Teknik Informatika S1, Pendidikan Bhs Inggris S1, Pendidikan Matematika S1, Pendidikan Jaskes dan Rekreasi S1, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1, Ilmu Pemerintahan S1, Akuntansi S1, Teknik Mesin S1, Manajemen Pendidikan Islam S1, dan Pendidikan Guru Raudhatul Athfal S1, Ilmu Hukum S2, Magister Manajemen S2.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNSIKA.

Pada tahun ini UNSIKA membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Nasional, Jalur Mandiri, dan KIP Kuliah. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNSIKA Jalur SNBP 

UNSIKA adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jalur seleksi SNBP. Calon mahasiswa berprestasi yang ingin menjadi mahasiswa UNSIKA bisa mengikuti jalur seleksi SNBP.

Jalur SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ini seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Bagi yang berminat mengikuti SNBP, maka dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti alur dari awal hingga akhir sesuai ketentuan serta harus bisa memenuhi persyaratan dan mengikuti ketentuannya.

Selanjutnya lengkapi informasi SNBP ini dengan mengunjungi artikel Pendaftaran SNBP yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai syarat pendaftaran, mekanisme mengikuti SNBP, biaya, jadwal, ketentuan seleksi, dan penjelasan lainnya.

2. Pendaftaran UNSIKA Jalur SNBT

Jalur seleksi nasional berikutnya yang dibuka setelah SNBT adalah jalur SNBT. Jalur SNBT juga merupakan jalur favorit selain dari SNBP.

Perlu kalian ketahui bahwa jalur SNBT ini berbeda dengan SNBP. Pada jalur SNBP hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SNBT tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir  termasuk lulusan tahun ini.

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil tes.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SNBT, maka harus mengetahui alur pendaftarannya dari tahap awal hingga tahap akhir.

Keterangan lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

3. Pendaftaran UNSIKA Jalur SPAN PTKIN

Jalur ini hampir sama dengan jalur SNBP, bedanya pada pilihan program studi. 

Kalau pada jalur SNBP program studinya adalah program studi bidang umum (selain keagaman islam). Sedangkan pada jalur SPAN PTKIN, program studi yang bisa dipilih adalah program studi bidang keagamaan islam.

Informasi lebih lanjut cek di artikel : Pendaftaran Onine SPAN PTKIN atau Panduan Pendaftaran SPAN PTKIN

4. Pendaftaran UNSIKA Jalur UM PTKIN

Sedangkan jalur UM PTKIN hampir sama dengan jalur SNBT, perbedaaanya terletak pada pilihan program studinya. Program studi pada SNBT adalah program studi bidang umum, sedangkan program studi pada UM PTKIN adalah program studi bidang keagamaan islam.

Jika tidak lulus melalui jalur SPAN PTKIN, atau tidak berkesempatan mengikutinya, maka bisa mengikui seleksi jalur UM PTKIN.

Calon peserta UM PTKIN tidak harus berprestasi saat masih duduk di bangku sekolah. Lulusan yang bisa mendaftar adalah lulusan SMA / MA / sederajat 3 tahun terakhir.

Informasi lebih lanjut baca di artikel Pendaftaran Online UM PTKIN atau Panduan Pendaftaran UM PTKIN

5. Pendaftaran KIP Kuliah UNSIKA

Seperti Universitas Negeri lainnya, UNSIKA juga turut menyalurkan program bantuan yang disebut dengan Bidikmisi.

Informasi lainnya mengenai Bidikmisi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan ketentuan lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi.

Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah. Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

6. Pendaftaran SMMPTN UNSIKA Jenjang D3, S1, dan S2

SMMPTN atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru yang diselengarakan secara mandiri oleh UNSIKA untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang D3, S1, dan S2

Calon mahasiswa D3 atau S1 yang sebelumnya telah mengikuti seleksi melalui jalur nasional namun dinyatakan tidak lulus, maka masih memiliki kesempatan untuk masuk ke UNSIKA dengan mengikuti seleksi jalur SMMPTN UNSIKA.

Sedangkan bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana UNSIKA, silahkan daftarkan diri anda selama masa pendaftaran dibuka. Sebelum mendaftar, anda harus mempersiapkan dan memenuhi persyaratan berikut.

a. Persyaratan Program Sarjana dan Diploma
  1. Calon peserta adalah siswa lulusan SMA sederajat 5 tahun terakhir.
  2. Peserta sudah dinyatakan lulus oleh SMA / MA / SMK yang bersangkutan dengan bukti ijazah SMA / MA / SMK
  3. Peserta diperkenankan memilih dua program studi tujuan.

b. Persyaratan Program Pascasarjana
  1. Peserta telah lulus program Sarjana atau Diploma IV dengan bukti Ijazah Dan Transkrip Akademik, serta tercantum dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi.
  2. Peserta diperkenankan memilih satu program studi tujuan.

c. Berkas yang diperlukan pada saat pendaftaran :
  1. Dalam pengisian formulir online pendaftaran Seleksi Mandiri UNSIKA, ada beberapa berkas yang perlu dipersiapkan sebelumnya karena wajib di-upload-kan ke dalam sistem pendaftaran. Berkas tersebut yaitu :
  2. -File Pas Foto ukuran 3x4 cm dalam format Gambar atau PDF dengan maksimal filesize 1MB
  3. -File Scan KTP (asli dan berwarna) dalam format Gambar atau PDF dengan maksimal filesize 500KB
  4. -File Scan Kartu Keluarga (asli dan berwarna) dalam format PDF dengan maksimal filesize 500KB
  5. -File Scan Slip Gaji Orang Tua atau Penanggung Biaya Kuliah yang terbaru (asli dan berwarna). Bila Wiraswasta / Pengusaha / Pedagang / Tidak ada slip gaji, silakan ganti dengan Surat Keterangan Penghasilan yang diterbitkan oleh Kelurahan setempat (asli dan berwarna) yang di dalamnya tertera identitas Orang Tua atau Penanggung Biaya Kuliah dan besaran pendapatan per-bulan. File dalam format PDF dengan maksimal filesize 500KB

d. Pendaftaran SMMPTN UNSIKA

Silahkan anda melakukan pendaftaran jalur SMMPTN UNSIKA melalui alamat  website berikut http://smmptn.unsika.ac.id/ . Silahkan kunjungi alamat http://pmb.unsika.ac.id/ untuk mendapatkan informasi lainnya.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSIKA


Demikianlah informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNSIKA yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.  

Mari bantu bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNSIKA dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNSIKA. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.