Jalur Pendaftaran Kuliah UNCEN 2024/2025

www.uncen.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNCEN Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNCEN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNCEN, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNCEN, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNCEN, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNCEN, Pendaftaran Penerimaan Online UNCEN, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Cenderawasih Jayapura (UNCEN), 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNCEN 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Cenderawasih atau disingkat UNCEN adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Jayapura, Indonesia. Universitas Cenderawasih (UNCEN) didirikan pada 10 November 1962.

Beberapa Program Studi yang ada di Universitas Cenderawasih (UNCEN) yaitu :

Program Studi Bidang IPA
  • Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pend. Matematika, Pend. Biologi, Pend. Kimia, Pend. Fisika, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Teknik Mesin, Teknik Pertambangan, Ilmu Kelautan, Farmasi, Sistem Informasi, Teknik Geofisika, Perencanaan Wilayah Dan Kota/Planologi, dan Ilmu Keolahragaan

Program Studi Bidang IPS
  • Ilmu Ekonomi, Ilmu Administrasi Negara, Antropologi Sosial, Ilmu Hukum, Manajemen, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Pend. Pancasila & Kewarganegaraan, Akuntansi, Ilmu Pemerintahan, Bimbingan Konseling, Pend. Geografi, Pend. Sejarah, Pend. Bhs. Sastra Ind. & Daerah, Pend. Bahasa Inggris, Hubungan Internasional, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidkan Jasmani Kesehatan Rekreasi

Dari beberapa Program Studi yang ada di UNCEN yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UNCEN.

Sekarang anda juga harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh Universitas Cenderawasih untuk melakukan penerimaan calon mahasiswa baru.

Pada tahun ini, Universitas Cenderawasih (UNCEN) kembali membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional yaitu SNBP dan SNBT, serta jalur mandiri. Untuk pembahasan selengkapnya, dapat anda simak berikut ini.

1. Pendaftaran UNCEN Jalur SNBP

UNCEN adalah salah satu Universitas Negeri yang membuka jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP.

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional undangan, yaitu suatu jalur seleksi yang dilaksanakan tanpa tes, ditujukan bagi siswa SMA / SMK / MA sederajat yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNCEN Jalur SNBT

Selain membuka jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP, UNCEN juga membuka jalur nasional penerimaan mahasiswa baru lainnya, yaitu jalur SNBT.

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil tes.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat bisa mendaftar di jalur SNBT ini tentunya dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri dengan mengakses laman resminya untuk mengisi formulir online.

Untuk keterangan lebih rinci mengenai SNBT telah dijelaskan tersendiri pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNCEN

UNCEN adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Sebelumnya, KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi. Namun karena adanya kebijakan baru, maka nama Bidikmisi pun ikuti diubah dan kini menjadi KIP Kuliah.

Bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi namun juga calon mahasiswa tersebut memiliki potensi akademik baik selama menempuh pendidikan di jenjang SLTA.

Untuk mendaftar KIP Kuliah, maka dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Apabila mengalami kesulitan, maka bisa meminta bantuan dan arahan pada pihak sekolah untuk mendaftarkan kalian.

Untuk penjelasan lainnya mengenai KIP Kuliah seperti persyaratan KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab KIP Kuliah, dan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNCEN

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNCEN juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri adalah jalur yang secara penerimaaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh UNCEN untuk memberikan kesemapatan kepada calon mahasiswa baru masuk ke kampus UNCEN.

Jalur ini dapat disebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti jalur SNBP atau SNBT tetapi dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti seleksi jalur mandiri.

Informasi lainnya mengenai jalur mandiri UNCEN dapat anda baca langsung di web UNCEN, yaitu www.uncen.ac.id.

5. Pendaftaran Program Pascasarjana UNCEN

Bagi anda yang ingin melanjutkan studi ke Pascasarjana UNCEN, silahkan lakukan pendaftaran secara langsung di kampus Pascasarjana UNCEN atau akses informasinya terlebih dahulu di alamat http://pasca.uncen.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNCEN

Baca juga :

Itulah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNCEN. Semoga informasi ini dapat menambah atau melengkapi informasi anda sebelumnya. 

Mari bantu bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNCEN dan nantinya dapat menjadi mahasiswa UNCEN. Selain itu pula, admin mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang selalu berkunjung setiap hari.