Jalur Pendaftaran Kuliah UNG 2024/2025

pmb.ung.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNG Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNG, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNG, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNG, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNG, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNG, Pendaftaran Online UNG, Penerimaan Online UNG, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, PPs UNG, Pendaftaran Maba Universitas Negeri Gorontalo (UNG). 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, seperti biasanya admin web akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNG 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan untuk kalian dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNG. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Negeri Gorontalo atau yang disingkat UNG merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Gorontalo, Indonesia. 

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) telah didirikan pada 1 September 1963. Moto dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) adalah Kampus Peradaban.

Sebelum menjadi Universitas, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bernama IKIP Negeri Gorontalo. Perubahan IKIP Negeri Gorontalo menjadi Universitas Negeri Gorontalo ditetapkan dengan surat Keputusan Presiden RI nomor 54 tahun 2004 tanggal 23 Juni 2004.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), yaitu :
  • Fakultas Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pendidikaan Anak, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Kebumian,Pendidikan Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Geografi
  • Fakultas Ilmu Sosial terdiri dari Program Studi Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Sejarah, Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan
  • Fakultas Sastra dan Budaya terdiri dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Pariwisata
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Kriya Seni, Teknik Elektronika, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Industri, Teknik Informatika, Pendidikan Teknik Kriya
  • Fakultas Ilmu-ilmu Pertanian terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan
  • Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan terdiri dari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Ilmu Keperawatan, Pendidikan Kepelatihan dan Olahraga
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Ekonomi
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu terdiri dari Program Studi Teknologi Hasil

Program Magister (S2)
  • Program Studi Administrasi Pendidikan, Pendidikan Dasar, Pendidiikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Teknologi Pendidikan (TP), Ilmu Administrasi, Ilmu Ekonomi, Ilmu Hukum, Agribisnis, Kelautan dan Perikanan

Program Doktor (S3)
  • Program Studi Ilmu Administrasi, Program Studi Pendidikan IPA, Program Studi Pendidiikan Bahasa, dan Program Studi Ilmu Pendidikan

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang anda di UNG yang bisa dipilih saat ingin melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNG.

Baiklah, sekarang kita akan membahas beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Jalur-jalur yang dibuka diantaranya adalah jalur SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri.

1. Pendaftaran UNG Jalur SNBP

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) adalah salah satu Universitas Negeri yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP.

Jalur SNBP merupakan jalur seleksi nasional tanpa tes yang ditujukan bagi siswa SMA / SMK / MA sederajat yang akan lulud tahun ini dan berprestasi tinggi.

Untuk bisa mendaftar, maka peserta terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNG Jalur SNBT

Selain SNBP, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBT.

Perlu kalian ketahui bahwa jalur SNBT ini berbeda dengan SNBP. Pada jalur SNBP hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SNBT tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SNBT, maka harus mengetahui alur pendaftarannya dari tahap awal hingga tahap akhir yang dilakukan secara online serta harus bisa memenuhi persyaratan dan mengikuti ketentuannya.

Keterangan lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNG

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi. Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

UNG merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah, jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran UNG Jalur Mandiri 

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh panitia UNG dalam rangka penyeleksian calon mahasiswa baru.

Penerimaan mahasiswa baru yang dibuka untuk seleksi Mandiri adalah Program Sarjana (S1) dan Diploma III (D III). Jika berminat, silahkan daftarkan diri anda.

Persyaratan Pendaftaran
  • Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA atau yang setara, untuk lulusan 4 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.
  • Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Tata Cara Pendaftaran
  1. Tahap pertama calon peserta melakukan pendaftaran melalui website http://pmb.ung.ac.id, dengan menyiapkan :
    • Kartu identitas diri (KTP atau SIM atau Kartu Keluarga bagi yang belum berusia 17 tahun pada saat mendaftar
    • Photo copy Ijazah yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah
    • Photo copy Nilai Hasil Ujian Nasional Asli yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah
    • Photo copy raport dari semester 1 sampai dengan 6 yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
    • Surat keterangan penghasilan orang tua (Ayah dan Ibu) dari Kepala Desa atau Lurah. Khusus bagi orang tua dari calon mahasiswa yang berprofesi sebagai PNS, Pegawai BUMN/BUMD, Pegawai Swasta menyiapkan slip gaji asli yang ditandatangani oleh Bendahara instansi yang bersangkutan
    • Photo copy Kartu Jamkesmas (apabila ada).
    • Photo copy tagihan listrik 3 (tiga) bulan terakhir. Bagi yang tidak mempunyai aliran listrik, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah.
    • Photo copy tagihan rekening PDAM 3 (tiga) bulan terakhir. Bagi yang tidak berlangganan PDAM, dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Desa atau Lurah.
    • Photo copy setoranPajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari tempat tinggal setahun terakhir. Bagi peserta yang menumpang, dibuktikan dengan surat keterangan tidak mempunyai tempat tinggal dari Kepala Desa/Lurah.
    • Fotocopy KTP kedua orang tua / Wali
    • File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (1 bulan terakhir), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB, menggunakan kemeja putih polos berkerah dengan latar merah maron. Bagi yang berjilbab/ berkerudung diwajibkan memakai jilbab/kerudung putih
  2. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan / kecurangan dalam pengisian borang ini berakibat pembatalan penerimaan.
  3. Tahap kedua, calon peserta harus menyimpan serta mencetak file formulir Bukti Pendaftaran on-line dan Surat Pernyataan yang memuat kesediaan mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku di UNG dan kesedian membayar biaya pendidikan sesuai dengan Keputusan Rektor UNG
  4. Tahap ketiga, calon peserta melakukan pembayaran biaya seleksi di Bank BRI di seluruh Indonesia. Calon peserta akan menerima Tanda Bukti Pembayaran.
  5. Tahap keempat, calon peserta membawa:
    • Hasil cetakan formulir pendaftaran seleksi mandiri yang sudah diisi secara online pada website : http://pmb.ung.ac.id
    • Semua berkas pada point 1
    • Surat Pernyataan (bermeterai) yang telah diisi, ditandatangani dan diketahui orang tua/ wali yang menanggung.
  6. Berkas pada butir 1), 3) dan 4) di atas (masing-masing satu eksamplar) serta Tanda Bukti Pembayaran, dimasukan dalam map warna biru muda snel hekter untuk diverifikasi oleh petugas di Biro AAKPSI UNG. 
  7. Tahap kelima, pencetakan kartu ujian oleh petugas di BAAKPSI UNG

Informasi lain yang belum dimuat disini dapat anda lihat langsung di website resmi PMB UNG, yaitu pmb.ung.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana UNG

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UNG dilahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka. Informasi lebih lanjut dapat anda lihat langsung di website resmi PPs UNG, yaitu http://pps.ung.ac.id


Itulah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNG yang dapat anda bagikan kepada anda. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki. 

Silahkan bagikan juga artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa UNG dapat terwujudkan, dan juga semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin