Jalur Pendaftaran Kuliah UIN Jakarta 2024/2025

spmb.uinjkt.ac.id 2024 -- SPMB UIN Jakarta, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Jakarta, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Jakarta, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Jakarta, Registrasi Mahasiswa Baru UIN Jakarta, Pendaftaran Online UIN Jakarta, Penerimaan Online UIN Jakarta, Jalur SNBP, SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SPMB Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, PPs UIN Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UIN Jakarta 2024/2025. Semoga dengan informasi ini, maka dapat menjadikan pengetahuan awal dalam rangka persiapan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta atau UIN Jakarta adalah sebuah Perguruan Tinggi Islam Negeri yang terletak di Ciputat, Tangerang Selatan, Indonesia. Moto dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta adalah "Knowledge, Piety, Integrity"

Sebelum menjadi UIN Jakarta, sebelumnya adalah IAIN Jakarta. Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta telah didirikan pada 1 Juni 1957.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, yaitu :

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
  • Program S1 terdiri dari : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Guru MI, Pendidikan Guru RA,
  • Program S2 terdiri dari : Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Agama Islam, Magister Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Adab dan Humaniora
  • Program S1 terdiri dari : Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Tarjamah, Ilmu Perpustakaan, Bahasa dan Sastra Inggris.
  • Program S2 terdiri dari : Magister Bahasa dan Sastra Arab, Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam
Fakultas Ushuluddin
  • Program S1 terdiri dari : Perbandingan Agama, Aqidah Filsafat, Tafsir Hadits
  • Program S2 terdiri dari : Magister Perbandingan Agama, Magister Aqidah Filsafat, Magister Tafsir Hadits
Fakultas Syariah dan Hukum
  • Program S1 terdiri dari : Ahwal Syakhsyiyah, Perbandingan Madzhab dan Hukum, Jinayah Siyasah, Mu’amalat (Hukum Ekonomi Islam), Ilmu Hukum,
  • Program S2 terdiri dari : Magister Hukum Ekonomi Syariah
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
  • Program S1 terdiri dari : Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyarakat Islam, Kesejahteraan Sosial,
  • Program S2 terdiri dari : Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam
Dirasat Islamiyah
  • Program S1 terdiri dari : Dirasat Islamiyah
  • Program S2 terdiri dari : Magister Dirasat Islamiyah
Fakultas Psikologi
  • Program S1 terdiri dari : Psikologi
  • Program S2 terdiri dari : Magister Psikologi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Program S1 terdiri dari : Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Ekonomi  Syariah, Perbankan Syariah.
  • Program S2 terdiri dari : Magister Perbankan Syariah
Fakultas Sains dan Teknologi
  • Program S1 terdiri dari : Agribisnis, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Matematika, Biologi, Kimia Fisika
  • Program S2 terdiri dari : Magister Agribisnis
Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
  • Program S1 terdiri dari : Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan.
  • Program Profesi terdiri dari : Profesi Ners
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Program S1 terdiri dari : Sosiologi, Ilmu Politik, Hubungan Internasional
Sekolah Pascasarjana
  • Program S2 terdiri dari : Magister Pengkajian Islam
  • Program S3 terdiri dari : Doktor Pengkajian Islam

Itulah informasi mengenai Fakultas dan Program Studi yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Semoga bisa menambah pengetahuan anda terutama yang ingin kuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk melakukan penerimaan mahasiswa baru.

Pada tahun ini, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta membuka banyak sekali jalur penerimaan mahasiswa baru, diantaranya adalah jalur SNBP, SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan SPMB Mandiri.

Penjelasan dari masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah disebutkan di atas akan diberikan berikut ini.

1. Pendaftaran UIN Jakarta Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi disebut sebagai jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi yang seleksinya dilakukan melalui penelusuran prestasi akademik siswa.

Tentunya siswa-siswi tersebut yang selalu berprestasi di sekolah yang ditunjukan pada setiap semester yang dapat dlihat melalui nilai rapor.

Untuk program studi yang ditawarkan melalui jalur SNBP adalah program studi bidang umum, selain bidang keagamaan islam.

Proses pendaftaran SNBP diaawali oleh pihak sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi terbaiknya dalam mengikuti SNBP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan, tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal, dan lain sebagainya maka dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UIN Jakarta Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi nasional masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, ata STAIN. 

Seleksi SPAN-PTKIN dilaksanakan tanpa tes tertulis, namun dengan memberi penilaian terhadap prestasi calon peserta terutama dilihat dari nilai raport.

Adapun program studi yang bisa dipilih pada saat mendaftar SPAN PTKIN adalah program studi bidang keagamaan islam.

Informasi lebih lanjut seperti persyaratan, jadwal, alur, biaya, daftar PTKIN, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online SPAN-PTKIN.

3. Pendaftaran UIN Jakarta Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru masuk ke PTN di Indonesia yang mana seleksinya dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Untuk program studi yang bisa dipilih saat mendaftar SNBT adalah program studi bidang umum, selain bidang keagamaan islam.

Informasi lebih lanjut mengenai SNBT seperti persyaratan, jadwal, alur, biaya, daftar perguruan tinggi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel : Pendafaran Online SNBT.

4. Pendaftaran UIN Jakarta Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur ujian tertulis masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Untuk program studi yang bisa dipilih pada saat mendaftar di jalur UM PTKIN adalah program studi bidang keagamaan islam.

Untuk informasi selengkapnya mengenai UM-PTKIN seperti persyaratan, tata cara pendaftaran, biaya, jadwal, dan lain sebagainya, silahkan baca pada Pendaftaran Online UM-PTKIN.

5. Pendaftaran KIP Kuliah UIN Jakarta

KIP Kuliah disebut juga sebagai biaya bantuan pendidikan yaitu bantuan yang diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi serta memiliki kemampuan akademik yang baik.

Untuk bisa mendaftar, maka harus bisa memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran dan ketentuan lain yang telah ditetapkan oleh panitia.

Informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah, jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

6. Pendaftaran SPMB Mandiri UIN Jakarta

SPMB Mandiri adalah jalur seleksi mandiri yang diadakan secara lokal oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam rangka penerimaan calon mahasiswa baru.

SPMB Mandiri ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi program Sarjana dan Pascasarjana.

Persyaratan SPMB Mandiri Program Sarjana (S1)
  1. Lulusan Madrasah Aliyah, Pesantren, SMA dan yang sederajat dan merupakan lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Calon peserta SPMB Mandiri dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi.
  3. Bagi yang memilih Paket Sains (Paket C), Paket CA (Sains dan Agama), Paket CB (Sains dan Sosial) harus dari Jurusan IPA.
  4. Bagi yang memilih Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) boleh dari Jurusan IPA dan IPS.
  5. Khusus pemilih :
    • Fakultas Dirasat Islamiyah harus lancar membaca Al-Quran, memiliki hafalan Al-Quran, dapat menulis, membaca dan memahami bahasa arab tingkat dasar.
    • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan tidak buta warna.
    • Program Studi Ilmu Keperawatan, tinggi badan untuk laki-laki minimal 160 cm dan untuk perempuan minimal 155 cm.

Persyaratan SPMB Mandiri Program Magister (S2)
  1. Lulusan S1 dari program studi yang sudah terakreditasi
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75
  3. Khusus Fakultas Dirasat Islamiyah : memiliki kemampuan bahasa Arab dengan baik (membaca, menulis, mendengar, berbicara, memahami dan mengarang) untuk proses pembelajaran. Bersedia menghafal Al-Quran 4 juz selama masa studi

Prosedur Pendaftaran SPMB Mandiri
  1. Calon peserta SPMB Mandiri harus membayar biaya pendaftaran melalui Teller/ATM/Internet Banking/SMS Banking di Bank BTN, BNI, atau BRI.
  2. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta SPMB Mandiri akan menerima bukti pembayaran yang berisi User ID berupa angka sebanyak 8 (delapan) digit dan PIN berupa angka sebanyak 8 (delapan) digit.
  3. Calon peserta SPMB Mandiri melakukan pendaftaran secara online melalui alamat http://spmb.uinjkt.ac.id dengan menyiapkan:
    • User ID dan PIN SPMB Mandiri
    • File pas foto berwarna dengan background merah, berpakaian resmi, dan terbaru dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4 x 6 cm dengan resolusi sekurang-kurangnya 400 x 600 pixels, dan ukuran file maksimum 200 KB dalam format JPEG (*.jpg)
    • Pastikan komputer yang akan digunakan telah terkoneksi dengan jaringan internet dan aplikasi (software) pembaca file dokumen PDF telah terpasang / ter-install

Tata Cara Pendaftaran SPMB Mandiri
  1. Calon peserta harus memasukkan User ID dan PIN SPMB Mandiri pada form login, kemudian menekan tombol Login
  2. Calon peserta mengisi biodata pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Setelah proses pengisian biodata selesai, silahkan menekan tombol Simpan untuk mengakhiri proses pengisian biodata.
  3. Setelah selesai proses penyimpanan biodata, akan tampil file Kartu Peserta Ujian SPMB Mandiri yang dapat disimpan
  4. Calon peserta mencetak Kartu Peserta Ujian SPMB Mandiri dengan menekan tombol icon Printer di program Adobe Reader/Foxit Reader dan dibawa beserta kartu identitas pada saat ujian berlangsung.

Untuk informasi mengenai jalur SPMB Mandiri yang belum dimuat disini, silahkan langsung baca di alamat spmb.uinjkt.ac.id

7. Pendaftaran Pascasarjana UIN Jakarta

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke program pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi SPMB Mandiri. Informasi mengenai SPMB Mandiri telah dijelaskan di atas, silahkan lihat kembali.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UIN Jakarta. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN Jakarta. 
Itulah informasi yang dapat admin sampakan pada kesempatan ini. Semoga informasi tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah admin sampaikan dapat memberikan pencerahan kepada anda.

Silahkan bagikan juga informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa masuk ke UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalui jalur masuk yang anda ikuti. Terima kasih atas kunjungan anda dan mari sama-sama berdoa semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan untuk kita dalam menyelesaikan urusan. Aamiin.