Jalur Pendaftaran Kuliah ITS 2024/2025

smits.its.ac.id 2024 -- Pendaftaran ITS Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, SMITS ITS, PMB ITS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITS, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITS, Registrasi Mahasiswa Baru ITS, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 ITS, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Online ITS, Penerimaan Online ITS, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Pendaftaran Maba Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah ITS 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau disingkat ITS adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah didirikan pada tanggal 10 November 1957.

Moto dari Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)  adalah ITS Cak! (Cerdas, Amanah, Kreatif). 

Pada mulanya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang kemudian berkembang dan sekarang menjadi Institut, yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Fakultas dan Jurusan yang ada di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yaitu :
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari Jurusan Statistika, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI) terdiri dari Jurusan Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Multimedia dan Jaringan, dan Manajemen Bisnis.
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Geomatika, Desain Produk Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geofisika, dan Desain Interior.
  • Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) terdiri dari Jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, dan Transportasi Laut.
  • Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) terdiri dari Jurusan Teknik Informatika, dan Sistem Informasi

Dari beberapa Fakultas dan Jurusan yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di ITS.

Pada tahun ini ITS kembali membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, PKN, UMDESAIN, Lintas Jalur S-1, dan KIP Kuliah. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran ITS Jalur SNBP

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi masuk ke PTN yang dilakukan tanpa tes. Jalur ini seleksinya dilakukan dengan didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP. 

Untuk mendaftar SNBP, maka harus mengikuti alur pendaftarannya dari awal hingga akhir sesuai dengan ketentuan dari panitia.

Rekomendasi kepala sekolah menjadi titik awal proses pendaftaran SNBP.

Untuk informasi lainnya mengenai SNBP dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP yang mana kalian dapat menemukan informasi berupa persyaratan mendaftar SNBP, jadwal pendaftaran SNBP, cara mendaftar SNBP, biaya pendaftaran SNBP, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran ITS Jalur SNBT

SNBT disebut juga jalur alternatif, mengapa? karena peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP tetapi dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBT ini.

Selain itu juga, bagi peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNBP, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBT. Dengan demikian, maka SNBT bisa disebut sebagai jalur alternatif masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Perlu diketahui bahwa jalur SNBT ini berbeda dengan SNBP. Pada jalur SNBP hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SNBT tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SNBT, maka harus mengetahui persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Keterangan lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT. yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan SNBT, jadwal pendaftaran dan pengumuman SNBT, biaya SNBT, dan lain sebagainya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah ITS

ITS adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Sebelumnya, KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi. Namun karena adanya kebijakan baru, maka nama Bidikmisi pun ikuti diubah dan kini menjadi KIP Kuliah.

Bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi namun juga calon mahasiswa tersebut memiliki potensi akademik baik selama menempuh pendidikan di jenjang SLTA.

Untuk mendaftar KIP Kuliah, maka dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Apabila mengalami kesulitan, maka bisa meminta bantuan dan arahan pada pihak sekolah untuk mendaftarkan kalian.

Untuk penjelasan lainnya mengenai KIP Kuliah seperti persyaratan KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab KIP Kuliah, dan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran UMDESAIN ITS

UMDESAIN adalah satu jalur seleksi mandiri masuk ke ITS yang merupakan Ujian Masuk Sarjana (S1) Jurusan Desain Produk Industri ITS. Program UMDESAIN terbagi menjadi program reguler dan program kemitraan dan mandiri.

Persyaratan Pendaftaran
  • Lulusan SMA / SMK / MA  semua jurusan untuk lulusan 3 tahun terakhir
  • Sehat Jasmani dan Rohani
  • Tidak buta warna dan bebas narkoba.

5. Pendaftaran PKM ITS

PKM atau Program Kemitraan dan Mandiri adalah salah satu jalur seleksi mandiri masuk ke ITS. Program Kemitraan dan Mandiri dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu Program Kemitraan dan Program Mandiri.
  • Program Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA / MA / SMK sederajat yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan / Pemprov / Pemkab / Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.
  • Program Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA / MA / SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Seleksi PKM ITS untuk semua program studi akan didasarkan pada nilai / skor tes yang diperoleh dalam ujian SNBT tahun ini kecuali program studi Desain Produk dan Industri. Khusus untuk pilihan program studi Desain Produk Industri, seleksi akan didasarkan pada nilai/skor yang diperoleh pada ujian UMDESAIN tahun ini.

6. Pendaftaran Lintas Jalur S-1 ITS

Program Lintas Jalur merupakan suatu program yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada lulusan D-III untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S-1 untuk bidang keilmual yang relevan. Program Lintas Jalur S-1 dilakukan melalui 2 (dua) macam seleksi yakni : Seleksi Program Lintas Jalur S-1-Reguler, dan Seleksi Program Lintas Jalur S-1 Mandiri,

Persyaratan Pendaftaran
  • Mempunyai IP > 2,76 dan lama studi pada perguruan tinggi asal maksimal 7 (tujuh) semester.
  • Program studi D-III asal lulusan harus terakreditasi sekurang-kurangnya B

Pendaftaran Program lintas jalur dilaksanakan di Sekretariat Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) ITS, Plasa Dr. Angka Nitisastro, Kampus ITS, Sukolilo-Surabaya.

Semua informasi penerimaan calon mahasiswa baru jalur mandiri ITS seperti UMDESAIN, PKN, Lintas Jalur S-1 dapat anda lihat selengkapnya di smits.its.ac.id

7. Pendaftaran Program Pascasarjana ITS

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jejang Magister atau Doktor di ITS, silahkan daftarkan diri anda secara online melalui alamat pps.smits.its.ac.id. Kemudian dengan mengikuti ujian seleksi yang diberikan oleh panitia.

Terdapat banyak jalur masuk ke Pascasarjaa ITS, mulai dari biaya sendiri sampai dengan beasiswa dari berbagai instansi. Terdapat sepuluh jalur beasiswa, yaitu :
  • Biaya Sendiri, Beasiswa BPP DN (Dosen, Calon Dosen, dan Tendik), Beasiswa Fresh Graduate, Program Fresh Graduate Mandiri (Non Beasiswa), Beasiswa BU BPKLN, Beasiswa Sandwich, Beasiswa Industri, Beasiswa Program Menuju Doktor Sarjana Unggul (PMDSU), Beasiswa LPDP, Beasiswa Pra S2 / S2 – T3 / S2 – Saintek, dan Beasiswa Program Doktor Joint Degree.

Informasi selengkapnya bisa anda baca melalui alamat website PPS ITS yang telah diberikan di atas. Admin mendoakan semoga anda bisa mendapatkan beasiswa yang anda inginkan.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke ITS Silahkan anda pilih jalur seleksi yang anda minati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITS.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah ITS tersebut bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dan diterima menjadi mahasiswa baru ITS. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.