Pendaftaran Bidikmisi Online 2023/2024

Pendaftaran Bidikmisi Online 2023 -- KIP Kuliah, Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Bidikmisi Mandiri PTN / PTS, PMB Jalur Bidikmisi, Pendaftaran Bidikmisi Kemenristekdikti Online, Beasiswa Bidikmisi, Login Pendaftaran Bidikmisi Sekolah dan Siswa, Bidikmisi Gratis / Bidikmisi Bayar, Bidikmisi PTN, PTS, PTKIN, Politeknik, UT, ISI. 2025. 2026.

Kali ini admin akan berbagi informasi yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi Online 2023/2024. Informasi ini ditujukan bagi para calon peserta bidikmisi yang benar-benar ingin mendapatkan Bidikmisi dan mendaftarnya dilakukan secara online, meskipun pendaftaran juga bisa dilakukan secara offline khusus untuk wiliayah dan perguruan tinggi tertentu yang mengalami banyak kendala jika mendaftar online. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Informasi Update :
Bidikmisi kini telah berganti menjadi KIP Kuliah. Baca informasi selengkapnya pada artikel berikut : Daftar KIP Kuliah Online -- Daftar Akun dan Login KIP Kuliah

Mahalnya biaya kuliah bagi sebagai calon mahasiswa tidak menyurutkan semangat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kesulitan ekonomi bukanlah suatu penghalang untuk menempuh pendidikan tinggi dari mulai pendaftaran, masuk kuliah, bahkan sampai lulus kuliah dan bahkan sampai meneruskannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Pemerintah melalui Kementrian Ristekdikti telah berupaya sebaik mungkin untuk mengatasi permasalahan yang demikian itu. Dalam hal ini pemerintah memberikan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang memiliki prestasi  untuk dapat melanjutkan pendididikan ke perguruan tinggi dengan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama Bidikmisi.

Adapun untuk bisa mendaftar Bidikmisi, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah. Setelah itu baru bisa mendaftar Bidikmisi melalui jalur seleksi yang tersedia.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online atau offline. Penjelasan mengenal hal itu telah disampaikan pada artikel Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline. Silahkan dibaca terlebih dahulu.

Nah, dalam artikel ini, hanya akan dibahas mengenai Pendaftaran Bidikmisi Online. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Prosedur dan Tahapan Pendaftaran Bidikmisi Online

1. Prosedur Pendaftaran

Prosedur pendaftaran Bidikmisi online melalui laman bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id adalah sebagai berikut.
  1. Sekolah melakukan rekomendasi peserta didik di menu sekolah dan memberikan nomor pendaftaran dan kode akses ke peserta didik.
  2. Calon pendaftar menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses di menu siswa untuk melengkapi isian yang sudah disediakan.
  3. Pendaftar yang sudah melengkapi isian diberikan Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan nomor identifikasi pribadi atau Personal Identification Number (PIN) yang dapat digunakan di masing-masing seleksi masuk (SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri) sesuai ketentuan panitia masing masing.

2. Tahapan Pendaftaran Bidikmisi Online

Adapun tahapan pendaftaran Bidikmisi online melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SNMPN Politeknik atau Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi pada laman Bidikmisi (bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id) adalah sebagai berikut.
  1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran 1 bagian persetujuan dan tanda tangan) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah;
  2. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja;
  3. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan kode akses yang telah diverifikasi.
  4. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing-masing siswa yang sudah direkomendasikan;
  5. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta di dalam sistem pendaftaran.
  6. Siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi mendaftar seleksi nasional atau mandiri yang telah diperoleh sesuai ketentuan masing-masing pola seleksi melalui alamat berikut:
    • Seleksi SNMPTN melalui http://www.snmptn.ac.id
    • Seleksi SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id
    • Seleksi SNMPN Politeknik melalui http://snmpn.politeknik.or.id
    • Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing PTN
    • Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS.
  7. Siswa yang mendaftar dan ditentukan lolos melalui seleksi masuk. melengkapi berkas, dan berkas dibawa pada saat pendaftaran ulang, yaitu:
    • Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari laman Bidikmisi;
    • Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau bantuan pemerintah sejenis lainnya (jika ada);
    • Siswa yang belum memenuhi syarat butir (2) di atas, harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua / Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
    • Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang Susunan Keluarga;
    • Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan / atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua / wali-nya;
    • Berkas pendukung lainnya yang diminta oleh perguruan tinggi dan Kopertis.

Baca Juga :

Itulah informasi mengenai Pendaftaran Bidikmisi Online yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jika ada perubahan, maka ikuti yang ada di website resmi Bidikmisi.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga artikel lainnya di blog ini. Ayo ajak teman lainnya untuk membaca informasi yang ada di blog ini. Cukup sekian dan salam sukses. Please like and share.